Produk yang Membawa Perubahan Pada Peta Perkembangan Teknologi (Part - 1)

15 Nov 2011 11:02 5181 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada suatu masa dimana komputer belum memiliki audio dan hanya bisa berbunyi "bip." Lalu bagaimanakah perkembangan teknologi hingga sampai sekarang ini? Berikut beberapa produk yang membawa perubahan dan tercatat pada peta perkembangan teknologi.

Ada suatu masa dimana komputer belum memiliki audio dan hanya bisa berbunyi bip. Komunikasi dengan dunia luar masih sulit, mahal, dan lamban melalui dial-up internet. Handphone masih sebesar batu bata dan berlayar monochrome. Serta search engine ataupun jejaring social masih menjadi angan-angan film science fiction.

Lalu bagaimanakah perkembangan teknologi hingga sampai sekarang ini? Berikut beberapa produk yang membawa perubahan dan tercatat pada peta perkembangan teknologi.

Handphone pas di saku
Januari 1992 adalah masa dimana akhir dari handphone sebesar batu bata dengan dirilisnya Motorola's MicroTac Lite yang menjadi handphone pertama yang bisa pas dibawa dalam saku. Motorola MicroTac Lite juga menjadi handphone pertama yang memiliki berat dibawah setengah pon dan hanya setebal 1 inchi, tiga kali lebih tebal dari slim smartphone saat ini. Produk ini dibandrol seharga $1.500 dan $2.500.

Lahirnya America Online
Pada bulan Mei 1992, perusahaan penyedia layanan online, America Online (kini bernama AOL), lahir dan tumbuh sebagai yang terbaik. America Online saat itu masih kecil dan belum sebesar rivalnya, CompuServe dan Prodigy, tetapi tampilan grafis lebih attraktif dan membuatnya lebih menarik dari rivalnya.

Modem Lebih Cepat
Meskipun saat ini sudah hampir ditinggalkan, modem dial-up eksternal menjadi perangkat yang krusial dalam koneksi antar komputer pada tahun 1993. Tepatnya pada Juni 1993, Sportster, modem dial-up eksternal produksi perusahaan bernama U.S. Robotics, menjadi perangkat yang paling popular dengan kecepatan hingga 14,400 bits per second. Namun jika dibandingkan dengan koneksi broadband yang ada sekarang, hal itu seperti membandingkan sepeda dan lokomotif.

Kamera digital berwarna
Pada 1994 Apple mengawali era kamera digital berwarna dengan produknya yang bernama QuickTake 100 dengan kemampuan menyimpan hingga 32 foto dan dibanderol $700.

Penampilan baru Windows
Apple Macintosh telah populer dengan penampilan GUI (Graphical User Interface)-nya yang menarik sejak 1984. Setahun kemudian datang versi mentah dari Microsoft Windows OS (Operating System). Tetapi beberapa tahun kemudian, pada 1995, Microsoft berhasil mengejar dengan produk Windows 95, dan memenangkan persaingan dalam hal GUI melawan Apple Macintosh.

To be continued ¦ Perkembangan tTknologi (Part - 2) [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel