Awas! Handphone Flip Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan

2 Feb 2012 08:00 11089 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebuah handphone flip adalah handphone yang layar dan keypad komponennya dihubungkan oleh engsel, sehingga memungkinkan perangkat ini untuk dilipat. amun, seperti semua handphone lain, ada bahaya yang melekat pada handphone flip ini.

Sebuah handphone flip adalah handphone yang layar dan keypad komponennya dihubungkan oleh engsel, sehingga memungkinkan perangkat ini untuk dilipat. Keuntungan dari handphone jenis ini adalah layar yang terlindungi jika tidak digunakan, dan tidak memakan banyak ruang di dalam saku atau tas. Namun, seperti semua handphone lain, ada bahaya yang melekat pada handphone flip ini.

Bahaya Radiasi

Handphone, termasuk handphone flip, berfungsi mengirimkan dan menerima energi frekuensi radio. Akibatnya, mereka menghasilkan radiasi elektromagnetik tingkat rendah. Studi awal tentang efek radiasi handphone pada tubuh manusia memang tidak meyakinkan, terutama karena pengguna handphone yang dipelajari hanya menggunakan perangkat handphone untuk waktu yang relatif singkat. Namun penelitian yang lebih baru dilakukan pada orang-orang yang telah menggunakan handphone selama 10 tahun atau lebih telah menemukan bahwa pengguna handphone memiliki kesempatan mendapatkan peningkatan masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker, masalah neurologis, sistem kekebalan tubuh, masalah sistem saraf dan komplikasi pada perkembangan janin.

Gangguan saat Mengemudi

Mengemudi sambil menggunakan telepon seluler termasuk handphone flip, dapat menyebabkan kecelakaan serius. Satu dari empat kecelakaan mobil terjadi diakibatkan dari penggunaan handphone pada saat mengemudi. Melakukan percakapan telepon seluler sambil mengemudi sangat berbahaya, dan ini memiliki efek yang sama seperti jika tingkat alkohol darah Anda berada di batas legal yakni 0,08 persen. Mengirim atau membaca pesan teks bahkan lebih berbahaya karena mata Anda pasti terlepas dari jalan selama waktu yang lama. Studi telah menemukan bahwa SMS saat mengemudi enam kali lebih memungkinkan untuk menghasilkan sebuah kecelakaan daripada mengemudi dalam keadaan mabuk.

Gangguan Elektronik pada Pesawat

Handphone flip, serta jenis lain dari handphone, memiliki potensi untuk mengganggu perangkat elektronik lainnya. Untuk alasan inilah, penggunaan telepon seluler telah dilarang di pesawat terbang karena kekhawatiran atas gangguan pada sistem navigasi dan komunikasi. Mungkin handphone tidak pernah secara langsung menyebabkan kecelakaan pesawat, namun ada banyak laporan dari maskapai penerbangan mengenai berbagai gangguan dalam sistem on-board mereka yang kemungkinan besar disebabkan oleh hal ini.

Gangguan Elektronik di Rumah Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan elektromagnetik dari handphone flip dan jenis lain dari handphone dapat mempengaruhi berbagai peralatan elektronik di Rumah Sakit, seperti alat pacu jantung, ventilator dan mesin dialisis. Semua Rumah Sakit menegakkan pembatasan penggunaan handphone di dalam gedung Rumah Sakit, terutama di setiap daerah yang mengandung pasien. Peneliti dari University of Amsterdam's Academic Medical Center merekomendasikan bahwa sebaiknya handphone digunakan setidaknya dengan jarak 3 kaki dari peralatan medis untuk mencegah hal tersebut. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel