Ketahui Fitur-Fitur Tersembunyi pada iOS 5

12 Dec 2011 18:00 4606 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda semua tahu iPhone, iPad, atau iPod memiliki sedikit keterbatasan tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan, salah satu kekurangan jika dibandingkan Android. Memang internal storage perangkat iOS 5 umumnya sudah sangat mumpuni, iPhone 4S memiliki *internal storage* hingga 64GB.

Anda semua tahu iPhone, iPad, atau iPod memiliki sedikit keterbatasan tidak memiliki slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan, salah satu kekurangan jika dibandingkan Android.

Memang internal storage perangkat iOS 5 ("Ketahui Fitur-Fitur Tersembunyi pada iOS 5") umumnya sudah sangat mumpuni, iPhone 4S ("Adu Dua Smartphone Android vs iPhone - Samsung Galaxy Nexus vs Apple iPhone 4S") memiliki *internal storage* hingga 64GB.

Meskipun dengan *internal storage* sebesar itu, seiring dengan waktu, beberapa dari Anda pasti mengalami kondisi di mana *internal storage* perangkat iOS 5 Anda habis untuk menyimpan berbagai macam data. Apabila data yang menghabiskan adalah *file-file* dokumen, audio, video, dan lain-lain, solusi terbaik saat ini adalah menggunakan layanan Cloud sebagai alternatif media penyimpanan.

Tapi bagaimana apabila data yang menghabiskan internal storage perangkat iOS 5 ("Ketahui Fitur-Fitur Tersembunyi pada iOS 5") Anda adalah karena terlalu banyak aplikasi yang ter-*install*? Untuk situasi seperti ini satu-satunya cara adalah dengan melakukan "diet" aplikasi.

Memang melalui iTunes ("Manage Ratusan Aplikasi iPad 2 dengan iTunes") Anda bisa melihat seberapa besar kapasitas yang Anda gunakan untuk aplikasi, koleksi mp3, dan lain-lain, tetapi iTunes tidak memberikan informasi secara spesifik dari kapasitas yang digunakan masing-masing aplikasi untuk memilih aplikasi mana yang ingin Anda kurangi.

Mobile OS terbaru Apple, iOS 5, melihat kekurangan ini dan menutupi kekurangan iTunes tersebut. iOS 5 dilengkapi dengan banyak fitur ("Cara Mendapatkan Fitur Terbaru iOS 5 pada Android ") baru, dan salah satunya adalah fitur yang cukup tersembunyi dengan fungsi melihat aplikasi mana yang banyak memakan memory Anda ini. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Akses aplikasi *"Settings"* pada *homescreen*

2. Tap General

3. Tap Usage

4. Tunggu beberapa detik untuk sistem melakukan *loading* statistik semua aplikasi yang ada di iPhone Anda. Setelah proses loading selesai, selanjutnya Anda bisa melihat berapa kapasitas *internal storage* yang digunakan oleh masing-masing aplikasi.

5. Tap salah satu aplikasi untuk menampilkan informasi lebih detail. Di sini Anda juga bisa langsung menghapus *file* tersebut dengan tap tombol merah yang tersedia. Berikut video langkah-langkah mengakses fitur iOS 5 yang dijelaskan di atas [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel