Tips Membuat Aplikasi Portable Office dengan FreeOffice

20 Apr 2013 07:00 3597 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
SoftMaker FreeOffice adalah sebuah aplikasi alternatif pengganti bagi Anda yang menyukai aplikasi-aplikasi jenis freeware, jika Anda belum memilikinya Anda dapat mengunjungi halaman resmi untuk mengunduhnya pada link berikut ini http://www.freeoffice.com

Kadang untuk mengurangi kapasitas hard disk, kita bisa mengurangi jumlah penggunaan aplikasi yang memerlukan tahap Instalasi di sistem Windows. Kita bisa menggunakan beberapa Tips dan Trick untuk membuat Aplikasi yang bersifat Portable. Jadi kita tidak perlu melakukan tahap instalasi untuk membutuhkan sebuah aplikasi. Tips kali ini akan membeberkan beberapa Tips dan Cara Membuat Aplikasi Portable untuk Aplikasi Office.

FreeOffice Untuk Pengguna Windows

Jika Anda menginginkan menginstal aplikasi SoftMaker FreeOffice pada sistem operasi Windows dan beberapa file dokumen penting pada Flashdisk/USB Drive karena kapasitas hardisk Anda yang terbatas, berikut ini adalah tutorial atau petunjuk cara melakukannya.

1.Silahkan download aplikasi SoftMaker Office kemudian instal aplikasi SoftMaker Office.

2.Kemudian silahkan pilih menu pada Windows Start button/Windows Start Screen, kemudian pilih Programs > SoftMaker FreeOffice > Utilities > Install SoftMaker FreeOffice on a USB stick.

3.Lalu kemudian silahkan ikuti instruksi ataupun petunjuknya hingga aplikasi ini berhasil melakukan proses melakukan penyalinan file program aplikasi SoftMaker Office dan juga dokumen dari komputer kedalam flashdisk/USB Drive Anda tersebut.

4.Setelah proses penyalinan file-file dari aplikasi SoftMaker FreeOffice selesai maka saat ini seluruh folder dan juga data yang ada pada My Documents\SoftMaker semuanya akan berada pada flashdisk/ USB flash drive Anda tersebut, selain itu semua pengaturan pada SoftMaker FreeOffice program files, document-dokumen dan juga seluruh pengaturan dan juga dari My Documents\SoftMaker akan ada pada flashdisk/ USB drive.

Saat ini flashdisk/USB drive Anda berisi data maupun program dari aplikasi SoftMaker FreeOffice, dan juga berbagai macam pengaturan pada komputer/laptop Anda. Untuk menjalankan aplikasi FreeOffice dari flashdisk/USB drive Anda dapat melakukan klik program yang ada contohnya dengan mengklik aplikasi TextMaker.exe ataupun PlanMaker.exe

 

Baca juga : Laptop Toshiba Satellite P50 - Perangkat Laptop Powerful namun Portabel

                 Inilah Cara Perawatan Komputer Secara Portabel Menggunakan Software

 

FreeOffice Bagi Pengguna Linux

Jika Anda pengguna sistem operasi Linux, Anda juga dapat menjalankan aplikasi FreeOffice di flashdisk/USB drive. Berikut ini adalah caranya
1.Instal aplikasi SoftMaker FreeOffice pada PC Linux Anda,

2.Kemudian silahkan Anda buat folder baru pada flashdisk/USB drive Anda, kemudian silahkan salin/copy isi folder yang ada pada folder aplikasi FreeOffice ke folder berikut ini
mkdir /media/disk/freeoffice
(silahkan ubah direktori /media/disk sesuai dengan dimana USB flash drive/flashdisk Anda berada)

cd /usr/share/freeoffice

cp -Rv * /media/disk/freeoffice (silahkan ubah direktori /media/disk sesuai dengan dimana USB flash drive/flashdisk Anda berada)

3.Pada folder baru yang terdapat di flashdisk/USB drive Anda tersebut, buatlah sebuah file dengan nama portable.txt. berikut adalah adalah contoh dari perintahnya.
cd /media/disk/freeoffice touch portable.txt

File portable.txt ini hanya sebagai penanda "marker file” untuk memberikan informasi kepada aplikasi SoftMaker FreeOffice agar dapat digunakan dan dijalankan pada mode portable portable mode. Konfigurasi ini tidaka akan berdampak apa-apa terhadap sistem operasi yang sedang Anda pergunakan saat ini.

4.Setelah melakukan langkah tersebut, kemudian sialhkan Anda jalankan aplikasi TextMaker:
./textmaker

Aplikasi TextMaker saat ini aka membuat dua buah folder

/media/disk/freeoffice/SoftMaker

( ini merupakan sebuah folder dimana nantinya untuk tempat menyimpan file/dokumen, dan juga template)

media/disk/freeoffice/.softmaker - (folder ini berisi file konfigurasi dan juga pengaturan aplikasi)

Aplikasi TextMaker saat ini akan melakukan instalasi berbagai jenis template dokumen dan juga berbagai jenis konfigurasi file, biasanya akan memakan waktu beberapa menit, kemudian aplikasi TextMaker akan dijalankan.

Proses instalasi saat ini sudah selesai, jika Anda ingin menyalin tambahan berbagai jenis file dokumen dan juga template kedalam flashdisk/usbdrive, Anda dapat menyimpannya kedalam direktori folder /media/disk/freeoffice/SoftMaker
dan juga templates pada direktori folder /media/disk/freeoffice/SoftMaker/Templates 2012

  1. Untuk menjalankan salah satu aplikasi dari SoftMaker FreeOffice, silahkan Anda buka pada direktori folder SoftMaker FreeOffice yang ada pada USB drive/flashdik Anda, lalu kemidan klik dan juga aplikasi mana yang ingin digunakan seperti launch (textmaker, planmaker, or presentations).

Tutorial ini akan sangat berguna jika Anda ingin membuka jenis file dikumen office (file: .doc, docx, file excell, file powerpoint) di warnet, namun di warnet tersebut tidak ada atapun tidak diinstal aplikasi Microsoft Office atau aplikasi serupa. Maka Anda dapat menggunakannya secara langsung pada flashdisk/USB drive yang Anda miliki seperti yang telah Plimbi berikan
[AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel