Seperti Apa Hubungan EV-DO dengan Teknologi Mobile Broadband?

23 Nov 2011 17:00 4636 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mobile broadband didukung oleh teknologi yang sama untuk membuat ponsel bisa dioperasikan. Hal ini berhubungan dengan gelombang radio dan frekuensi. Ponsel dan menara radio ponsel mengirimkan paket informasi digital bolak-balik satu sama lain melalui gelombang radio. Dalam kasus panggilan telepon, paket informasi membawa data suara.

Mobile broadband didukung oleh teknologi yang sama untuk membuat ponsel bisa dioperasikan. Hal ini berhubungan dengan gelombang radio dan frekuensi. Ponsel dan menara radio ponsel mengirimkan paket informasi digital bolak-balik satu sama lain melalui gelombang radio. Dalam kasus panggilan telepon, paket informasi membawa data suara.

Dalam kasus mobile broadband, paket-paket informasi akan membawa jenis data lainnya seperti email, halaman web, file musik dan video streaming.

Terdapat dua teknologi dasar yang digunakan untuk mengoperasikan jaringan ponsel dalam dunia mobile broadband, di antaranya :

  1. Global System for Mobile Communications (GSM)

  2. Code Division Multiple Access (CDMA)

Teknologi GSM lebih populer di wilayah bagian Eropa dan Asia sedangkan CDMA lebih umum digunakan oleh masyarakat Amerika Serikat. Perbedaan teknis utama antara dua sistem harus dilakukan dengan cara masing-masing membagi teknologi ruang pada spektrum radio. GSM dan CDMA menggunakan algoritma yang berbeda yang memungkinkan beberapa pengguna ponsel untuk berbagi frekuensi radio yang sama tanpa mengganggu satu sama lain.

Mobile broadband juga dikenal sebagai 3G atau teknologi generasi ketiga ponsel. Baik GSM dan CDMA telah mengembangkan solusi teknologi 3G mereka sendiri untuk memberikan akses Internet kecepatan tinggi ke perangkat mobile.

Teknologi mobile broadband berbasis CDMA disebut EV-DO (Evolution Data Optimized atau Evolution Data Only). Trik dibalik EV-DO adalah ia berjalan di atas bagian dari jaringan selular yang sepenuhnya berupa data. Panggilan suara memerlukan banyak bandwidth untuk menjaga kualitas suara, jadi apabila memisahkan saluran data dari saluran suara maka jaringan dapat memaksimalkan transfer data dan memberikan akses berkecepatan tinggi ke email, internet dan multimedia Kelemahan EVDO adalah Anda tidak dapat mengakses internet dan alat-alat data lainnya ketika berbicara via ponsel. EV-DO mengiklankan kecepatan rata-rata 300-400 Kbps (kilobyte per second) yang setara dengan DSL.

Untuk menggunakan jaringan EV-DO, Anda perlu memiliki perangkat yang sudah sarat dengan hardware EV-DO (seperti BlackBerry atau smartphone lainnya) atau kartu jaringan khusus yang dihubungkan ke laptop Anda. Kartu jaringan ini akan terhubung melalui port USB atau slot kartu PC standar lainnya dan bertindak sebagai antena untuk menangkap sinyal mobile broadband. Untuk kecepatan download dan upload maksimal, Anda perlu berada dalam jangkauan sinyal seluler EV-DO. Jika tidak, Anda akan tersingkir ke standar 1xRTT (Radio Transfer Technology) yang mengudara pada kecepatan antara 60 dan 100Kbps.

Jawaban GSM ke EV-DO adalah sesuatu yang disebut HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). Tidak seperti EV-DO, sebuah jaringan HSDPA dapat menangani transfer suara dan data, sehingga Anda dapat berbicara di telepon dan surfing web pada waktu yang sama. Hal ini akan memaksimalkan kecepatan transfer data dengan berfokus pada informasi download bukan upload. HSDPA memiliki kecepatan download rata-rata antara 400 sampai 700 Kbps.

Seperti EV-DO, Anda akan memerlukan jaringan hardware khusus untuk mengakses mobile broadband HSDPA. Anda juga perlu perangkat yang built-in dengan kartu HSDPA atau kartu PC khusus yang dihubungkan ke sebuah komputer laptop. Anda juga harus berada dalam jangkauan sinyal HSDPA, yang terkonsentrasi di pusat kota metropolitan dan di sepanjang jalan raya utama. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel