Tips & Trick Cara Search Google Agar Lebih Efektif

15 Dec 2011 17:00 7951 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Google search memang telah menawarkan kemudahan dalam pencarian suatu situs atau konten berdasarkan kata kunci, Anda tinggal mengetikkan suatu kata, frase, atau kalimat, Tahukah Anda terdapat cara search google lebih efektif, lebih cepat, dan lebih tepat menampilkan hasil sesuai yang Anda cari?

Tahukah Anda terdapat cara search google lebih efektif, lebih cepat, dan lebih tepat menampilkan hasil sesuai yang Anda cari? Google search memang telah menawarkan kemudahan dalam pencarian suatu situs atau konten berdasarkan kata kunci, Anda tinggal mengetikkan suatu kata, frase, atau kalimat, dan voila, Google memberikan hasil dari kata kunci tersebut.

Tetapi tidak jarang pengguna tidak menemukan konten sesuai dengan apa yang ia cari. Apalagi apabila Anda mencari suatu konten yang cukup "unik," seperti bahan kuliah atau bahan skripsi.

Anda akan sering dihadapkan pada situasi mencari "mencari jarum di tumpukan jerami."

Karena kendala yang sering dihadapi seperti kasus diatas, berikut Paseban hadirkan cara *search* google agar lebih efektif.

Pemahaman tentang seluk beluk cara search Google masih kurang dipahami, berbanding terbalik dengan dimana kegiatan akademis saat ini banyak yang memanfaatkan Google Search.

Oleh karena itu Paseban menghadirkan trik atau shortcut khusus bagi Anda pelajar dan mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan masyarakat umum pun bisa menggunakan cara *search* google ini.

Cara *search* google pertama dan merupakan trik paling sederhana namun masih jarang diketahui adalah menentukan kapan Anda menggunakan Google Search biasa dan kapan menggunakan Google Scholar/Google Cendekia di sini atau di sini / atau di sini yang *notabene* merupakan database khusus untuk bidang akademis yang umumnya konten berbentuk jurnal.

Bahkan mungkin beberapa pengguna belum mengetahui Google Scholar/Google Cendekia ini ada.

Cara *search* Google selanjutnya adalah menggunakan sintaksis khusus yang didukung oleh Google Search: Sintaksis 1

1. Site: hanya mencari pada satu situs tertentu

2. mencari berdasarkan kata kunci frase, bukan per kata terpisah

3. tidak memasukkan kata kunci tertentu dalam hasil pencarian

4. juga akan mencari kata lain yang terkait

5. menampilkan hasil hanya dalam range waktu tertentu > Contoh: site:nytimes.com ~colege "test score" -SATs 2008..2010 Sintaksis 2

1. filetype: Hanya mencari format file yang Anda kehendaki. Berfungsi untuk format pdf, doc, jpg, dan lain-lain.

2. intitle: hanya menunjukkan hasil yang judulnya mengandung kata kunci yang Anda kehendaki

3. \* Menggantikan kata yang Anda ketikkan dengan istilah yang lebih umum > Contoh: filetype:pdf air speed intitle:velocity of *swallow Cara *search* Google berikut ini menggunakan sintaksis khusus yang didukung oleh Google Scholar/Google Cendekia:

1. author: sintaksis ini akan menampilkan konten dengan penulis green, daripada menampilkan hasil konten yang mengandung kata green

2. untuk hasil yang lebih spesifik, Anda bisa menginput nama lengkap atau nickname penulis

3. Kata kunci normal seperti pada Google Search > Contoh: author:green photosynthesis "tp buttz" Trik lain dalam cara search google yang bisa Anda gunakan:

- Definisi: sangat efektif untuk mencari definisi suatu kata. Cukup ketikan define: sebelum kata yang ingin Anda definisikan. > Contoh: define:angary - Kalkulator: Google juga mempunyai kalkulator yang terintegrasi pada Google Search. Ketikkan angka dan lambang +(penambah), -(pengurang), *(perkalian), atau/dan /(pembagian). > Contoh:

(2*3)/5+44-1 - Unit Converter: converter satuan juga bisa Anda dapatkan dengan melalui aplikasi kalkulator Google yang sama. Ketikkan langsung angka dan satuan yang ingin Anda konversi

. Menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memberikan hasil yang sama pada Google Search. > Contoh: 54 pounds in kilogram/54 pon ke kilogram *That's it!* Silakan Anda coba cara search Google ini, dan semoga membantu kegiatan akademis Anda

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel