4 Alasan Mengapa Nintendo Wii U Akan Gagal di Pasaran

11 Mar 2013 09:00 3272 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa bulan yang lalu Nintendo telah meluncurkan konsol video game terbarunya yang diberi nama Nintendo Wii U. Konsol yang menjadi penerus Nintendo Wii itu terkesan mencuri *start* karena dua pesaing utamanya yaitu Playstation dan Xbox masih malu-malu untuk memamerkan konsol terbarunya.

Beberapa bulan yang lalu Nintendo telah meluncurkan konsol video game terbarunya yang diberi nama Nintendo Wii U. Konsol yang menjadi penerus Nintendo Wii itu terkesan mencuri start karena dua pesaing utamanya yaitu Playstation dan Xbox masih malu-malu untuk memamerkan konsol terbarunya.

Karena baru saja diluncurkan, tentu kita tidak bisa langsung menilai apakah konsol ini akan sukses atau gagal. Maka dari itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas 4 prediksi yang akan membuat konsol terbaru Nintendo ini gagal di pasaran mengingat selama ini mereka selalu kalah populer dari konsol buatan Sony dan Microsoft.

Kuno dan Membosankan

Nintendo merupakan sebuah konsol yang selalu identik dengan karakter-karakter tertentu. Jika kita sedang berbicara Nintendo, pasti yang terbayang dibenak kita adalah game Mario Bross, Zelda, Samus Aran, dan lainnya. Hal tersebut memang menguntungkan karena bisa menciptakan brand awareness, sehingga jika ada orang yang ingin bermain game Zelda, maka ia harus memiliki Nintendo terlebih dahulu. Sayangnya, hal tersebut hanya akan berlaku jika game membawa sesuatu yang fresh dan baru untuk penggemarnya.

Yang menjadi masalah di sini adalah kebanyakan game-game tersebut hanya mengusung tema dan cerita lama dengan tambahan grafis dan kontrol yang baru. Hal ini tentu sangat merugikan untuk para konsumen jika mereka membeli Nintendo Wii U karena game yang mereka dapatkan adalah game yang pernah mereka mainkan di konsol Wii sebelumnya. Selain itu, game-game baru juga biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Sistem Kontrol Tablet

Salah satu hal baru yang ditawarkan oleh Wii U adalah kontroler baru yang berbentuk tablet. Tablet tersebut berfungsi layaknya konsol handheld yang tersinkronisasi dengan game apapun yang ada di layar televisi Anda. Tablet tersebut juga memiliki banyak elemen yang terdapat di Wii Remote plus fitur motion control.

Keputusan Nintendo untuk menggunakan kontroler baru ini mungkin didasari oleh popularitas iPad dan juga tablet Android yang cukup mem-booming. Namun untuk para gamer, rasanya kontroler tersebut tidak akan terlalu berguna. Pasalnya, Wii U sendiri sudah mempunyai Wii Remote yang jauh lebih baik dan lebih mudah digunakan daripada tablet ini.

Para Gamer Casual Tidak akan Tertarik

Seperti kita ketahui, semenjak diluncurkannya konsol Wii Nintendo telah menjadikan para gamer kasualnya sebagai target pasar tujuan mereka. Para gamer kasual ini biasanya hanya menjadikan Wii sebagai hiburan tambahan bersama keluarga yang mereka mainkan sekali atau dua kali dalam sebulan. Hal tersebut tentunya harus diperhatikan oleh Nintendo karena para gamer kasual tidak akan begitu tertarik dengan konsol baru apabila sesuatu yang ditawarkannya hanya itu-itu saja. Mungkin ceritanya akan berbeda jika target pasar Wii U ini adalah para gamer hardcore karena mereka pasti membeli konsol dan game apapaun yang baru diluncurkan.

Kebanyakan anggota keluarga Anda yang sudah memiliki Wii pastinya tidak akan terlalu antusias untuk membeli konsol Wii U terbaru ini. Rasanya tidak akan banyak juga antrian yang terjadi di depan toko game di saat peluncurannya. Mereka mungkin hanya akan membelinya jika ada uang lebih atau konsol Wii yang dimilikinya sekarang sudah rusak atau sudah membosankan. Mungkin Nintendo harus lebih banyak memperhatikan tentang hal ini.

Karena dibuat oleh Nintendo

Alasan yang terakhir ini mungkinnakan sedikit membuat Anda mengernyitkan dahi. Ya, salah satu yang akan menjegal kesuksesan konsol Nintendo Wii U ini adalah karena merek Nintendo itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, Nintendo merupakan perusahaan game yang sering dianggap sebelah mata karena konsol-konsol yang mereka ciptakan biasanya kurang begitu laris di pasaran. Walaupun beberapa tahun yang lalu Wii sukses membuat kagum para pecinta game konsol, namun sebelum itu Nintendo selalu gagal dalam menciptakan konsol yang berkualitas. Terakhir kai Nintendo berhasil menguasai pasaran adalah ketika jamannya konsol SNES dan Super Famicom.

Para perusahaan game biasanya jarang mengalamai kesuksesan secara berturut-turut. Maka dari itu, kesuksesan Wii U ini juga pastinya akan dipengaruhi oleh konsol baru yang akan dikeluarkan oleh Sony dan Micrososft. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel