Memanfaatkan Sampah Elektronik Menjadi Sesuatu yang Fungsional

6 Jan 2012 10:00 8897 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah nasib perangkat non-*mobile* lama Anda yang masih berfungsi benar-benar sudah menjadi sampah elektronik yang tidak laku untuk dijual? Lakukan perubahan yang berguna sekarang!

Perkembangan perangkat teknologi terbilang cukup pesat, dan saat ini yang menuju era mobile di mana semua perangkat menerapkan konsep yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Lalu bagaimana nasib perangkat non-*mobile* lama Anda yang masih berfungsi meskipun sudah ketinggalan zaman untuk digunakan? Apakah benar-benar sudah menjadi sampah elektronik yang tidak laku untuk dijual? *Stop!* Jangan Anda buang dulu sampah elektronik yang sudah ketinggalan zaman tersebut, karena Plimbi memiliki ide-ide menarik untuk memanfaatkan perangkat rongsokan Anda.

**Menjadikan webcam PC menjadi security cam** *Webcam* umumnya sudah terintegrasi pada laptop, bahkan sebuah *smartphone* pun bisa menjadi *webcam* dengan menggunakan trik yang pernah Paseban bahas sebelumnya di sini. Lalu bagaimana nasib *webcam* lama pada PC Anda yang bisa dibilang sudah menjadi sampah elektronik? *Well*, ide yang paling menarik adalah dengan mengubahnya menjadi *security cam* untuk rumah Anda. Pertama, yang akan Anda butuhkan adalah komputer ber-OS Windows, *webcam* dan *software* gratis bernama Dorgem yang bisa Anda dapatkan di sini.

Pada tampilan awal, Anda memang akan menemukan Dorgem *discontinue*, tetapi meskipun demikian Anda tetap bisa men-*download* *software* Dorgem. Untuk mengunduhnya, klik link *Download* yang tertera pada situsnya untuk mendapatkan *software* Dorgem. Kenapa Paseban memilih Dorgem padahal *software* tersebut sudah *discontinue*? Alasannya karena *software* Dorgem memiliki fitur yang akan sangat berguna sebagai trik untuk mengubah sampah elektronik *webcam* menjadi *security cam*.

Fitur *motion sensing*, yang memungkinkan webcam Anda bisa mendeteksi gerak, mengambil foto saat terdeteksi adanya gerakan secara otomatis, mendukung *webcam* lebih dari satu serta mendukung *ftp* dimana hasil foto bisa disimpan ke media penyimpanan lain.

**Mengubah perangkat lama menjadi hiasan rumah yang fungsional** Saat mencari ide untuk penulisan artikel memanfaatkan sampah elektronik ini, Paseban menemukan satu foto unik yang memberikan inspirasi dari apa yang bisa kita lakukan dengan perangkat elektronik lama. Foto yang Paseban temukan adalah menjadikan *port* Ethernet menjadi alat untuk menggantung kunci di tembok. Sampah elektronik ternyata juga bisa terlihat indah, rapi dan fungsional untuk diterapkan di rumah Anda.

Memang perangkatnya merupakan perangkat yang ketinggalan jaman, tetapi apabila di fungsikan dengan baik dan bijak, ia bisa memberikan kesan *futuristic* pada rumah Anda. Dengan kreatifitas, Anda bisa menemukan banyak ide untuk memanfaatkan sampah elektronik perangkat non-mobile yang sudah ketinggalan jaman tersebut.

Dan juga sekaligus dapat menerapkan konsep untuk mengurangi sampah elektronik dengan mendaur ulang barang elektronik"menjadi sesuatu yang berguna. *So*, apa ide Anda dengan sampah-samapah elektronik Anda? [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel