Cara Menyembunyikan & Mengunci Aplikasi Pada Ponsel Symbian

25 Feb 2013 10:00 3846 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk dapat melakukan cara mengunci dan menyembunyikan aplikasi, tidak hanya dapat dilakukan pada ponsel Android dan iPhone saja. Kini pengguna Symbian pun dapat melakukannya dengan mendownload aplikasinya di Ovie Store. Berikut tips triknya.

Sebuah aplikasi pada ponsel memang untuk digunakan, jadi mereka mendownload kemudian menginstalnya untuk menjalankan aplikasi tersebut. Tetapi, ada sebuah aplikasi yang hanya diperuntuhkan bagi pemiliknya sendiri, artinya orang lain tidak akan dapat menjalankan aplikasi tersebut. Satu-satunya orang yang hanya dapat menjalankan aplikasi tersebut adalah Anda sendiri sebagai pemilik ponsel. Jadi, aplikasi tersebut secara otomatis dikunci sehingga tidak dapat dijalankan oleh yang lainnya. Kini, cara menyembunyikan aplikasi dapat digunakan oleh pengguna ponsel Symbian, penasaran? Berikut reviewnya.

AppHider

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk cara menyembunyikan aplikasi adalah AppHider. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan dapat menyembunyikan aplikasi yang hanya dapat dibuka sendiri. Aplikasi AppHider ini dapat Anda dapatkan di Ovi Store, karena begitu pentingnya menyembunyikan aplikasi maka AppHider ini merupakan aplikasi yang berbayar yang dibanderol dengan harga Rp 5 ribu.

Aplikasi ini memang tidak terlihat pada tampilan menu, tetapi AppHider ini tidak dilengkapi dengan password, sehingga bagi mereka yang sudah mengetahui tempatnya aplikasi dapat dibuka. Itulah yang menjadi salah satu kekurangan yang ada pada aplikasi ini. untuk menggunakan aplikasi ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload dan menginstalnya pada perangkat ponsel Anda. Setelah itu, Anda jalankan aplikasi ini melalui Start Menu.

Cara menjalankannya pun juga sangat mudah yaitu dengan cara memilih Switch. Posisi dari switch ini berada di sebelah kanan aplikasi, jadi setelah aplikasi ini Anda install maka seluruh aplikasi akan terdapat switch. Untuk menyembunyikannya, Anda cukup memilih Switch tadi sampai warnanya berubah menjadi abu-abu. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat langsung masuk ke Start Menu dan hasilnya aplikasi tersebut tidak akan dapat tampil di dalamnya.

Mr. Applock

Aplikasi ini juga sama dengan AppHider yaitu bisa didapatkan di Ovi Store. Jika kesulitan mencarinya, Anda dapat langsung mengunjungi situs resmi Ovi Store, lalu ketikkan Applock pada menu search yang ada di bagian kanan atas. Pada situs tersebut terdapat dua macam Applock yaitu versi full dan juga versi lite. Pada versi gratis Anda dapat langsung mendownload dan juga tidak dikenakan biaya apapun di sini, sedangkan untuk versi full Anda harus membayar uang Rp 5 ribu untuk mendownloadnya. Jika Anda ingin mendapatkan berbagai fitur yang lebih banyak, Anda dapat memilih yang versi full saja dengan mendownloadnya di sini.

Aplikasi ini memang berbeda dengan appHider, perbedaan tersebut terletak pada penggunaan PIN pada saat membuka aplikasi. Tentu hal ini akan sangat menuntungkan dan lebih aman. Untuk menjalankannya, Anda harus mendownload dan menginstallnya terlebih dahulu, lalu jalankan aplikasi dengan cara memilih Lauch.

Pada saat pertama kali menjalankan aplikasi ini maka akan langsung diminta untuk melakukan pengaturan PIN, pilih Yes untuk menyetujuinya. Lalu masukkan PIN yang diinginkan, gunakan PIN yang susah ditebak oleh orang lain dengan menggunakan kombinasi huruf, angka dan yang lainnya. Kemudian masukkan kembali PIN yang sama, jadi Anda memasukkan PIN ini sebanyak dua kali. Lalu, Anda akan diberikan suatu perintah apakah aplikasi tersebut akan dapat dijalankan secara otomatis pada saat ponsel dinyalakan? Jika setuju maka pilih Yes, namun jika tidak Anda dapat memilih No.

Pilih aplikasi yang ingin dikunci. Untuk mengetahui aplikasi tersebut sudah dikunci atau belum dapat dilihat pada bagian kanan aplikasi. Jika pada bagian kanannya terdapat gambar gembok maka aplikasi tersebut sudah di pastikan aplikasi tersebut terkunci. Dengan menggunakan salah satu aplikasi untuk symbian ini Anda dapat mengganti PIN, selain itu juga Anda dapat mengunci aplikasi sekaligus.

Dari sekian aplikasi yang ada, Anda dapat memilih mana aplikasi yang tepat untuk digunakan. Dua aplikasi untuk Symbian tersebut juga memiliki kekurangan dan juga kelebihan, maka dari itu Anda dapat memilih salah satu aplikasi mana yang akan Anda gunakan. [TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel