Tips Penggunaan Handphone yang Bijak

12 Feb 2012 16:00 5837 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Istilah *gadget addict*, kecanduan gadget, atau maniak gadget muncul karena gejala yang ditimbulkan ketika seseorang tidak berada dekat dengan *handphone* masing-masing. Penggunaan *handphone* yang berlebihan inilah yang kemudian menimbulkan sisi negatif pada kemajuan teknologi *handphone* saat ini.

Tidak selamanya sesuatu yang postif selalu positif. Begitu pula pada kemajuan teknologi saat ini. Kemajuan teknologi yang *kebablasan* pada akhirnya akan menimbulkan efek negatif baik yang Anda sadari maupun tidak. Misalnya, hidup dengan berbagai produk teknologi canggih pastinya sangat menyenangkan.

Menggunakan lift menuju lantai teratas akan terasa ringan dan efisien, namun jika hanya ke lantai 2 setiap harinya bukankah menjadi kemalasan? Menggunakan AC rasanya sangat nyaman namun jika penggunaannya berlebihan bukankah akan meningkatkan efek pemanasan global? Sama halnya pada "handphone" yang selama ini selalu berada bersama kita. Mari kita tanyakan pada diri masing-masing, berapa menit sekali kita mengecek "handphone" kita? Berapa lama waktu "penggunaan handphone" yang kita habiskan? Dan juga berapa paling lama waktu yang dapat kita lewatkan tanpa penggunaan "handphone"? Seminggu sanggupkah? Bahkan rasanya sehari pun sulit.

Sebagaimana yang telah diulas Paseban tentang bahaya ponsel baik itu secara kesehatan maupun lainnya, penggunaan "handphone" memang harus digunakan secara bijak. Paseban juga pernah secara khusus membahas artikel mengenai etiket penggunaan "handphone" yang bijaksana yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah "gadget addict", kecanduan gadget, atau maniak gadget muncul karena gejala yang ditimbulkan ketika seseorang tidak berada dekat dengan "handphone" masing-masing.

Penggunaan "handphone" yang berlebihan inilah yang kemudian menimbulkan sisi negatif pada kemajuan teknologi "handphone" saat ini. Untuk menghindari itu semua, Plimbi akan memberikan tips penggunaan "handphone" yang bijak agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. "Gunakan Secukupnya" "Penggunaan handphone" yang secukupnya akan membantu kita menghindari bahaya "handphone" yang berlebihan. Gunakan jika memang diperlukan dan penting saja.

Perhatikan pula waktu saat penggunaan "handphone" berlangsung. Jangan berlama-lama menghabiskan waktu bersama "handphone" kita. "Memilih Notifikasi" Aturlah pengaturan notifikasi pada "handphone" kita. Pilih yang paling penting. Terlalu banyak notifikasi yang masuk akan menambah waktu yang kita lewatkan bersama "handphone" kita. "Tidak Berlebihan Mendownload Aplikasi" Hal satu ini pasti menjadi kebiasaan bagi para pengguna Android. Mari usahakan men-"download" aplikasi yang kita butuhkan dan penting.

Perhatikan baik-baik tentang kebutuhan kita masing-masing terhadap aplikasi tersebut. "Luangkan Waktu Untuk Bersosialisasi" Poin ini sangat penting. Jangan biarkan diri anda berlama-lama di dunia maya. Ada baiknya jika Anda menyapa orang-orang di sekitar Anda. Saling menyapa dan berbincang.

Aturlah porsi Anda berinteraksi dengan orang-orang di situs jejaring. Sempatkan diri kita untuk berinteraksi dengan orang-orang sekitar kita, seperti keluarga, teman, dan juga lingkungan sosial kita. Budaya penggunaan "handphone" yang bijak akan membawa kita pada kehidupan sosial yang penuh kepedulian antar sesama. Kita yang mengendalikan "smartphone", bukan "smartphone" yang mengendalikan kita. [ZH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel