Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Update Android Ice Cream Sandwich

6 Jan 2012 11:30 5881 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Update Android 4.0 Ice Cream Sandwich akan mendarat ke beberapa jenis *smartphone*. Sebelum Anda benar-benar melakukan update Android, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Update Android 4.0 Ice Cream Sandwich akan mendarat ke beberapa jenis smartphone.

Para produsen *smartphone* pun sudah mengumumkan produk mana saja yang akan memperoleh *update* tersebut. Keberadaan update Android 4.0 dikatakan akan menjanjikan beberapa fitur baru. Namun, sebelum melakukan *update*, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, berikut ulasannya: **System Update** Melakukan *update* sistem operasi pada sebuah *tablet* maupun *smartphone* terkadang disertai dengan beberapa jenis kegagalan seperti berikut:

- Data yang diunduh kemungkinan *corrupt* yang akhirnya berakibat pada kegagalan *update*.

- Proses update Android bisa saja terganggu oleh jaringan, power atau permasalahan lain yang mengakibatkan kegagalan.

- Update yang dilakukan kemungkinan mengandung *bugs* yang bisa membuat *smartphone* atau *tablet* menjadi tak berfungsi dan akhirnya data Anda akan hilang.

Jika hal-hal tersebut di atas terjadi, maka Anda harus me-reset *smartphone* dan resikonya *file-file* yang Anda miliki pun akan hilang. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah pencegahan di bawah ini:

**Menghapus Semua Aplikasi** Cara yang baik sebelum memulai adalah dengan melihat pengaturan yang saat ini Anda gunakan. Jika Anda lupa, maka cek Setting, *Applications*, *Manage Applications* lalu hapus aplikasi yang tidak pernah digunakan. Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya Anda akan memperoleh *space* tambahan untuk data update Android ataupun untuk aplikasi yang kemungkinan Anda tambahkan selanjutnya. **Meng-update Aplikasi** Jika Anda tidak mengatur update secara otomatis, maka sebaiknya

Anda menjalankan aplikasi Android Market secara manual dan gunakan *My Apps* untuk mengecek update, terutama untuk aplikasi yang sering Anda gunakan. Biasanya, sebuah versi baru dari OS tertentu, dalam hal ini adalah update Android 4.0, akan mengenali aplikasi sebagai *bugs*.

Untuk itu, Anda perlu melakukan update agar hal tersebut dapat dihindari. **Back Up Aplikasi** Google App Store akan selalu mengingat aplikasi apa saja yang sudah Anda beli atau ter-*install* secara gratis di *smartphone* atau *tablet* Anda. Selanjutnya Google App Store akan mengijinkan Anda untuk meng-*install* aplikasi-aplikasi tersebut kembali. Tetapi sayangnya, hal ini tidak akan menyimpan daftar *up-to-date* dari aplikasi yang telah ter-*install* saat ini.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi semacam AppBrain, yang akan bekerja dengan situs yang berhubungan untuk selalu mengawasi aktifitas peng-*install*-an aplikasi yang Anda lakukan. Tentunya, AppBrain juga akan menyimpan *list* dari aplikasi tersebut dan memudahkan ketika Anda ingin meng-*install* aplikasi yang sama kembali ketika proses update Andoid telah selesai.

**Back Up Data** Anda harus melakukan *backup* dari segala data yang Anda punyai sebelum update Android dilakukan. Data seperti nomor kontak, entri kalender, *email* akan secara otomatis ter-*backup* di *cloud*, namun tidak demikian dengan data lain terutama yang berasal dari aplikasi pihak ketiga. Lakukan sinkronisasi ke cloud atau menyimpan data tersebut ke SDcard merupakan langkah yang bijak. **Buat smartphone atau tablet Anda 'Bahagia'** Ketika update Android 4.0 dilakukan, pastikan perangkat Anda senyaman mungkin.

Pertama cek baterai, *enable*-kan WiFi dan hubungkan ke jaringan Internet. [IB]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel