Cara Mudah Membuat QR Code di Internet

6 Mar 2012 11:30 8729 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Denso Wave ini sendiri merupakan sebuah divisi dari Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994. Di Indonesia, kode QR pertama kali digunakan oleh harian umum Kompas. Dengan kode QR para pembaca bisa mengakses berita melalui ponsel atau memberi opini secara langsung.

QR code merupakan suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave. Denso Wave ini sendiri merupakan sebuah divisi dari Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994. Di Indonesia, kode QR pertama kali digunakan oleh harian umum Kompas. Dengan kode QR para pembaca bisa mengakses berita melalui ponsel atau memberi opini secara langsung.

Kode QR sendiri memiliki fungsi yang beragam. Anda bisa saja menyimpan alamat rumah, nomor telepon, URL, teks, atau SMS dalam kode ini. Dengan kode ini, penggunanya dapat langsung berinteraksi secara langsung dengan pemilik kode secara efektif dan efisien melalui handphone.

Sebenarnya, Anda juga bisa membuat QR code sendiri dengan sangat mudah. Lalu bagaimana cara membuat QR code dengan cara yang mudah? Berikut ini Plimbi menghadirkan cara membuat QR code dengan memanfaatkan layanan dari situs-situs QR generator yang ada di internet. Berikut ini adalah beberapa layanan situs QR generator yang bisa Anda gunakan.

Kaywa

Situs layanan QR generator dari situs Kaywa.com ini cukup bagus. Situs ini menyediakan layanan membuat kode QR dengan sangat mudah. Anda bisa membuat kode QR berisi alamat URL, teks, nomer telepon hingga SMS pada situs ini. Selain itu, pada situs ini juga menyediakan dua jenis cara untuk menggunakan kode QR tersebut. Pertama, Anda bisa menyalin kode HTML dari kode QR tersebut dan menempatkan kode HTML ini di blog atau situs Anda. Yang kedua, Anda juga bisa mengunduh gambar kode ini untuk Anda simpan. Anda bisa akses layanan membuat QR code milik Kaywa di sini.

Qurify

Layanan membuat QR code dengan mudah berikutnya datang dari sebuah situs bernama Qurify. Berbeda dengan layanan QR generator yang disediakan oleh Kaywa, situs Qurify ini hanya menyediakan satu jenis cara untuk menggunakan kode QR. Anda hanya diberi opsi untuk mengunduh gambar kode QR. Anda bisa mengunduh file tersebut dalam format PNG maupun JPG. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan gambar tersebut dalam kaos ataupun bentuk lainnya. Anda bisa menggunakan layanan membuat QR code dari Qurify di sini.

Appspot

Layanan membuat QR code selanjutnya adalah dari situs bernama Appspot. Appspot menyediakan layanan generator kode QR yang khusus untuk ditempatkan di blog atau situs Anda. Di sini, Anda akan diminta untuk memasukkan data yang ingin Anda ubah menjadi kode QR. Data tersebut bisa berupa alamat rumah, URL, nomor telepon atau lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa mengatur ukuran dari gambar QR code yang diinginkan. Anda bisa menggunakan layanan dari Appspot ini di sini. Selamat mencoba! [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel