Apakah Patut Anak-anak Belajar Programming?

25 Feb 2012 10:00 4062 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah patut anak-anak belajar programming? Jawabannya adalah tentu saja. Komputer adalah -saat ini dan masa depan.- Mengenal -bahasa- yang akan makin banyak digunakan bukanlah suatu hal yang buruk.

Apakah patut anak-anak belajar programming? Jawabannya adalah tentu saja. Komputer adalah "saat ini dan masa depan.” Mengenal "bahasa” yang akan makin banyak digunakan bukanlah suatu hal yang buruk.

Terdapat satu pengalaman di mana Plimbi dihubungi oleh teman dan diminta membantu memilihkan Netbook yang sesuai untuk saudaranya yang masih kecil. Ketika Plimbi bertanya untuk keperluan apa, anak kecil yang baru masuk SMP itu mengatakan untuk keperluan sekolah. Bisa Anda lihat, keperluan akan sebuah komputer "menjadi lebih muda” saat ini. Jadi, belajar programming dan mengenal bahasa komputer sejak dini, isn’t such a bad idea.

Plimbi pernah menulis artikel Cara Mudah dan Interaktif Belajar Programming di Codeaacademy yang sebelumnya pernah dimuat di sini dan Tools Untuk Belajar Programming Online dan Gratis di sini, di mana Anda bisa belajar programming secara online dan gratis. Untuk Anak-anak, terdapat situs khusus yang dibuat untuk mereka, yaitu Kids Ruby

Kids Ruby

Seperti pada cerita sebelumnya, anak-anak dikondisikan untuk lebih cepat menggunakan komputer daripada sebelumnya, jadi kenapa tidak mengarahkan mereka untuk belajar programming juga. Dan Kids Ruby, yang memang sengaja didesain untuk belajar programming anak-anak, akan menjadi tools yang tepat.

Seperti pembelajaran untuk anak-anak pada umumnya, Kids Ruby didesain untuk menjadi se-menyenangkan mungkin. Pembelajaran dalam bentuk permainan adalah konsep paling bagus diterapkan pada anak-anak, dan begitulah konsep yang digunakan oleh Kids Ruby.

Anda yang bukan lagi anak-anak juga bisa menggunakan Kids Ruby sebagai tools untuk memulai dasar belajar programming, sebelum beranjak ke tools lain yang Plimbi sebutkan pada dua artikel diatas.

Memperkenalkan bahasa komputer sejak dini bisa dilihat seperti memperkenalkan bahasa inggris, alat musik, atau seni rupa kepada anak-anak. Nilai yang dimiliki adalah membiarkan mereka tahu why and how.

Apabila Anda menyempatkan waktu untuk mempelajari mesin mobil Anda, akan membuat Anda lebih respek pada mobil Anda. Begitu juga dengan belajar programming, makin Anda mengerti bagaimana komputer bekerja, makin Anda menghargai komputer Anda, dan menjadi responsible user. Anda tidak bisa menghargai apapun hingga Anda memahaminya luar dalam.

Kids Ruby bisa Anda akses di sini. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel