Mengatasi Ponsel Error Symbian 3rd Edition Dengan Cara Reset dan Hard Reset

18 Nov 2011 20:00 4897 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa error Symbian sering ditemukan, di antaranya sering terjadi *restart*, tiba-tiba muncul pesan menandakan memory penuh saat menggunakan kamera, rentan terkena virus yang bisa mengakibatkan ponsel tidak bisa mengirim pesan, membalas otomatis setiap ada SMS masuk atau kinerjanya menjadi lambat.

Beberapa error Symbian sering ditemukan, di antaranya sering terjadi restart, tiba-tiba muncul pesan menandakan memory penuh saat menggunakan kamera, rentan terkena virus yang bisa mengakibatkan ponsel tidak bisa mengirim pesan, membalas otomatis setiap ada SMS masuk atau kinerjanya menjadi lambat.

Jika ponsel Symbian yang Anda miliki juga sering terkena beberapa masalah di atas, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasi masalah error Symbian ini dengan cara melakukan Reset, namun cara mengatasi error Symbian yang akan Plimbi berikan berikut ini berlaku untuk ponsel Symbian 3rd edition:

  • Masuk ke Menu

  • Pilih Pengaturan > Klik Pengaturan Pabrik

  • Akan muncul pesan "kembali ke pengaturan awal telepon akan melakukan restart"

  • Untuk melakukan restar Pilih YA

  • Anda akan diminta memasukkan Lock Code (biasanya untuk standar 12345).

Jika hal ini tidak berhasil, Anda bisa melakukan hard reset atau format memori pada ponsel error Symbian ini. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan hard reset pada ponsel Symbian:

  • Sebelum melakukan hard reset, sebaiknya Anda memindahkan data-data seperti nomor kontak, file pribadi, foto, video dan data-data penting lainnya yang ada pada memori internal ponsel Symbian Anda terlebih dulu, karena setelah melakukan hard reset maka semua data-data yang ada di memori internal akan hilang. Anda dapat memindahkannya ke kartu memori atau menggunakan aplikasi back up.

  • Setelah mengamankan beberapa data penting pada ponsel Symbian, cara selanjutnya yaitu matikan ponsel Anda.

  • Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan kembali ponsel Symbian Anda dengan cara menekan tombol bintang, tombol angka 3, dan tombol hijau yang berfungsi untuk melakukan panggilan secara bersamaan.

  • Sementara posisi sedang menahan ketiga tombol (tombol bintang, tombol angka 3 dan tombol hijau), Anda tekan tombol power untuk menghidupkan ponsel.

  • Setelah beberapa saat akan muncul tulisan Formating, Anda tunggu sampai proses selesai.

  • Apabila proses telah selesai, Anda bisa mengembalikan lagi data Anda. Jika Anda menggunakan program back up data, buka program tersebut kemudian pilih restore. [RF]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel