Cara Merubah Tampilan Website Dengan Add-On Mozilla Greasmonkey

21 Feb 2013 12:00 10100 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Peramban web Mozilla Fireforx memang banyak menyediakan berbagai macam add-on yang memiliki kegunaan masing-masing.

Peramban web Mozilla Fireforx memang banyak menyediakan berbagai macam add-on yang memiliki kegunaan masing-masing. Dari beberapa add-on Mozilla, DownloadHelper adalah salah satu yang paling banyak digunakan karena terdapat fitur untuk melakukan download dengan cara mudah. Dan pada artikel kali ini, Plimbi memberi tips cara merubah tampilan website melalui sebuah add-on Mozilla bernama Greasmonkey. Add-on ini pertama kali dirilis pada 28 Maret 2005, meskipun proyek pengerjaannya sudah dilakukan sejak 28 November 2004.

Perlu Anda ketahui Greasmonkey dapat bekerja dengan menggunakan javascript dan add-on Greasmonkey ini hampir mirip dengan Stylish, salah satu addon mozilla lain. Perubahan yang dibuat pada halaman web dilakukan setiap kali halaman ditampilkan, ini membuat perubahan yang efektif dan permanen bagi pengguna dengan menjalankan script. Bagi Anda yang belum tahu, script adalah sebuah bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas-fasilitas penerjemahan dengan disertai kompilasi kode dalam satu rangkaian proses yang dilakukan secara integratif. Dengan script akan memungkinkan kode yang dibuat bisa langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.

Fungsi-fungsi utama dari Greasmonkey diantaranya adalah dapat digunakan untuk mengubah tampilan sebuah halaman web, menambahkan fungsi baru ke halaman web, contohnya Anda bisa melakukan tambahan perbandingan harga dalam situs belanja online, memperbaiki bug rendering, menggabungkan data yang berasal dari beberapa halaman web, serta untuk keperluan lainnya. Jadi, bisa dikatakan Greasmonkey adalah add-on Mozilla yang serba guna, namun tidak rumit dipakai.

Script pada add-on Greasmonkey memungkinkan pengguna menulis dalam JavaScript untuk merubah isi dari suatu halaman web denganmenggunakan interface Document Object Model. Pada tulisan kode umumnya ditulis untuk perbaikan page-specific maupun domain-specific. Ini berlaku untuk semua halaman dalam sebuah domain. Selain itu, dalam situs userscripts.org tersedia sebuah database dari script Greasmonkey, dan untuk masing-masing berisi berbagai daftar URL dari halaman web yang berhubungan dengan skrip. Pengguna add-on Greasmonkey juga dapat menulis atau lebih instan mengunduh berbagai script tersebut dan menyimpannya ke memori penyimpanan.

Sayangnya, banyak pengguna Greasmonkey tidak tahu bahwa ada banyak script yang bisa didapatkan di userscripts.org. jadi, Kebanyakan script Greasmonkey ditulis sendiri oleh penggunanya dengan kode Javascript yang spesifik untuk merubah tampilan serta konten sebuah web. Sampai saat ini memang belum banyak buku-buku, E-book atau tutorial yang beredar bebas tentang bagaimana cara membuat script serta untuk memberdayakan Greasmonkey secara khusus. Setidaknya, hanya ada satu buku yang diluncurkan oleh CyberCiti.biz, yakni "Dive Into Greasmonkey” (Menyelami Greasmonkey) yang secara lugas mengulas tentang add-on Greasmonkey, diantaranya adalah cara bagaimana menggunakan, bagaimana memberdayakan serta bagaimana menulis berbagai script pada add-on Greasmonkey sendiri.

Bagi Anda pengguna Mozilla Fireforx, bisa mendapatkan add-on Greasmonkey silahkan klik di sini untuk menginstalnya.

Versi yang tersedia adalah 1.7.1 yang dirancang oleh Anthony Lieuallen, Aaron Boodman dan Johan Soundstrom. Pengunduhan dan proses instalasi tidak memakan waktu yang lama, seperti pemasangan add-on DownloadHelper. Add-on Greasmonkey saat ini sudah di unduh oleh sebanyak 2 juta lebih pengguna Mozilla. Pada situs resminya, tidak tertulis mengenai requires yang dibutuhkan, karena ini hanyalah sebuah add-on dengan ukuran kecil dan bisa dipasang diberbagai sistem operasi.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa sekaligus menginstal script pada userscripts, dan selanjutnya pastikan script berjalan dengan baik.

Biasanya Greasmonkey digunakan untuk membuat emoticon baru pada jejaring sosial Facebook, Facebook Fixer membuat gambar profil serta foto menjad lebih besar, untuk menambahkan berbagai skema warna, menggantikan Facebook favorit-ikon dan lain-lain. Sayangnya, saat ini add-on Greasmonkey juga banyak disalahgunakan oleh penggunanya, salah satunya yang populer adalah untuk melakukan Auto like pembaruan berita di Facebook (AutoLike Bomb). Ini adalah trik yang secara otomatis akun Anda akan melakukan like (suka) status Facebook pada orang lain, bahkan juga bisa berlaku untuk otomatis like (suka) komentar. Bagi pengguna Facebook lain, hal seperti ini justru sangat mengganggu dan bisa dikatakan usil karena banyaknya notifikasi yang diterima.[ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel