Tips Memaksimalkan Keamanan, Baterai dan Memori dalam Penggunaan iPad

16 Feb 2012 15:30 4656 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dari berbagai merek produk *tablet* ternama, salah satu *tablet* terbaik saat ini adalah produk keluaran Apple, yakni iPad. **Penggunaan iPad** tidak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat memaksimalkan penggunaan iPad dengan berbagai cara seperti berikut ini.

Kemunculan teknologi tablet saat ini tengah mengalami kemajuan yang positif. Tampilannya yang sederhana, sytlish namun praktis ini memiliki fungsi yang hampir serupa dengan laptop atau PC. Hal ini jugalah yang membuat banyak orang dengan berbagai aktifitas yang tinggi ingin memilikinya.

Dari berbagai merek produk tablet ternama, salah satu tablet terbaik saat ini adalah produk keluaran Apple, yakni iPad. iPad berjalan di atas sistem operasi iOS dan memiliki kinerja yang tidak jauh berbeda dengan sebuah komputer. Pengguna iPad dapat mendengarkan musik, melakukan browsing Internet, mengolah foto hingga membuat aplikasi dan lain sebagainya. Penggunaan iPad tidak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat memaksimalkan penggunaan iPad dengan berbagai cara seperti berikut ini.

Maksimalkan Keamanan iPad

Beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa persoalan keamanan iPad merupakan hal yang sepele. iPad memang memiliki daya tarik yang dapat menarik pengguna lain untuk menggunakannya. Dengan begitu, Anda pun harus lebih waspada terhadap beberapa oknum tak bertanggungjawab.

Beberapa langkah seperti memanfaatkan passcode pada perangkat, memungkinkan Anda untuk membuat passcode yang rumit agar tidak mudah untuk dibobol. Caranya buka fitur Passcode Lock pada Setting. Nonaktifkan Simple Passcode dengan menekan tanda On, kemudian pilih Turn Passcode On dan buat password yang sulit diterka namun mudah untuk diingat. Selain itu, untuk memaksimalkan penggunaan iPad, Anda dapat melakukan backup data-data penting pada iPad melalui iTunes. Anda dapat masuk ke menu iPad dan klik Summary lalu mencentang bagian iPad Backup di menu Option.

Menghemat Baterai iPad

Anda mungkin seringkali terlalu aktif menggunakan iPad hingga tanpa sadar baterai perangkat Anda habis. Beruntung apabila dalam situasi seperti itu Anda dapat menemukan aliran listrik. Namun, apabila Anda sedang melakukan perjalanan, tentunya penghematan baterai dapat mencegah baterai habis dengan cepat.

Ada berbagai macam alasan mengapa baterai iPad cepat terkuras. Namun, ada pula cara untuk mencegahnya untuk habis terlalu cepat. Anda dapat mematikan beberapa aplikasi berbasis lokasi seperti Foursquare atau Maps jika tidak digunakan. Selain itu, matikan juga fitur notifikasi. Fitur tersebut lebih baik Anda gunakan apabila memang hendak mengunduh beberapa aplikasi baru yang muncul melalui notifikasi. Sementara itu, agar lebih mudah memaksimalkan penggunaan iPad, matikan sambungan WiFi jika memang tidak diperlukan.

Menghemat Memori

iPad telah dilengkapi dengan teknologi multitasking yang memungkinkan perangkat Anda untuk menjalankan bermacam aplikasi secara bersamaan. Seringkali, pengguna keasyikan menggunakan berbagai aplikasi hingga tanpa sadar terlalu banyak aplikasi yang digunakan.

Sistem operasi iPad belum dapat menangani hal ini dengan maksimal. Hal tersebut dapat mengakibatkan kinerja memori penggunaan iPad menurun. Agar dapat menghemat baterai, Anda dapat menutup aplikasi yang tidak digunakan lagi satu per satu dengan menekan tombol Home sebanyak dua kali. Selain itu, kegiatan browsing Anda di dunia maya pun turut memakan banyak memori iPad. Hapuslah cache, history, dan cookies dari menu Browser yang digunakan. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel