Tips Memperbaiki Browser Internet Explorer

1 Dec 2011 15:30 19998 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pengguna PC yang menggunakan *browser* Internet Explorer mungkin mengalami situasi di mana mereka perlu untuk memperbaiki Internet Explorer-nya. *Browser* mungkin dirasa lambat, menampilkan pesan *error*, *crash* atau mungkin tidak bisa di *start* sama sekali.

Internet Explorer merupakan bagian penting dari sistem operasi Microsoft Windows. Ini biasanya adalah browser pertama yang ada dan bahkan jika pengguna beralih ke browser pihak ketiga, Internet Explorer tetap diinstal pada sistem komputer mereka. Beberapa aplikasi pihak ketiga menggunakan mesin rendering browser Internet Explorer untuk menampilkan isi web di interface mereka yang berarti bahwa itu adalah penting untuk menjaga Internet Explorer up to date untuk menghindari masalah keamanan dan kinerja browser.

Pengguna PC yang menggunakan browser Internet Explorer mungkin mengalami situasi di mana mereka perlu untuk memperbaiki Internet Explorer-nya. Browser mungkin dirasa lambat, menampilkan pesan error, crash atau mungkin tidak bisa di start sama sekali.

Tips Plimbi kali ini mungkin dapat membantu pengguna yang ingin memperbaiki browser Internet Explorer mereka, khususnya Internet Explorer 8. Tetapi tips ini juga berlaku untuk versi Internet Explorer sebelumnya.

Untuk memperbaiki masalah pada browser Internet Explorer, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk mencatat masalahnya seperti apa. Apakah browser tidak muncul? Apakah crash? Apakah itu menampilkan pesan error? Apakah itu lambat?

Jika sudah, maka Anda dapat mengikuti tips-tips berikut;

Cek Adanya Software Berbahaya

Disarankan untuk memulai dengan melakukan scan menyeluruh dari sistem komputer untuk memeriksa adanya software berbahaya. Anda dapat menggunakan antivirus seperti Dr. Web, Avast atau AVG.
Pastikan Anda melakukan sistem scan lengkap dan membersihkan semua virus, trojan dan software berbahaya lainnya dari sistem.

Konfigurasi program keamanan yang tidak benar dapat memperlambat Internet Explorer, dan mem-blok itu dari mengakses isi web atau mungkin menjadi penyebab tampilnya pesan error.

Ada cara lain yang sebenarnya tidak disarankan, yakni menonaktifkan software keamanan dan kemudian melakukan tes browser Internet Explorer sesudahnya. Jika ternyata Anda dapat mengakses Internet Explorer dengan lancar maka bisa jadi software tersebut adalah pelakunya. Ini membuat Anda perlu mengkonfigurasi software agar kompatibel dengan browser IE Anda.

Cek Internet Explorer Toolbar dan Add-Ons.

Microsoft menemukan bahwa pengguna Internet Explorer menjalankan rata-rata lima hingga add-ons. Hal ini dapat dikaitkan dengan instalasi software yang sering menawarkan untuk menginstal toolbar dan plugin browser

Jika Anda masih dapat membuka Internet Explorer, maka coba cek setting add-ons dan toolbar yang ada.

Untuk mengatur Internet Explorer add-ons:

Silahkan akses Tools > kemudian pilih Manage Add-ons pada browser IE Anda. Ini akan menampilkan jendela program baru yang berisi daftar semua yang add-ons yang telah diinstal di browser Anda.

Add-ons akan dikategorikan menurut jenisnya di sidebar kiri. Toolbar dan extension adalah kategori yang ditampilkan secara default. Coba lihat add-ons dalam daftar. Anda dapat menonaktifkan add-ons dengan mengklik kanan pada mereka dan memilih menonaktifkanya dari menu konteks atau memilihnya dan klik pada tombol Disable di sudut kanan bawah layar.

Untuk memperbaiki masalah pada Internet Explorer Anda dapat coba untuk menonaktifkan semua add-ons dan melihat apakah hal ini dapat membantu memecahkan masalah. Jika tidak, Anda dapat kembali ke jendela tersebut dan secara bertahap mengaktifkan add-ons lagi satu per satu sampai Anda menemukan add-ons yang bermasalah.

Anda juga dapat memulai Internet Explorer dengan semua add-ons dalam keadaan non-aktif:
Caranya klik tombol Start > klik All Programs > klik Accessories > klik System Tools > kemudian klik Internet Explorer (No Add-ons).

Update Internet Explorer

Anda mungkin menjalankan versi lama dari Internet Explorer. Jika Anda menjalankan Internet Explorer 6 atau Internet Explorer 7, Anda dapat mempertimbangkan untuk upgrade ke Internet Explorer 8 untuk melihat apakah ini menyelesaikan masalah. Internet Explorer 8 dapat di-download langsung dari Microsoft.

Reset Internet Explorer Setting

Mengatur ulang pengaturan Internet Explorer dapat bekerja untuk memperbaiki masalah juga. Anda tidak perlu IE yang terbuka untuk ini. Jika Anda menggunakan Windows 7 maka cukup buka Control Panel dengan mengklik pada bola start di sudut kiri bawah lalu pilih Control Panel pada menu start.

Sekarang klik pada Network and Internet dan kemudian pilih Internet Options untuk membukanya. Menu ini juga dapat digunakan untuk mengelola browser add-ons Internet Explorer.

Mengklik pada Internet Options akan membuka jendela baru. Beralih ke tab Advanced dan tekan tombol Reset di bagian bawah layar untuk me-reset semua pengaturan Internet Explorer untuk kembali ke kondisi default.

Jika tips di atas tidak menyelesaikan masalah Anda pada browser Internet Explorer, maka Anda dapat mengunjungi situs Microsoft untuk informasi lebih lanjut klik link ini. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel