6 Fungsi Bluetooth di Dalam Smartphone Android Anda

9 May 2013 10:00 8827 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bluetooth merupakan salah satu bukti dari kecanggihan teknologi saat ini. Bluetooth adalah sebuah teknologi *wireless* yang sangat impresif mengenai hal menghubungkan gadget satu dengan gadget yang lainnya dalam jarak dekat. Seiring dengan berkembangnya teknologi elektronik saat ini, Bluetooth juga mulai dikembangkan agar dapat terhubung dengan media elektronik lainnya.

Bluetooth merupakan salah satu bukti dari kecanggihan teknologi saat ini. Fungsi Bluetooth adalah sebuah teknologi wireless yang sangat impresif mengenai hal menghubungkan gadget satu dengan gadget yang lainnya dalam jarak dekat. Seiring dengan berkembangnya teknologi elektronik saat ini, Bluetooth juga mulai dikembangkan agar dapat terhubung dengan media elektronik lainnya. Tidak hanya itu saja, Bluetooth juga diperbaharui agar tidak memakan daya baterai yang berlebihan ketika Bluetooth sedang digunakan oleh kita. Sekarang ini penggunaan Bluetooth sudah lebih baik dalam penggunaannya terutama dalam smartphone Android.

Mari kita lihat beberapa fungsi Bluetooth di dalam Smartphone Android kita ini.

Hands-Free

Bayangkan jika Bluetooth itu tidak ada, kita akan kesulitan ketika kita harus menerima telepon dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu hal tersebut akan membuat tangan kita terasa pegal, terutama jika kita sedang mengendarai kendaraan. Kita sangat dilarang keras menerima telepon bahkan mengirim pesan singkat ketika sedang berkendara. Nah, dengan menggunakan sistem Bluetooth, kita dapat melakukan komunikasi dalam kondisi apapun seperti mengendarai. Dengan sistem Bluetooth Hands-Free, kita dapat melakukan komunikasi tanpa harus menggengam telepon yang kita gunakan. Kita cukup menggunakan Hands-Free yang telah tersambung dengan Bluetooth smartphone dan melakukan komuikasi menggunakan Hands-Free tanpa harus memegang smartphone kita. Bahkan kita dapat menyimpan smartphone di kantung celana atau baju kita. Ini sangat memudahkan kita bukan.

Musik

Apakah kita hanya bisa menggunakan Hands-Free hanya untuk melakukan komunikasi langsung saja? Tentu tidak demikian, kini Bluetooth Headphone yang dapat kita gunakan untuk mendengarkan lagu-lagu kesyangaan. Tidak hanya headphone saja, kita juga dapat menghubungkan sistem Bluetooth ini ke sistem Bluetooth audio yang ada di dalam mobil kita. Jadi kita dapat mendengarkan musik di dalam smartphone yang terkoneksi langsung dengan audio mobil sewaktu kita sedang mengdarai mobil. Jika mobil kita mempunyai pemindai lagu di area steer, kita dapat memindahkan lagu melalui pemindai tersebut tanpa mengganggu konsentrasi berkendara. Sangat canggih bukan koneksi Bluetooth yang dapat langsung tersambung dengan audio mobil kita ini.

Keyboards dan Mice

Bluetooth audio di atas merupakan salah satu kecanggihan yang dimiliki sistem Bluetooth saat ini, akan tetapi kita masih dapat melakukan banyak menggunakan sistem Bluetooth ini. Jika aktifitas kita cukup tinggi dalam menggunakan smartphone atau bahkan sebuah tablet Android, kita dapat menggunakan sebuah keyboard dan mice untuk memudahkan kita dalam proses pengetikan. Kita dapat menggunakan sistem Bluetooth antara smartphone dan keyboard juga mice agar dapat digunakan untuk proses pengetikan di dalam smartphone atau tablet Android kita. Jika kita lebih nyaman menggunakan sebuah keyboard dalam pengetikan, kita dapat menggunakan sistem Bluetooth keyboard ini dengan smartphone atau tablet Android kita.

File Transfer

Tentu kita menginginkan sistem pemindahan data yang aman antara device satu dengan yang lainnya buka? Nah, jika kedua device yang kita gunakan memiliki sistem Bluetooth, kita dapat menggunakan sitem Bluetooth untuk melakukan proses pemindahan data. Contohnya, jika kita ingin memindahkan sebuah foto ke dalam sebuah laptop. Kita tinggal menghubungkan Bluetooth yang ada antara smartphone dan laptop. Setelah tersambung satu sama lain, kita tinggal melakukan proses pemindahan tersebut. Ini adalah salah satu cara alternative jika kita tidak memiliki sistem Dropbox di dalam smartphone ataupun laptop, dan media lainnya.

 

Baca juga :

                Fungsi Bluetooth ini Belum Diketahui Banyak Orang

                4 Film Horor Paling Seram Sepanjang Sejarah

 

Internet Tethering

Kebanyakan dari berbagai jenis smartphone Android dapat menggunakan internet tethering menggunakan Bluetooth. Langkah ini tidak begitu sulit, kita hanya tinggal menghidupkan sistem Bluetooth, lalu hubungkan dengan device yang diinginkan, dan pilih Bluetooth tethering untuk mengaktifkannya. kita akan menemukannya di dalam tethering & Portable hotspot menu yang berada di dekat USB and Hotspot tethering options.

Bagaimana Cara Menggunakan Bluetooth

Kita tidak perlu merasa kesulitan di dalam penggunaan sistem Bluetooth ini, penggunaan sistem Bluetooth sangatlah mudah. Kita tinggal menghubungkan sistem Bluetooth device satu dengan yang lain agar dapat menikmati fitur-fitur yang di atas tadi. Nah, lanhkah pertama yang perlu kita lakukan adalah kita harus pastikan dulu bahwa sistem Bluetooth pada kedua device. Tahap berikutnya yaitu kita harus membuat sistem Bluetooth terlihat oleh device yang lain dengan membuatnya visible dalam pengaturannya (biasanya sistem Bluetooth yang ada di dalam smartphone atau tablet Android berada dalam kondisi visible, hal ini dilakukan untuk melindungi koneksi kita dari orang yang tidak dikenal),. Setelah proses itu dilakukan, kita gunakan salah satu device untuk melakukan pencarian device yang kita maksud. Jika device sudah terdeteksi, kita tinggal menghubungkannya satu sama lain.

Akan tetapi, terkadang kita harus menggunakan sebuah kata sandi atau PIN seperti 0000 untuk memastikan kode yang diterima kedua device adalah sama. Akan tetapi hal tersebut biasanya tergantung dari jenis device itu sendiri. ketika kedua device sudah tersambung dengan baik, kita dapat melakukan apa yang kita inginkan dengan kedua device baik mendengarkan musik, mengirim sebuah data, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Sistem Bluetooth di atas memberikan kita infromasi berharga dalam kegunaan penting mengenai Bluetooth yang ada dalam beberapa device canggih seperti saat ini. Kita dapat menggunakan sistem Bluetooth ini dengan berbagai kebutuhan yang kita perlukan. Semoga informasi di atas sangat berguna sebagaimana kegunaan Bluetooth yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya.  [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel