Perbandingan Perangkat Internet Portabel: Netbook vs iPhone, mana yang Anda pilih?

22 Nov 2011 16:30 3661 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

iPhone adalah sebuah smartphone, dan Netbook banyak disebut sebagai versi laptop yang lebih kecil namun sebetulnya Anda tidak bisa benar-benar mengatakan laptop karena dalam hal kinerja, kualitas grafis dan ukuran layar, laptop tentu menggeser Netbook. Meskipun demikian, kedua perangkat internet ini akan memuaskan setiap orang yang haus akan internet di luar sana.

iPhone adalah sebuah smartphone, dan Netbook banyak disebut sebagai versi laptop yang lebih kecil namun sebetulnya Anda tidak bisa benar-benar mengatakan laptop karena dalam hal kinerja, kualitas grafis dan ukuran layar, laptop tentu menggeser Netbook. Meskipun demikian, kedua perangkat internet ini akan memuaskan setiap orang yang haus akan internet di luar sana.

Jika Anda memiliki anggaran yang ketat dan hanya perlu membeli satu perangkat internet portabel, dua perangkat ini pasti akan datang ke pikiran dan Anda mungkin bertanya-tanya mana yang paling cocok untuk Anda. Baik Netbook vs iPhone, masing-masing memberikan pro dan kontra sendiri, dan dalam rangka untuk memilih pilihan yang lebih baik untuk Anda, Anda harus mengetahui apa yang bisa diharapkan dari gadget ini.

Netbook biasanya memiliki ukuran layar 9 sampai 10 inci. Dan ukuran ini mengalahkan iPhone dimana ia merupakan produk Apple yang hanya memiliki layar kecil berukuran 3,5 inci. Tentunya, browsing situs via iPhone tidak senyaman pada Netbook. Layar memang merupakan faktor besar untuk melakukan browsing internet serta pengalaman audio /visual. Hal ini jelas merupakan satu nilai untuk perangkat internet semacam Netbook.

Namun, untuk hal portabilitas layar yang lebih besar tentunya lebih efektif dan menyenangkan, tetapi masalahnya sebuah Netbook tidak akan nyaman dan pas di saku Anda sehingga untuk perangkat internet portable, mungkin iPhone bisa menjadi pilihan yang pas disimpan di saku Anda.

Ukuran yang lebih besar juga memungkinkan Netbook memiliki keyboard QWERTY mekanik. Banyak orang yang menemukan kesulitan dalam membuat email yang panjang dan dokumen dengan keyboard touchscreen QWERTY pada iPhone. Mungkin keyboard touchscreen mudah dioperasikan namun ia tidak akan pernah mengalahkan keyboard mekanik yang intuitif.

Netbook dapat menyimpan data hingga 160 Gb lebih dibandingkan dengan iPhone. Sementara iPhone hanya dapat memiliki ruang penyimpanan maksimum 32 Gb. Dengan perbandingan ini, jelas Netbook dirancang untuk kegiatan komputasi.

Bagaimanapun juga, iPhone tidak dapat dikalahkan dalam hal kemampuan komunikasinya. Ia mendukung browsing internet tapi memang tidak seperti Netbook, Anda dapat membuat panggilan melalui GSM dan built in dengan dukungan 3G.

iPphone dirancang sebagai perangkat komunikasi portabel. Mungkin juga memang tidak bekerja secepat Netbook, tetapi setidaknya Anda dapat menelusuri web atau mengirim email hampir dimana pun Anda berada. Sementara Netbook biasanya akan membutuhkan add-on, seperti halnya USB Dongle, untuk akses 3G. Hal ini tentunya akan membuat Anda harus mengeluarkan isi dompet Anda kembali.

iPhone juga dilengkapi dengan GPS yang bukan merupakan standar untuk Netbook. Netbook tidak akan membantu Anda jika Anda tersesat tapi iPhone Anda bisa melakukan hal itu. Setiap perangkat memiliki kelebihannya tersendiri tergantung pada cara Anda melihatnya. Dalam hal ukuran misalnya, iPhone akan menang dengan mudah jika Anda mencari portabilitas namun Netbook akan selalu memiliki fungsionalitas yang lebih baik dengan keyboard mekanik dan ukuran layar yang lebih besar.

Niat Anda untuk menggunakan perangkat ini juga penting. Jika Anda membutuhkan sesuatu untuk membantu Anda dalam penelitian dan pekerjaan komputer, maka Netbook adalah pilihan tepat untuk Anda. Tapi jika Anda ingin memiliki akses komunikasi yang mudah baik internet dan telepon kemana mana pun Anda pergi, iPhone akan memenuhi kebutuhan Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel