Menilik Kemampuan Prosesor Apple A5X iPad Generasi Ketiga

14 Mar 2012 15:30 3449 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu yang banyak mencuri perhatian publik adalah penggunaan prosesor Apple A5X. Prosesor Apple terbaru tersebut memiliki kualitas grafis quad-core GPU yang lebih unggul daripada produk sebelumnya.

Apple telah secara resmi memperkenalkan generasi terbaru iPad ke pasar global. Sebagai penerus iPad 2, tentunya perangkat terbaru ini memiliki keunggulannya tersendiri. Dengan menghilangkan penggunaan nama yang masih misterius, perangkat ini hadir dengan dukungan teknologi baru yang dikembangkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Salah satu yang banyak mencuri perhatian publik adalah penggunaan prosesor Apple A5X. Prosesor Apple terbaru tersebut memiliki kualitas grafis quad-core GPU yang lebih unggul daripada produk sebelumnya. Dengan dukungan mikroprosesor berjenis System on Chip, iPad generasi ketiga ini akan memilik empat inti prosesor khusus untuk proses mengolahan grafis yang mumpuni.

Apabila iPad 2 hanya memiliki kecepatan yang setara dengan Tegra 3, "prosesor Apple" A5X ini memiliki performa 4 kali lebih cepat dari sebelumnya. Peningkatan grafis ini dilakukan guna memaksimalkan kemampuan layar iPad generasi tiga ini agar memiliki resolusi 2048 x 1536 piksel. Sementara itu, dukungan chip prosesor Apple A5X pun tidak dapat dikesampingkan begitu saja. Menurut beberapa sumber, A5X sejatinya hanya menggunakan prosesor dual core Cortex A9 dengan dukungan penuh grafis dari PowerVR SGX543MP4. Kemampuan prosesor dalam mengolah grafis memberikan iPad terbaru ini untuk memberikan kekuatan pada setiap piksel. Penggunaan angka 4 dan 2 di belakang nama prosesor grafis tersebut menunjukkan jumlah core yang digunakan iPad terbaru ini. Penggunaan prosesor Apple A5X ini pula yang mengakibatkan setiap proses atau akses yang dilakukan pada perangkat ini terasa begitu responsif. Hal-hal seperti scrolling atau swiping dan pengaksesan yang berat seperti pengolahan foto melalui aplikasi iPhoto pun akan lebih efektif dan mudah digunakan dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu penggunaan teknologi layar Retina display pun memberikan dampak tersendiri mengapa prosesor iPad terbaru ini mengalami peningkatan signifikan. Kemampuan layar Retina dalam memberikan resolusi super tinggi menjadikan prosesor Apple ini bekerja dengan cukup keras. Namun dengan jumlah piksel yang lebih banyak dibandikan iPad 2, prosesor grafis quad core ini tidak mempengaruhi kinerja baterai perangkat. iPad terbaru ini akan memiliki kinerja yang sama seperti perangkat pendahulunya, yakni 10 jam pemakaian waktu normal. Tentunya dengan kemampuan yang meningkat dan performa yang stabil dapat melayani para penggunanya lebih maksimal. Apple memang tidak menyertakan fakta bahwa prosesornya tersebut sebenarnya menggunakan prosesor dual core.

Hanya saja mereka menggaris bawahi bahwa pihaknya menggunakan kemampuan grafis quad-core. Prosesor Apple A5X ini memang mampu mengalahkan prosesor Tegra 3. Dengan kekuatan grafis dari PowerVR SGX543MP4, perangkat yang kabarnya akan diberikan nama *"The New iPad"* ini memeliki kemampuan grafis setara dengan VGA/GPU Sony Playstation Portable Vita terbaru. Perangkat permainan itu pun disebut memiliki kemampuan grafis yang mumpuni. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel