Perkembangan Teknologi Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Pengguna

25 Nov 2011 12:00 7226 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Topik perkembangan teknologi informasi dan pengaruhnya terhadap Perilaku Pengguna dapat sedikit ditelaah melalui koleksi data dari JiWire, perusahaan iklan berkonsep location-based. Menurut data JiWire konsumen berumur 18 hingga 34 tahun adalah "mobile generation". Rata-rata dari mereka menggunakan layanan internet dan memiliki perangkat *mobile*, *smartphone*, *tablet*, dan laptop.

Topik perkembangan teknologi informasi dan pengaruhnya terhadap Perilaku Pengguna dapat sedikit ditelaah melalui koleksi data dari JiWire, perusahaan iklan berkonsep location-based. Menurut data JiWire konsumen berumur 18 hingga 34 tahun adalah "mobile generation". Rata-rata dari mereka menggunakan layanan internet dan memiliki perangkat mobile, smartphone, tablet, dan laptop. Data ini dikumpulkan oleh JiWire berdasarkan konsumen yang tekoneksi dengan layanan JiWire.

Shooping behavior

Dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa pada usia 18 hingga 34 tahun cenderung, 45%, untuk melakukan riset produk mobile dan membeli perangkat mobile dengan harga diatas $500, yang merupakan produk mobile berkelas high-end.

Hal ini bisa menjadi petunjuk bahwa perkembangan teknologi komunikasi sebagian besar sampai pada usia 18 hingga 34 tahun. Karena tentu saja pembelian yang mereka lakukan ini berdasarkan pengetahuan mereka tentang teknologi dan awareness mereka akan kepuasan yang bisa diberikan oleh perangkat kelas high-end.

Penggunaan Aplikasi Mobile dan WiFi

Pada survey yang dilakukan pada 2.500 orang berumur 18 hingga 34 tahun, pada bulan Juni hingga Agustus 2011, JiWire melakukan pemetaan penggunaan aplikasi mobile dan WiFi umum berdasarkan gender.

Hasil yang didapat dari survey ini menunjukkan, dari 2.500 responden 60% pria menggunakan aplikasi mobile dan WiFi umum, sementara pengguna wanita sebesar 40%.

Meskipun pengguna pria masih lebih banyak, peningkatan pengguna wanita yang signifikan menunjukkan perkembangan teknologi informasi saat ini telah berhasil mencapai semua gender, dimana dulu didominasi oleh pria.

Kepemilikan Perangkat Mobile

Kembali pada data yang didapat berdasarkan pengguna yang terkoneksi dengan JiWire, perangkat mobile yang digunakan menunjukkan 30% menggunakan tablet, 62% menggunakan smartphone, 71% menggunakan laptop, dan 38% menggunakan WiFi music player.

Terlihat laptop masih mendominasi pasar, dan tablet yang bertujuan untuk menggantikan laptop masih berada jauh dibelakang. Nomor dua diduduki oleh smartphone yang saat ini menjadi handheld umum menggantikan fungsi ponsel "tradisional."

Perubahan perilaku masyarakat yang menjadi lebih mobile saat ini, membuat perkembangan teknologi informasi juga menuju era mobile, atau bisa disebut "mobile generation" seperti istilah JiWire.

Ketertarikan terhadap aplikasi location-based

Dalam kategori yang sedikit berbeda, namun merupakan fokus dari layanan JiWire dan perkembangan teknologi informasi yang masih tergolong baru, yaitu mengenai ketertarikan terhadap aplikasi location-based, diantara semua pengguna yang terkoneksi pada JiWire, data menunjukkan 28% aktif mengakses aplikasi location-based beberapa kali sehari.

Dan apabila dipilah lagi berdasarkan fungsi aplikasi yang mereka akses, data menunjukkan 53% menggunakan aplikasi location-based untuk mencari letak toko, 46% untuk mencari hal lain, 40% untuk melakukan koneksi dengan pengguna lain, dan 32% untuk melakukan "check-in."

Bagaimana data hasil temuan JiWire ini? Apakah sesuai dengan mobile behavior Anda? [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel