Goodreads - Situs Buku Online Wajib Bagi Para Pecinta Buku

28 Mar 2013 14:30 4325 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika anda menikmati membaca, dan ingin menggunakan internet untuk menemukan bacaan baru, anda mungkin sudah mendengar **situs buku online** Goodreads sebelumnya. Ini adalah situs buku online yang luar biasa yang menjadi tempatnya komunitas pecinta buku, penuh dengan rekomendasi dan ulasan buku. Dengan kata lain, sebuah tempat yang ideal untuk menemukan bacaan baru.

Jika anda menikmati membaca, dan ingin menggunakan internet untuk menemukan bacaan baru, anda mungkin sudah mendengar situs buku online Goodreads sebelumnya. Ini adalah situs buku online yang luar biasa yang menjadi tempatnya komunitas pecinta buku, penuh dengan rekomendasi dan ulasan buku. Dengan kata lain, sebuah tempat yang ideal untuk menemukan bacaan baru.

Pengalaman Goodreads dimulai dengan "onboarding” menyeluruh - dengan kata lain, sebuah proses inisiasi yang harus dilewati pengguna baru, di mana mereka diminta untuk memberi peringkat untuk banyak buku untuk membantu menyempurnakan mesin rekomendasi situs buku online ini untuk selera masing-masing pengguna. Berikut ini ulasan mengenai situs Goodreads untuk anda.

Pencarian Buku

Salah satu hal umum yang akan anda lakukan pada situs Goodreads adalah mencari buku. Mungkin anda sedang mencoba mencari buku untuk dibeli, dan sebagai bahan referensi, anda terlebih dahulu memeriksanya di Goodreads sebelum membelinya. Mesin pencari pada situs ini real-time dan komprehensif.

Anda dapat mengetik judul, penulis, atau ISBN. Anda bisa meng-copy ISBN dari salah satu situs penjualan buku online dan paste di mesin pencarian Goodreads. Kemudian tekan Enter, dan anda akan melihat halaman hasil yang sempurna.

Satu hal yang harus anda ketahui tentang peringkat Goodreads. Jika buku yang anda cari mendapatkan 4 bintang, maka ini mungkin merupakan bacaan yang luar biasa. Dari layar tersebut, anda bisa mengklik tombol "Want to Read” untuk menambahkan buku ke dalam daftar bacaan anda.

Halaman untuk Setiap Buku

Setelah selesai membaca buku, dan setelah mereviewnya, mungkin akan menjadi hal yang menarik jika anda membaca apa yang dipikirkan orang lain tentang hal ini, dan mungkin melihatnya dalam sudut pandang yang berbeda. Halaman buku ini juga menunjukkan teman anda yang ingin membaca buku ini, atau sudah membacanya.

Satu hal yang akan anda sukai dari halaman buku ini adalah sidebar Genre. Goodreads tidak memaksakan setiap karya sastra menjadi satu genre tertentu, namun situs ini menunjukkan anda rincian dari genre yang mungkin buku anda bisa termasuk ke dalamnya. Ini adalah cara melihat buku yang jauh lebih bernuansa.

Recommendations

Goodreads menawarkan sejumlah cara untuk menemukan buku baru untuk dibaca. Pertama-tama, setiap halaman buku menampilkan sidebar widget "similar books” . Arahkan mouse anda pada salah satu buku, dan Goodreads akan menampilkan panel informasi.

Panel info ini masih jauh dari lengkap. Ini akan lebih baik jika berisi genre buku. Namun, anda akan dengan mudah menggunakan panel ini untuk menambahkan buku ke daftar baca anda, atau menilainya jika anda sudah membacanya. Tentu saja, anda juga dapat mengkliknya untuk melihat halaman buku dengan lengkap.

Situs Goodreads juga memiliki area Recommendations khusus. Ini bisa anda akses dari menu di bagian atas halaman. Ini adalah tampilan yang terlihat seperti Netflix. Goodreads menguraikan masing-masing genre yang anda suka dan menawarkan rekomendasi. Untuk setiap rekomendasi, anda dapat menambahakannya ke daftar bacaan anda atau "want to read”, menilainya, atau memberitahu Goodreads bahwa anda tidak tertarik. Ini adalah salah satu fitur situs yang sering dibahas. Interface fitur ini sangat mudah bagi anda untuk menambahkan buku ke dalam daftar bacaan.

Daftar Bacaan

Daftar bacaan adalah inti dari pengalaman Goodreads. Ini adalah tempat yang akan anda kunjungi setelah selesai membaca buku untuk menjawab pertanyaan "Apa yang harus saya baca selanjutnya?”.

Setiap buku memiliki posisi dalam daftar, dan anda dapat mengedit secara manual untuk mengatur urutannya. Anda juga dapat mengurutkan daftar tersebut dengan header yang telah disediakan. Daftar ini merupakan bagian sentral dari Goodreads karena jika anda menggunakannya untuk melacak apa yang akan anda baca, ini akan membantu anda memastikan anda meninjau setiap buku, dengan demikian memberikan rekomendasi anda sendiri kepada teman-teman.

Mengulas Buku

Ketika anda selesai membaca, anda bisa mengulasnya. Anda juga dapat memberi rating untuk buku tersebut. Ulasan ini tidak hanya merupakan gumpalan teks. Anda juga dapat menempatkan buku di rak virtual jika anda mau. Rak atau shelf adalah kategori yang anda buat sendiri. Ini bisa disesuaikan dengan genre, tempat di mana anda membeli buku, atau klasifikasi lainnya.

Goodreads memungkinkan anda untuk menentukan tanggal di mana anda telah menyelesaikan buku (berguna untuk statistik, seperti yang akan anda lihat nanti), menyembunyikan ulasan jika mengandung spoiler, dan tentu saja men-tweet hasil review anda.

Teman dan Notifikasi

Goodreads memungkinkan anda untuk berteman dengan pengguna lain, dan mengikuti mereka untuk melihat apa yang mereka baca dan apa yang mereka pikirkan tentang bukunya. Jika anda menikmati pengalaman membaca yang lebih sosial, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendiskusikan buku dengan teman-teman dan mendapatkan ide untuk bahan bacaan ke depannya.

Statistik

Setelah anda memberitahu Goodreads tentang riwayat dan kebiasaan membaca anda, tampilan Stats bisa diakses di bawah menu My Books > Stats, ini dapat menampilkan informasi menarik tentang bacaan anda.

Dalam tampilan Books, anda dapat melihat sekilas berapa buku yang telah anda baca setiap tahun, dan menelusuri per tahun untuk melihat buku mana yang telah anda beri rating, dan bacaan terpanjang anda. Jika anda menggunakan rak, anda juga akan melihat rak utama anda.

Pada artikel ini, kami mencoba untuk menunjukkan beberapa hal terbaik tentang Goodreads, tapi ini hanyalah sebagian kecil dari banyak hal yang bisa dilakukan situs ini. Apakah anda menggunakan situs Goodreads? Apakah ada fitur lainnya yang menarik dan berguna untuk anda? Jika ya, anda bisa membagikan pengalaman menggunakan Goodread anda pada kami. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel