Inilah Pengaruh Handphone Terhadap Siswa

25 Nov 2011 15:00 15457 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Selain dengan buku-buku dan perlengkapan sekolah mereka, banyak siswa yang melakukan perjalanan sehari-hari ke sekolah dengan telepon selular kesayangan mereka. Perangkat berukuran saku ini bisa melakukan apa saja dari membuat panggilan telepon standar hingga *surfing web*. Kehadiran *handphone* menyajikan sejumlah pilihan dan tantangan bagi siswa saat ini.

Selain dengan buku-buku dan perlengkapan sekolah mereka, banyak siswa yang melakukan perjalanan sehari-hari ke sekolah dengan telepon selular kesayangan mereka. Perangkat berukuran saku ini bisa melakukan apa saja dari membuat panggilan telepon standar hingga surfing web. Kehadiran handphone menyajikan sejumlah pilihan dan tantangan bagi siswa saat ini. Handphone dapat menjadi alat akademik yang membantu, atau sebaliknya, menjadi penyakit alias gangguan akademik, tergantung pada sikap dan pola penggunaan dari siswa pemilik handphone itu sendiri. Ya, memang ada indikasi pengaruh handphone terhadap siswa baik dampak yang negative maupun positif.

Berikut adalah beberapa pengaruh handphone terhadap siswa yang perlu Anda ketahui.

Pemberi Rasa Nyaman

Handphone memang perangkat yang membuat nyaman. Karena handphone, siswa tidak perlu mencari telepon umum atau bertanya-tanya tentang lokasi teman. Alat komunikasi ini ada di mana-mana memungkinkan siswa untuk mencapai rekan-rekan mereka dan orang tua mereka langsung.

Ketersediaan Teknologi Yang Lebih Baik

Mengambil foto dan surfing internet merupakan fitur yang tersedia pada kebanyakan handphone sekarang ini. Salah satu pengaruh handphone terhadap siswa adalah dalam hal mencari informasi. Fitur yang tersedia di handphone dapat membantu siswa dalam mengumpulkan informasi yang mereka butuhkan untuk sekolah atau hanya sekedar mengakses email mereka atau website sekolah. Siswa mendapatkan keuntungan dari ketersediaan teknologi ini karena memungkinkan mereka untuk menciptakan produk akademik yang lebih dipoles dengan sedikit usaha daripada sebelum tersedianya handphone.

Peningkatan Keamanan Pribadi

Pengaruh handphone terhadap siswa juga berdampak baik dalam hal keamanan. Banyak orang tua berpendapat bahwa handphone membuat siswa aman. Kehadiran handphone memastikan bahwa siswa dapat menghubungi orang tua atau personil darurat dalam keadaan tak terduga.

Tidak Fokus Belajar

Keluh kesah terbesar para guru dalam hal handphone adalah bahwa mereka menyebabkan gangguan dari perilaku siswa dan tugas. Mengirim teks ke teman adalah pengalihan yang lebih menggoda banyak siswa dari pada mendengarkan ceramah atau menyelesaikan tugas kelas. Jika tidak di nonaktifkan, handphone dapat berdering selama kelas berlangsung, menarik perhatian semua orang menjauh dari pelajaran dan mengganggu aliran belajar. Banyak guru khawatir bahwa ini akan berdampak negatif pada kinerja siswa karena membuat mereka tidak fokus pada pelajaran.

Terlibat dalam Perilaku yang Tidak Pantas

Selain aneka kegunaannya, banyak fitur dari handphone juga dapat digunakan untuk terlibat dalam perilaku tidak pantas. Mengambil gambar tidak pantas dan kemudian mengirimkannya ke pacar atau teman merupakan masalah yang berkembang. Gambar-gambar ini sering berakhir di tangan yang salah, yang mengarah kepada kebebasan orang lain memperoleh akses ke foto pribadi. Remaja sering gagal untuk mengenali implikasi jangka panjang perilaku yang tidak pantas dan terlibat dalam perilaku tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Konsekuensi untuk perilaku yang tidak pantas adalah nyata dan tahan lama. Setelah didistribusikan, sesuatu berbau pornografi hampir mustahil untuk tidak disebarkan. Kehadiran foto-foto ini dapat membatasi gerak remaja di masa depan dan sangat merusak reputasi mereka. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel