Alat Navigasi Pencegah Anda Tersesat di Jaman High-tech

29 Feb 2012 11:00 3907 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tersesat di jaman high-tech ini sudah menjadi suatu hal yang remeh, bahkan bisa dibilang konyol mengingat banyaknya alat navigasi yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Alasan untuk tersesat saat ini bisa terjadi karena baterai handset Anda habis, tidak mendapatkan jaringan internet, atau mungkin gaptek. Alasan -tidak tahu jalan- bukanlah alasan yang sesuai lagi.

Tersesat di jaman "high-tech" ini sudah menjadi suatu hal yang remeh, bahkan bisa dibilang konyol mengingat banyaknya "alat navigasi" yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Alasan untuk tersesat saat ini bisa terjadi karena baterai "handset" Anda habis, tidak mendapatkan jaringan internet, atau mungkin "gaptek". Alasan "tidak tahu jalan” bukanlah alasan yang sesuai lagi. Berikut Plimbi berikan solusi alat navigasi menarik bagi Anda, "in high-tech way": "Alat navigasi berupa foto landmark dan fitur Google Search Image" Anggap saja terdapat skenario saat Anda tersesat di suatu kota yang belum Anda kenal.

Anda bisa menggunakan "alat navigasi" berupa kamera "handset" untuk mengambil foto. Anda bisa mencari dimana Anda berada dengan menjepret suatu "landmark". Paseban pernah membahas mengenai fitur baru Google Search Image ini. Anda bisa mengakses google.com atau google.co.id. Pilih "image" atau gambar. Kemudian pada tempat biasa Anda menmasukkan kata kunci, akan terdapat ikon kamera di ujung kanan.

Setelah itu klik ikon dan "upload" gambar yang ingin Anda "googling". Dalam rangka menjadikan fitur ini menjadi alat navigasi, Paseban coba memasukkan gambar berikut:

"Tunjungan Plaza" Hasil dari "search" foto tersebut menunjukkan hasil "Tunjungan Plaza Surabaya.” Dan memang benar foto tersebut adalah foto dari gedung Tunjungan Plaza, sebuah pusat perbelanjaan yang cukup terkenal di Surabaya. Hasil "googling" juga menampilkan "link" Wikipedia dari Tunjungan Plaza Surabaya tersebut. Percobaan selanjutnya Paseban mencoba foto berikut ini:  

"Monument Pers" Dan hasil menunjukkan hasil Gedung Pers. Dan tepat, foto tersebut adalah Monumen Pers Perjuangan Surabaya yang terletak tepat di seberang Tunjungan Plaza Surabaya. Google juga menyediakan *link-link* lain untuk informasi "detail" tentang monumen pers ini. Paseban melanjutkan dengan "upload" foto berikut:

"Kya-Kya" Dan Google menunjukkan hasil Kya-kya Surabaya atau Surabaya Chinatown. Meskipun bukan satu-satunya tempat dimana Anda bisa menemukan segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan China, Kya-kya ini diresmikan sebagai pusat kebudayaan China di Surabaya.Selanjutnya, setelah Anda menemukan nama dari lokasi tersebut, Anda bisa mencari alamat dan letak pasti dari lokasi tersebut menggunakan alat navigasi lain yaitu Google Maps atau Google Earth. Hal yang sangat disayangkan adalah Anda tidak bisa solusi alat navigasi menggunakan foto ini sepenuhnya melalui *handset*. Anda masih memerlukan sebuah laptop untuk melakukan hal ini.

Karena fitur "search by image" ini masih tersedia dalam "browser" versi "web desktop", maka fitur ini belum dapat ditemui dalam versi "mobile". Paseban pun mencoba cara alternatif menggunakan aplikasi Google Goggles pada "smartphone" Android yang merupakan aplikasi "search by image" dan memiliki fitur "search by landmark". Tetapi saat mencobanya,Google Goggles tidak memberikan hasil seakurat fitur Google "search image" pada "browser" versi "web desktop". Bahkan aplikasi ini tidak memberikan hasil apapun. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel