Tips Menggunakan Handphone Dengan Aman

31 May 2011 18:13 6417 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Handphone sudah menjadi kesatuan dalam hidup kita. Sejak debut handphone terjangkau di tahun 2000-an, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan handphone untuk kebutuhan komunikasi, handphone semakin berkembang dan menjadi sedikit bergeser fungsinya, selain untuk berkomunikasi, handphone juga digunakan karena tuntutan gaya hidup (life style).

Handphone sudah menjadi kesatuan dalam hidup kita. Sejak debut handphone terjangkau di tahun 2000-an, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan handphone untuk kebutuhan komunikasi, handphone semakin berkembang dan menjadi sedikit bergeser fungsinya, selain untuk berkomunikasi, handphone juga digunakan karena tuntutan gaya hidup (life style).

Handphone kini menjadi perangkat yang vital dalam kehidupan manusia sejak bangun tidur hingga kembali tidur. Begitu resahnya kita tanpa handphone. Hingga kini, setidaknya Anda akan merasa nyaman ketika handphone berada di samping tempat tidur Kita.

Bisa Anda bayangkan berapa kali Kita menggunakan handphone dalam sehari? Apakah Anda tahu bahwa ada serangkaian efek negatif bila menggunakan handphone berlebihan. Sesuai yang telah diumumkan The World Health Organization dari hasil penelitiannya, penggunaan handphone secara berlebihan akan berakibat kanker dalam waktu panjang.

Senada yang dinyatakan Dr.Ronald B Hrberman dari University of Pittsburgh Cancer Institute menyatakan bahwa penggunaan handphone secara berlebihan bisa mengakibatkan kanker otak. Atas dasar itu Hrberman memberikan tips atau cara agar otak Kita terjauhkan dari bahaya kanker dan ancaman kesehatan lainnya. Berikut adalah tips menggunakan handphone dengan aman:

1. Laranglah dan jauhkan handphone dari jangkauan anak kecil
Sebaiknya telpon rumah biasa yang sudah Anda cabut ada baiknya dipasang kembali, terlebih anggota keluarga ada ibu hamil dan anak kecil, karena organ yang berkembang dalam janin atau perkembangan anak kecil sangat sensitif terhadap efek gelombang elektromagnetik, namun hal tersebut tidak berlaku dalam kondisi darurat. 

2. Usahakan handphone tidak berdekatan dengan tubuh ketika menggunakannya
Amplitudo yang berasal dari gelombang elektromagnetik hanya seperempat kekuatan pada jarak dua inci dan 50 kali lebih rendah pada jarak tiga kaki, maka usahakan agar Anda selalu menggunakan loudspeaker atau wireless bluetooth headset yang memiliki 1/100 emisi elekromagnetik dari handphone biasa. Dan jangan dekatkan tubuh Anda saat tidur, akan lebih aman bila kondisi handphone offline

3. Hindari menggunakan handphone di tempat umum
Layaknya rokok, penggunaan handphone tidak boleh di depan orang yang pasif karena akan terjangkit gelombang elektromagnetik.

4. Hindari berbicara panjang/lama menggunakan handphone

5. Setiap kali mengantongi handphone maka hadapkan bagian keyboard-nya ke bagian badan

6. Tukar sisi handphone secara rutin untuk menghindari eksposur
Agar membatasi kekuatan gelombang elektromagnet jangan tempelkan handphone ke telinga sampai lawan bicara Anda berbicara.

7. Hindari penggunan handphone saat sinyal lemah
Semakin lemah sinyal maka semakin kuat kekuatan upaya menghubungkan ke relay antena baru.

8. Gunakan SMS karena lebih aman

9. Gunakan handphone dengan SAR terendah
SAR adalah Specific Absorption Rate, ukuran kekuatan gelombang magnetik yang dapat diserap tubuh. Informasi rating SAR dalam handphone itu beragam, Anda bisa mengaksesnya di internet SAR ratings cell phones. Setiap pabrik handphone memiliki tingkatan SAR tersendiri.

Itulah tips menggunakan handphone dengan aman, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. LN

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel