Mathplayground.com - Tanamkan Persepsi Bermain Matematika Menjadi Belajar yang Menyenangkan

9 Jan 2012 15:00 4619 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar secara online. Kelebihan belajar secara online melalui Internet pun beragam, secara harga tentunya belajar dari Internet lebih murah dan yang paling penting, pembelajaran dari Internet kadang lebih interaktif karena menyajikan cara belajar yang menyenangkan dibandingkan dengan belajar secara konvensional.

Internet seolah bisa menyediakan apa saja pada saat ini. Dari tempat berobat yang paling mutakhir hingga mencari seorang teman yang lama tak dijumpai. Selain itu Internet juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar secara online. Kelebihan belajar secara online melalui Internet pun beragam, secara harga tentunya belajar dari Internet lebih murah dan yang paling penting, pembelajaran dari Internet kadang lebih interaktif karena menyajikan cara belajar yang menyenangkan dibandingkan dengan belajar secara konvensional.

Kali ini Paseban menghadirkan dua situs yang menyediakan layanan belajar secara online. Kedua situs tersebut adalah mathplayground.com dan duniabelajar.com. Di satu sisi, mathplayground adalah sebuah situs untuk belajar Matematika secara online dengan cara belajar yang menyenangkan. Di sisi lain, duniabelajar.com menghadirkan wacana serupa dengan konten yang lebih lengkap. Mau tahu bagaimana perbandingan kedua situs tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Mathplayground.com

Belajar Matematika tak harus dengan dengan cara yang sulit. Terlebih jika berhadapan dengan anak-anak, maka metode yang digunakan pun harus dengan cara belajar yang menyenangkan. Sebuah situs bernama mathplayground.com menyediakan fasilitas tersebut. Situs ini menggunakan cara yang Paseban nilai cukup efektif sehingga belajar Matematika bukan menjadi hal yang menakutkan lagi.

Di situs mathplayground.com, seorang guru atau orang tua dapat mengajari anak-anaknya untuk bermain dengan angka. Ya, menggunakan kata 'bermain Matematika' mungkin terasa lebih cocok penggunaannya jika dibandingkan dengan kata 'belajar Matematika'. Dalam situs ini, belajar Matematika menjadi waktu belajar yang menyenangkan, pengunjungnya diajak untuk belajar menggunakan berbagai jenis aplikasi flash yang interaktif plus dengan grafik yang menarik.

Terdapat lima jenis kategori yang bisa digunakan di situs ini, yakni Math Games I, Math Games 2, Logic Games, Word Problems, dan Math Videos. Lalu Paseban mencoba salah satu fitur permainan yang bernama Rescue Bear. Dalam permainan tersebut, seorang pemain diharuskan menggunakan logika berpikirnya untuk menyelamatkan seekor beruang. Sebuah cara belajar yang menyenangkan bukan? Level yang ditawarkan dalam permainan ini pun cukup beragam, tentunya semakin tinggi level maka semakin rumit pula logika yang harus digunakan untuk menyelamatkan sang beruang.

Di dalam fitur lainnya, terdapat juga permainan yang didesain hampir mirip dengan sebuah kuis yang pernah ditayangkan di salah satu stasiun tv swasta Indonesia, Who Wants to be a Millionare. Di situs ini, permainan tersebut memiliki judul Math Millionare. Terdapat 14 pertanyaan yang harus dilalui untuk menjadi pemenang dalam permainan millionare tersebut. Tentu saja pertanyaan yang diajukan berbau Matematika.

Duniabelajar.com

Sebuah situs berbahasa Indonesia juga hadir dengan fungsi serupa, yakni duniabelajar.com. Bedanya, jika mathplayground.com hanya menghadirkan materi belajar untuk Matematika, maka duniabelajar.com menghadirkan materi pelajaran yang lebih komplit. Para pengunjung situs ini tak hanya bisa belajar Matematika, melainkan belajar mata pelajaran lainnya juga.

Konsep belajar yang ditawarkan oleh situs ini pun sedikit berbeda dengan konsep bermain yang dimiliki oleh situs mathplayground.com. Situs ini terkesan lebih formal, setiap mata pelajaran di kategorikan sesuai dengan tingkat pelajaran yang umum digunakan di sekolah. Dari tingkat TK hingga kelas 6 SD. Tak hanya itu, situs ini juga menyediakan kategori untuk guru, siswa dan orang tua. Pada masing-masing kategori tersebut materi yang ditawarkan pun berbeda. Misalnya di kategori guru, situs ini menyediakan berbagai soal latihan serta tips-tips yang penting untuk mengajari murid-muridnya.

Sementara itu, kategori untuk murid tampil dengan halaman yang lebih interaktif. Terutama untuk sub kategori permainan. Sama halnya seperti yang disediakan oleh situs mathplayground.com, di halaman ini terdapat berbagai jenis permainan yang cukup menarik. Permainan tersebut memberikan wacana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak dengan menggunakan flash. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel