Tips Dalam Memilih Modem Wireless Router

15 Feb 2012 17:00 11233 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di era perangkat mobile yang umumnya didukung dengan kemampuan WiFi, modem wireless router bisa menjadi perangkat yang bermanfaat. Di dalam rumah, dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat biaya, Anda bisa mengoneksikan desktop PC, laptop, tablet PC, smartphone ke dalam satu jaringan WiFi dan satu layanan data internet.

Di era perangkat mobile yang umumnya didukung dengan kemampuan WiFi, "modem "wireless router" bisa menjadi perangkat yang bermanfaat. Di dalam rumah, dan bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghemat biaya, Anda bisa mengoneksikan "desktop" PC, laptop, "tablet" PC, "smartphone" ke dalam satu jaringan WiFi dan satu layanan data internet. Ada satu alasan utama mengapa modem *wireless router* menjadi hardware yang membingungkan:

sinyal wireless. Sinyal Wireless terganggu karena banyak hal, gangguan dari jaringan "wireless router" terdekat lainnya hingga konfigurasi rumah. Teka-teki jaringan nirkabel tidak dibantu oleh vendor pembuat "modem *wireless router", yang dalam hal ini sibuk dengan upaya mereka untuk membedakan dan menjual produk mereka, dan tidak jarang membuat produk dengan cara *setting wireless router* yang sulit dilakukan oleh rata-rata pengguna.

Memilah-milah semua iklan branding dan memilih modem "wireless router" yang paling cocok untuk tujuan Anda bisa menjadi tugas menakutkan. Apakah Anda memerlukan modem "wireless router single-band" yang memiliki harga lebih murah atau *dual-band* yang lebih mahal? Apakah Anda perlu meng-"upgrade" atau membeli "router" 802.11n? Apa manfaat yang diberikan 802.11n? Apakah modem "wireless router high-end" berarti konektivitas internet yang lebih baik? Bagaimana dengan IPv6, apakah modem "wireless router" terbaik adalah yang mendukung IPv6? Pertanyaan-pertanyaan tersebut, serta faktor-faktor seperti keamanan, "parental control", dan fitur tambahan seperti kemampuan untuk menghubungkan "printer" USB serta "drive" penyimpanan eksternal ke "router" untuk berbagi dalam jaringan pribadi Anda, semua pertimbangan itu diperlukan ketika Anda memutuskan untuk membeli atau "upgrade" modem wireless router. Sangat baik untuk mengetahui kebutuhan jaringan Anda terlebih dahulu sebelum Anda berbelanja modem "wireless router".

Beberapa ulasan yang terdapat pada internet bisa menjadi sumber acuan Anda, dan lebih baik lagi apabila Anda meminta pendapat dari teman yang pernah atau sedang menggunakan produk modem "wireless router" tersebut. Tetapi satu hal perlu Anda catat, performa Wi-Fi bisa sangat berubah-ubah dan kinerjanya dapat bervariasi dari satu rumah ke rumah yang lain, tergantung dari konfigurasi rumah terebut. Hanya karena seseorang pengguna memiliki pengalaman yang menyedihkan atau hebat atas suatu produk modem "wireless router" tertentu, tidak selalu berarti Anda akan memiliki pengalaman yang sama. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel