Tips & Trik Handphone: Mengubah iPod Touch Menjadi iPhone (part-3)

23 Dec 2011 11:00 7344 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda hanya menggunakan iPod touch Anda sebagai telepon rumah, jaringan WiFi di rumah Anda sudah benar-benar cukup untuk menangani semua kegiatan telepon dan SMS. Namun jika Anda ingin menggunakan iPod touch Anda sebagai *mobile* telepon untuk digunakan dimana saja, dan itulah tujuan tips & trik *handphone* ini karena berusaha membuatnya menjadi iPhone, Anda hanya memiliki dua pilihan.

Artikel ini adalah kelanjutan dari pembahasan Tips & Trik Handphone di dua artikel sebelumnya (Anda bisa melihatnya di sini dan di sini). Berikt adalah kelanjutan dari pembahasan tersebut:

Mendapatkan Koneksi Konstan layaknya iPhone

Jika Anda hanya menggunakan iPod touch Anda sebagai telepon rumah, jaringan WiFi di rumah Anda sudah benar-benar cukup untuk menangani semua kegiatan telepon dan SMS. Namun jika Anda ingin menggunakan iPod touch Anda sebagai mobile telepon untuk digunakan dimana saja, dan itulah tujuan tips & trik handphone ini karena berusaha membuatnya menjadi iPhone, Anda hanya memiliki dua pilihan.

Yang pertama adalah memanfaatkan jaringan WiFi umum. Pilihan pertama ini bukanlah pilihan yang bagus. Memang saat ini cukup banyak jaringan WiFi umum yang tersedia, seperti di perkantoran, mall, cafe, dan lain-lain. Namun jika menggunakan cara ini, meskipun memang intinya di luar rumah, namun Anda harus tetap tinggal di satu tempat agar tetap bisa online, konsep mobile tidak terpenuhi dengan cara ini.

Cara kedua adalah menggunakan layanan data internet dan sebuah Modem WiFi sebagai mobile hotspot. Memang cara kedua ini juga bukan cara yang praktis, namun diantara dua cara yang tersedia, cara ini yang paling masuk akal untuk tips & trik handphone mengubah iPod Touch menjadi iPhone.

Perbandingan dengan iPhone sebenarnya

Penerapan tips & trik handphone ini apabila dibandingkan dengan iPhone adalah: Dari sudut pandang praktis, tentu iPhone lebih praktis daripada dua perangkat, iPod Touch dan Modem WiFi. Dari segi berlangganan layanan data internet, harga akan sama saja antara menggunakan iPhone atau modem WiFi.

Namun dari segi harga hardware, perbedaan antara penerapan tips & trik handphone ini dengan iPhone sebenarnya akan terlihat cukup mencolok. iPhone 4 yang di-bundling oleh Telkomsel tersedia dengan harga paling murah Rp 5.999.000 dengan kapasitas 16GB, sementara 32GB seharga Rp. 6.999.000.

Sedangkan iPod Touch memiliki harga paling murah Rp. 2.499.000 dengan kapasitas 8GB, dan 32GB tersedia seharga 3.799.000. Harga modem WiFi bisa kita ambil contoh Smartfren Modem Router MIFI AC30 yang dibanderol seharga Rp. 899.000 (sebenarnya Smartfren juga memiliki produk lain Smartfren Modem Router RE251 dengan harga yang lebih murah, Rp. 699.000. Namun produk ini tidak mendukung baterai dan harus dicolokkan ke listrik).

Jadi contoh, Anda mengambil iPhone harga paling murah Rp. 5.999.000 dibandingkan dengan iPod Touch paling murah+modem WiFi dengan harga total Rp. 3.398.000, akan memiliki selisih harga sebesar Rp. 2.601.000. perbandingan yang cukup besar bukan.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Ada tiga hal lain yang perlu diperhatikan dalam menerapkan tips & trik handphone untuk menjadikan iPod Touch menjadi iPhone ini: bagaimana performa layanan data internet, battery life, dan praktis "pas di saku."Â

iPhone tidak seperti BlackBerry yang memiliki layanan jaringan internet special sendiri, BIS (BlackBerry Internet Service) atau BES (BlackBerry Enterprise Service). Jadi jaringan internet antara iPhone dan iPod Touch menggunakan modem WiFi bisa dibilang sama, hanya tergantung pada layanan operator ponsel dan kualitas modem WiFi yang Anda gunakan.

Dari sisi Battery life mungkin Anda akan menghadapi sedikit masalah. iPod Touch dan iPhone memiliki performa baterai yang sama, tetapi modem WiFi tidak. Contoh Smartfren Modem Router MIFI AC30 diklaim hanya mampu bertahan 4 hingga 5 jam saja.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dari sudut pandang praktis, tips & trik handphone ini masih kurang. Anda harus membawa dan mencharge dua perangkat, iPod Touch dan Modem WiFi. iPhone bisa pas disaku Anda, sedangkan iPod Touch dan Modem WiFi (menggunakan contoh Smartfren Modem Router MIFI AC30) sebenarnya juga pas di saku. Namun karena baterai yang hanya bertahan 4 hingga 5 jam, Anda harus membawa tas ekstra untuk membawa modem WiFi+charger.

Kelanjutan artikel tersebut, klik di sini

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel