Empat Alasan Yang Menjadikan Teknologi Microsoft Gagal di Tahun 2013

8 Mar 2013 21:30 2946 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft telah bekerja sangat keras untuk menyambut tahun 2013 setelah mengalami serangkaian kegagalan di taun 2012. Kegagalan yang paling mencolok tentu saja terdapat di penjualan Windows 8 yang kalah dibandingkan dengan produk gagal Windows Vista sekalipun.

Microsoft telah bekerja sangat keras untuk menyambut tahun 2013 setelah mengalami serangkaian kegagalan di taun 2012. Kegagalan yang paling mencolok tentu saja terdapat di penjualan Windows 8 yang kalah dibandingkan dengan produk gagal Windows Vista sekalipun. Oleh karena itu, Microsoft tampak bekerja sangat keras untuk berbagai teknologinya di tahun 2013 ini, termasuk pengembangan dari Wndows RT dan juga tablet surface.

Namun, banyak pihak yang justru meragukan usaha dari Microsoft tersebut akan mencapai kesuksesan. Selain karena produk Windows Phone mereka tidak juga mampu menggoyahkan dominasi iOS dan Android, produk-produk yang lain juga tampaknya masih angin-anginan untuk bisa menggebrak dunia teknologi.

Oleh karena itu pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas 4 alasan yang akan menghambat kesuksesan teknologi Microsoft di tahun 2013 ini. Apa sajakah faktornya? Simak ulasan Plimbi berikut ini.

Microsoft Surface

Produk pertama yang jelas akan menghadapi masa depan yang tidak menentu adalah tablet Surface. Sangat buruknya kualitas dari perangkat yang memiliki sistem operasi Window khusus ARM ini membuatnya harus tersisih dari persaingan di pasar tablet. Aplikasi untuk sistem operasi Windows RT ini juga masih sangat sedikit sehingga kalah jauh jika dibandingkan dengan aplikasi pada Android dan iOS yang selalu bertambah setiap harinya.

Tablet Surface RT ini juga secara mengejutkan harus bersaing dengan saudaranya sendiri yaitu Surface Pro yang dapat berjalan pada prosesor berbasis x86 dan x64. Surface Pro juga mampu menjalankan Windows 8 sehingga banyak aplikasi dan game desktop yang akan berjalan di dalamnya. Microsoft sendiri sudah menyatakan jika buruknya penjualan Surface RT ini dipengaruhi oleh konsumen yang menunggu diluncurkannya tablet Surface Pro.

Surface Pro & Windows 8

Jika sebelumnya kita menyinggung bahwa tablet Surface Pro menjadi batu sandungan untuk tablet Surface, namun ternyata tablet Surface Pro ini juga akan menjadi produk Microsoft yang tidak akan menemukan kesuksesan. Walaupun dibekali dengan Windows 8, namun dengan harga yang lebih dari $1000 membuat tablet ini akan dijauhi oleh para pecinta gadget.

Harga sejumlah itu tentunya sangatlah merugikan, pasalnya dengan harga seperti itu kita bisa mendapatkan sebuah laptop dengan resolusi layar yang lebih tinggi, keyboard yang lebih bagus, dan juga komponen-komponen internal yang jauh lebih baik. Sehingga sangat aneh jika ada orang yang membeli tablet tersebut dibanding dengan Macbook Air, Intel Ultrabook, atau Asus Zenbook yang memiliki harga relatif sama.

Selain masalah Surface Pro, Windows 8 juga merupakan sebuah masalah besar bagi Microsoft sehingga mereka berencana untuk merilis sebuah sistem operasi penggantinya yang diberi nama Windows Blue. Sistem operasi tersebut rencananya akan dirilis pada akhir tahun 2013 ini. Oleh karena itu, jika komputer Anda masih bersistem operasi Windows 7, maka besar kemungkinan Anda akan langsung berpindah ke Windows Blue tanpa mencoba Windows 8 terlebih dahulu.

Windows Phone

Banyak perdebatan mengenai kesuksesan atau kegagalan dari Windows Phone. Namun bukan rahasia lagi jika Windows Phone ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Android dan iOS. Walaupun memiliki tampilan yang menjanjikan ketika diluncurkan dan juga sekarang sudah memiliki puluhan ribu aplikasi, namun masih jarang perusahaan yang mau membuat ponsel berbasis Windwos Phone ini. Tercatat, saat ini hanya ada Nokia, Samsung, dan HTC yang merupakan perusahaan besar yang sudah mengeluarkan ponsel Windows Phone.

Windows sebenarnya bisa sukses asalkan banyak perusahaan yang memproduksi karena hal tersebutlah yang menjadi factor utama dari kesuksesan Android. Namun untuk tahun ini rasanya hal tersebut masih jauh dari kenyataan.

Xbox

Nintendo telah meluncurkan konsol game terbarunya yang diberi nama Wii U pada akhir tahun 2012 yang lalu. Sony juga telah memperlihatkan gambar serta spesifikasi dari Playstation 4 yang akan dirilis tahun ini. Sayangnya, Microsoft terkesan kalah langkah karena hingga saat ini belum ada pernyataan resmi mengenai konsol terbaru penerus Xbox. Padahal seperti kita ketahui Xbox merupakan salah satu produk unggulan Microsoft yang diyakini akan mampu mengangkat perusahaan ini dari keterpurukan.

Walaupun Xbox memiliki banyak penggemar setia, namun bukan tidak mungkin para penggemarnya tersebut akan dibajak oleh Playstation 4 dan Wii U yang telah lebih dulu hadir ke pasaran. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel