Cara Scan Virus Online Tanpa Aplikasi Yang Membebani Kinerja OS

6 Jan 2012 08:00 13559 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dalam suatu kondisi, kita memang perlu menjaga *gadget* kita dari serangan virus. Jika Anda tidak ingin repot melakukan proses instalasi, cobalah cara scan virus online yang telah terrekomendasikan berikut ini.

Dalam suatu kondisi, kita memang perlu menjaga gadget kita dari serangan virus. Alhasil, Anda pun harus meng-*install* antivirus di *gadget* Anda, seperti pada PC atau laptop misalnya.

Bagi Plimbi sendiri, melakukan instalasi antivirus merupakan sesuatu hal yang tidak terlalu menyenangkan. Salah satu alasannya adalah hal tersebut terkadang sedikit membebani kinerja OS *(Operating System)*, apalagi pada PC dengan spesifikasi yang pas-pasan. Hal tersebut diakibatkan karena antivirus akan selalu aktif dan memantau seluruh OS dan data yang tersimpan di media penyimpanan internal.

Nah, sebagai solusinya Paseban biasanya melakukan hal tersebut dengan menggunakan cara scan virus online yang bisa Anda praktekkan juga. Nama-nama scan yang bisa Anda gunakan di dalam cara scan virus online di antaranya adalah sebagai berikut :

**Bitdefender QuickScan** Bitdefender QuickScan merupakan salah satu scan virus online yang menggunakan *in-the-cloud scanning technology*. Scan virus yang satu ini berfungsi untuk mendeteksi virus dan *spyware* pada suatu sistem. Cara scan virus online Bitfender QuickScan ini pun bisa Anda lakukan hanya dengan mengunjungi situsnya di sini.

Setelah Anda berada di situsnya, klik *Free Scan Now*. Saat pertama kali menjalankan Bitdefender QuickScan ini, Anda akan diminta untuk meng-*install* ekstensi pada browser milik Anda. Ikuti petunjuk proses instalasi, lalu setelahnya akan terdapat ikon pada *browser* Anda di mana Anda bisa mengakses Bitdefender QuickScan melalui ikon tersebut. Plimbi mencoba Bitdefender QuickScan pada *browser* Firefox dan Chrome, dan ternyata berjalan dengan lancar. Sementara pada *browser* IE, scan virus online ini tidak dapat dilakukan. **Symantec Security Check** Symantec Security Check adalah produk dari sebuah nama perusahaan besar dalam dunia sistem keamanan komputer, yaitu Symantec.

Apabila Anda tidak familiar dengan nama Symantec mungkin Anda mengenal salah satu produk populernya, Norton Antivirus. Dibalik kebesarannya, Plimbi sedikit merasa kecewa ketika mencoba produknya. Saat mencoba Symantec Security Check, Paseban menemukan bahwa aplikasi scan ini menjadi seperti semacam iklan bagi Symantec. Scan tidak dilakukan secara menyeluruh, dan hasil scan mengarahkan kita untuk membeli produk Norton 360â„¢ version 4.0 All-In-One Security.

Scan virus online Symantec memiliki dua tipe keamanan, yaitu Security Scan dan Virus Detection. Security Check ini mampu mendeteksi apakah PC Anda sudah aman untuk digunakan berselancar di dunia maya atau tidak, sedangkan Virus detection merupakan aplikasi scan virus online-nya untuk PC Anda. Berbeda dengan Bitdefender QuickScan, dengan scan virus online dari Symantec Anda tidak perlu meng-*install* ekstensi pada *browser* untuk memulai scan.

Ketika Plimbi mencoba Virus Detection, aplikasi ini malah tidak berfungsi sama sekali pada *browser* Firefox dan Chrome, dan ternyata hanya berfungsi pada *browser* IE versi 5,0 keatas. Ketika dicoba pada *browser* IE versi 9 milik Paseban, scan online Symantec ini malah meminta untuk melakukan instalasi beberapa ekstensi yang menjadi syarat proses scan. Sedikit merepotkan memang, tapi apa boleh buat.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan scan virus online dari Symantec, Anda bisa mengaksesnya di sini Selamat mencoba! [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel