Beginilah Cara Enkripsi Data dengan Mudah

16 Nov 2011 16:30 7703 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seperti yang Plimbi janjikan untuk membahas lebih dalam tentang enkripsi, artikel kali ini akan memberikan Anda cara enkripsi data. Plimbi kemukakan sebelumnya bahwa cara enkripsi untuk tujuan keamanan terdiri dari dua, enkripsi data dan enkripsi seluruh OS *(Operating System)*.

Seperti yang Plimbi janjikan untuk membahas lebih dalam tentang enkripsi, artikel kali ini akan memberikan Anda cara enkripsi data. Plimbi kemukakan sebelumnya tentang Cara Membobol PC Windows dan Cara Mengatasinya, bahwa cara enkripsi untuk tujuan keamanan terdiri dari dua, enkripsi data dan enkripsi seluruh OS (Operating System). Namun karena panjangnya penjelasan kedua cara ini, Plimbi akan membaginya menjadi dua artikel, dan pada artikel pertama kali ini akan membahasa cara enkripsi data.

Selain berfungsi untuk melindungi file di PC Anda agar tidak bisa diakses oleh orang lain, cara enkripsi data ini bisa untuk melindungi flashdisk atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya.

Tool untuk melakukan enkripsi data yang akan digunakan pada pembahasan ini adalah TrueCrypt, aplikasi open-source gratis yang berfungsi pada Windows dan Linux. Pada dasarnya cara kerja TrueCrypt adalah menciptakan virtual hard drive yang akan mengenkripsi file on-the-fly. Apa maksudnya? Semua akan masuk akal setelah semuanya cara dan setting telah selesai. Let's get started.

Set up the encrypted volume location

  1. Download, install dan jalankan TrueCrypt.

  2. klik "Create Volume" untuk menjalankan "wizard" yang akan menyiapkan lokasi drive -> pilih "Create a Standard TrueCrypt Volume" dan klik "Next" -> klik "Select File" dan pilih lokasi dimana Anda akan menyimpan file terenkripsi Anda (perlu Anda ingat bahwa sebenarnya bukan file tersebut yang Anda enkripsi, tetapi Anda menciptakan sebuah kontainer berisi file yang ingin Anda enkripsi). -> klik Next.

  3. Pilih algoritma enkripsi. Apabila Anda penasaran, Anda bisa melihat info setiap pilihan algoritma yang tersedia di sini. Tetapi apabila tidak ingin report pilihan default AES bisa berfungsi dengan baik. -> klik Next -> pilih ukuran virtual drive sesuai keinginan Anda.

  4. Tentukan password. TrueCrypt memungkinkan Anda untuk membuat password yang sangat kuat, seperti 20 karakter perpaduan antara abjad dan angka, dan menjadikannya susah untuk di bobol.

  5. Format "volume." Bagian ini cukup menarik: TrueCrypt akan mengumpulkan informasi secara acak dari sistem Anda — bahkan termasuk lokasi dari mouse pointer Anda — kemudian format lokasi drive dengan data acak tersebut untuk membuatnya lebih susah, bahkan tidak mungkin terbaca. -> klik "Format" untuk melanjutkan operasi ini. Proses ini akan memperlambat kinerja PC Anda. Dan yang perlu digaris bawahi adalah Anda tidak perlun khawatir dengan istilah "format" pada proses ini, karena "format" dalam TrueCrypt tidak berarti Anda menghapus semua data pada drive, Anda hanya memformat lokasi drive.

Enkripsi data Selesai! encrypted volume atau virtual drive container untuk file terenkripsi sudah siap. Sekarang Anda memiliki TruCrypt file yang bisa menyimpan semua data penting Anda dengan aman. Selanjutnya adalah cara menyimpan dan mengambil file pada encrypted volume:

  1. Dari TrueCrypt, pillih "Select File" dan arahkan ke encrypted volume yang telah Anda ciptakan.

  2. Pilih drive letter dan klik "Mount", kemudian masukkan password yang telah Anda ciptakan sebelumnya.

  3. Apabila Anda memasukkan password yang benar, virtual drive akan aktif -> akses " My Computer," temukan virtual drive dan Drag and drop semua file yang ingin Anda enkripsi ke virtual drive tersebut.

  4. Begitu Anda selesai memindahkan file penting yang ingin Anda enkripsi, pada TrueCrypt, pilih virtual drive dan klik "Dismount".

Seperti yang Anda lihat, TrueCrypt mirip seperti software virtual drive. Dan fungsi "mount" dan "unmount" bisa Anda gunakan untuk mengakses dan non-akses enkripsi data. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel