Tips Trik Windows: Memaksimalkan Ruang Penyimpanan Pada Tablet Windows

11 Mar 2013 19:00 3306 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tablet Windows sekarang telah tersedia dari Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya. Hardware di dalamnya umumnya sama seperti yang ditemukan di ultrabook, kecuali hard drive. Untuk memaksimalkan kapasitas memorinya, simak tips trik Windows tablet berikut ini.

Tablet Windows sekarang telah tersedia dari Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya. Hardware di dalamnya umumnya sama seperti yang ditemukan di ultrabook, kecuali hard drive. Sebagian besar tablet Windows dikemas dengan hanya 64 atau 128 gigabyte ruang. Kurangi ruang yang dibutuhkan untuk menginstal Windows, yang biasanya sekitar 30GB, dan Anda bisa melihat masalahnya. Anda hampir tidak akan memiliki cukup ruang untuk menyimpan koleksi musik yang besar dan beberapa aplikasi yang cukup besar. Simak tips trik Windows untuk memaksimalkan penyimpanan pada tablet Windows Anda berikut ini.

Mengurangi Ukuran Instalasi Windows

Tablet Anda disertai dengan Windows 8 yang terinstal dan dikonfigurasi dengan fitur-fitur tertentu? Biasanya, instalasinya akan standar, dan mungkin ada banyak tambahan bit dari bloatware. Tips trik Windows yang pertama adalah menghilangkan fitur yang tidak Anda inginkan.

Lakukan Windows Search untuk windows features dan buka Turn Windows features on or off. Pada menu yang terbuka akan ada daftar pilihan konten yang bisa dihapus. Contohnya termasuk Internet Explorer, pre-packaged game, XPS viewer, Print Services dan banyak lagi. Hilangkan tanda centang pada fitur yang ingin dinonaktifkan, kemudian klik OK.

Tentu saja jika Anda menonaktifkan fitur-fitur tersebut akan mengurangi fungsi, sehingga cukup nonaktifkan apa yang tidak Anda butuhkan saja. Anda bisa menginstal ulang fitur-fitur tersebut kemudian, namun Anda mungkin membutuhkan akses ke file instalasi Windows untuk melakukannya.

Nonaktifkan Hibernate

Ini adalah salah satu tips trik Windows yang tertua dan terbaik untuk meningkatkan kapasistas penyimpanan. Hibernate, meskipun ini adalah fitur yang sangat berguna yang bekerja dengan men-dumping data di RAM ke hard drive Anda. Data tersebut biasanya berjumlah 2- 4 gigabyte, sehingga menonaktifkan hibernate bisa sedikit membebaskan ruang penyimpanan Anda.

Microsoft sekarang memudahkan pengguna untuk menonaktifkan hibernate dengan utilitas Fix-It yang bisa Anda dapatkan di situsnya. Jika Anda tidak ingin menggunakan Fix-It, Anda bisa menonaktifkan hibernate dengan langkah-langkah berikut:

• Pada Start Menu, ketikkan "cmd”. Kemudian klik kanan pada hasil Command Prompt dan pilih Run as administrator.

• Pada jendela Command Prompt, ketikkan powercfg.exe /hibernate on dan tekan Enter (perhatikan spasi antara
".exe” dan "/hibernate”).

• Tutup Command Prompt, dan selesai. Sekarang Anda sudah membebaskan beberapa gigabyte.

Gunakan SD Card

Kebanyakan tablet disertai dengan slot kartu SD atau kartu microSD. Menggunakan slot ini untuk menyediakan penyimpanan tambahan tablet Anda adalah solusi yang murah dan mudah. Anda bisa dengan mudah mendapatkan kartu microSD di toko-toko elektronik dengan harga yang cukup terjangkau.

Apa sisi negatifnya? Kartu SD memang cepat merespon, namun masalahnya terletak pada waktu transfer file yang tidak secepat seperti yang bisa dikelola oleh drive internal. Anda tidak bisa memuat software dan file-file dengan kecepatan yang Anda harapkan. Anda mungkin kecewa bahwa Windows tablet yang Anda beli cukup mahal masih memiliki kartu SD yang lambat.

Namun, kebanyakan orang tidak membutuhkan akses cepat ke setiap file dan tidak ada cara yang lebih mudah untuk memecahkan krisis penyimpanan ini. Bahkan kabarnya, penyimpanan awan biasanya lebih mahal dan lebih lambat.

Gunakan Penyimpanan Awan

Yang satu ini jelas, meskipun tidak begitu cepat atau efisien dalam hal harga, penyimpanan awan bisa melengkapi ruang penyimpanan tablet yang terbatas dengan kerumitan yang minim. Microsoft sendiri menawarkan hingga 25GB penyimpanan gratis melalui akun SkyDrive dan beberapa perusahaan lain memiliki solusinya sendiri baik yang gratis maupun berbayar.

Upgrade Hard Drive Anda

Di masa lalu, meng-upgrade hard drive PC menjadi cara yang utama untuk mengatasi masalah ini. Siapapun bisa melakukannya dengan sedikit keberanian, obeng dan mulai bekerja. Melakukan hal ini pada laptop sangat mudah, karena biasanya hanya memiliki satu drive, dan dapat diakses dengan menyingkirkan panel plastik kecil.

Pengguna memang bisa membuka Microsoft Surface Pro, namun jika Anda melakukannya, ini berpotensi merusak perangkat Anda. Ini hanya bisa diakses menggunakan alat tertentu untuk melemahkan perekat antara layar dan casisnya. Jika Anda tidak memilikinya, sebaiknya serahkan pada orang-orang yang ahli, agar tidak merusak perangkat tersebut. Beberapa tablet yang dirilis di masa mendatang mungkin lebih mudah untuk di-upgrade.

Jika Anda berhasil membuka tablet Anda, entah bagaimana caranya, Anda akan membutuhkan pengganti SSD 1,8”, bukan drive 2,5”. Harus diingat, bahwa Anda akan hampir pasti membatalkan garansi dengan melakukan upgrade ini.

Kesimpulan

Jumlah penyimpanan yang tersedia dalam tablet saat ini ramping dan meng-upgrade hard drive pada umumnya bukanlah solusi yang praktis, namun pilihan-pilihan tips trik Windows ini setidaknya bisa membantu. Menonaktifkan fitur Windows yang tidak diinginkan dan hibernate bisa menyimpan dari 2 hingga 8 gigabyte ruang penyimpanan. Menyimpan data pada drive eksternal dan penyimpanan awan yang sudah banyak disediakan. Mengandalakan metode ini untuk memperluas penyimpanan pada tablet tidaklah ideal, karena drive internal akan selalu lebih cepat dan lebih nyaman. Namun ini akan membantu menyediakan ruang penyimpanan tambahan untuk hard drive Anda yang dan ini lebih bermanfaat. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel