Tips Memilih Handphone Jenis Smartphone dan PDA Phone dengan Tepat

4 Feb 2012 11:00 3911 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemajuan teknologi yang sangat pesat membuat jenis "handphone" yang ada di pasaran semakin marak, tidak jarang konsumen pun dibuat bingung untuk memilih jenis "handphone" yang tepat untuk dirinya. Maka alangkah baiknya menyimak tips memilih handphone untuk jenis "smartphone" dan PDA Phone yang baik.

Kemajuan teknologi yang sangat pesat membuat jenis "handphone" yang ada di pasaran semakin marak, tidak jarang konsumen pun dibuat bingung untuk memilih jenis "handphone" yang tepat untuk dirinya. Maka alangkah baiknya menyimak "tips memilih handphone" untuk jenis "smartphone" dan PDA Phone yang baik. Pada artikel ini Plimbi akan mencoba membantu Anda untuk memutuskan jenis "handphone" yang tepat sesuai pilihan Anda, simak tips memilih "handphone" untuk Anda: "Jenis Jaringan" Untuk yang sering berpergian ke luar kota, maka pilihlah "smartphone" dengan jaringan GSM dan bukan CDMA.

Anda juga dapat membeli kartu prabayar untuk dipasang di "handphone". Namun jika lebih banyak berada di dalam kota, maka Anda bisa menggunakan alternatif jaringan CDMA atau GSM. "Sistem Operasi" "Tips memilih handphone" yang selanjutnya adalah dengan memilih sistem operasi yang tepat. Saat ini tersedia berbagai sistem operasi untuk "smartphone" ataupun PDA Phone. Beberapa di antaranya adalah Symbian, Windows Mobile, Android, Linux, Palm OS, dan BlackBerry.

Masing-masing memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda. Periksalah dengan baik, mana saja yang paling cocok dan sering digunakan. Hampir semua sistem operasi terdapat fungsi dasar seperti telepon, "email", web, dan SMS. Namun ada beberapa yang lebih spesifik, contoh BlackBerry hanya mampu melakukan koneksi via server "email" dan "chat" khusus milik BlackBerry. Tetapi jika Amda sering menggunakan produk Microsoft seperti Windows dan Office, maka Plimbi merekomendasikan perangkat dengan sistem operasi Windows Mobile. "Kecepatan Data" Untuk Kecepatan data juga menjadi pertimbangan bagi yang sering "download" di internet maupun kirim data via "email".

Beberapa "smartphone" ataupun PDA Phone menawarkan kecepatan data 3G hingga 3.5G. Jaringan CDMA juga dikenal dengan EVDO. Jika berlangganan paket, maka semakin tinggi kecepatan data yang kita miliki. "Fungsi WiFi" Tips memilih "handphone" yang terpenting adalah dengan memperhatikan konektivitas dengan WiFi. Bagi yang sering berada di daerah yang terdapat hotspot gratis, maka pertimbangkan membeli "handphone" yang memiliki fasilitas WiFi. Fasilitas ini dapat melakukan koneksi ke Internet tanpa membebani pulsa, Anda disarankan untuk lebih jeli dalam memilih "smartphone" dan PDA Phone mengingat sudah banyak operator seluler yang menawarkan kecepatan Internet broadband seperti 3.5G dan EVDO.

"Keypad" Beberapa "smartphone" atau PDA Phone telah dilengkapi dengan "keypad" QWERTY yang susunan hurufnya mirip dengan "keyboard" pada komputer atau laptop. Fasilitas ini memang mempermudah pengguna untuk mengetik dibanding menggunakan "keypad" numerik dan angka. Jika Anda sering mengetik, maka cocok menggunakan "keypad" QWERTY. "Konektifitas" Tips memilih "handphone" selanjutnya adalah pastikan dapat memindahkan data yang ada di "smartphone" dan PDA Phone ke media atau perangkat lainnya dengan mudah. Misalnya Anda "download" gambar atau memotret yang cukup banyak, lalu ingin memindahkannya ke komputer atau laptop.

Tentu memerlukan penghubung ke perangkat lain tersebut seperti kabel data, USB maupun Bluetooth. pastikan bahwa salah satu atau lebih fasilitas koneksi ke perangkat lain tersedia. "Memori"Periksa apakah jumlah internal memori yang tersedia mencukupi untuk kebutuhan data. Jika kurang periksa juga apakah "smartphone" dan PDA Phone tersebut memiliki "slot" external memori untuk menampung data. "Layar" Sering mengerjakan dokumen di "smartphone" atau PDA Phone, maka pilihlah ukuran layar yang cukup besar. Agar lebih mudah dan nyaman dalam mengolah dan mengerjakan dokumen. Namun yang mesti diingat adalah ukuran layar yang cukup besar akan membuat baterai cepat habis. Pertimbangkan kedalaman warna yang akan ditampilkan.

Semakin besar kedalaman warna, maka gambar yang ditampilkan akan semakin baik. "Aplikasi" Anda dapat memeriksa aplikasi apa saja yang terdapat dalam "smartphone" dan PDA Phone tersebut. Jika sering mengolah data, apakah sudah ada aplikasi perkantoran di dalamnya seperti pengolah kata dan tabel maupun aplikasi lainnya. Atau jika senang mendengarkan musik atau menonton film, apakah sudah tersedia aplikasi entertainment yang baik di dalamnya. "Koneksi Perusahaan" Apabila sedang ditugaskan untuk menyediakan "smartphone" dan PDA Phone untuk karyawan di perusahaan, maka pertimbangkan "handphone" yang dapat terintegrasi dengan sistem yang ada di perusahaan. BlackBerry banyak digunakan untuk karyawan perusahaan karena terintegrasi dengan sistem "email" dan server di perusahaan. "Smartphone" dan PDA Phone bukanlah barang yang ekonomis.

Oleh sebab itu, saat akan membeli perangkat tersebut, Plimbi menyarankan kepada Anda untuk lebih cermat dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jika yang utamanya untuk mendengar musik, menonton film, atau bermain game, maka sebaiknya cukup membeli "handphone" dengan fungsi entertainment. Namun jika Anda sering menggunakan aplikasi Internet untuk bekerja dengan berbagai dokumen yang membutuhkan pengatur jadwal dan organizer, maka sebaiknya memilih "smartphone" dan PDA Phone. Agar dapat melakukan banyak hal untuk mempermudah kegiatan sehari - hari. Itulah tips memilih "handphone" dari Plimbi, semoga bermanfaat. [YG]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel