Konsep Dasar dan Pengertian Enkripsi

14 Nov 2011 19:00 14371 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa waktu yang lalu Paseban membahas masalah sistem keamanan melalui artikel Cara Membobol PC Windows dan Cara Mengatasinya dan Cara Membobol Password dan Cara mengatasinya, dan secara umum cara mengatasinya adalah dengan cara enkripsi. Tetapi apa pengertian enkripsiitu sendiri, dan cara enkripsi komputer.Oleh karena itu Paseban merasa perlu untuk menghadirkan artikel tersendiri yang membahas tentang enkripsi. Membahas tentang cara enkripsi hingga pengertian enkripsi itu sendiri.

Beberapa waktu yang lalu Paseban membahas masalah sistem keamanan melalui artikel "Cara Membobol PC Windows dan Cara Mengatasinya" dan "Cara Membobol Password dan Cara mengatasinya" dan secara umum cara mengatasinya adalah dengan cara enkripsi. Tetapi apa pengertian enkripsi itu sendiri, dan cara enkripsi komputer.

Oleh karena itu Plimbi merasa perlu untuk menghadirkan artikel tersendiri yang membahas tentang enkripsi. Membahas tentang cara enkripsi hingga pengertian enkripsi itu sendiri. Dan pengertian dan konsep dasar enkripsi akan menjadi topik artikel kali ini, sementara cara enkripsi komputer Anda akan menjadi pembahasan di artikel selanjutnya.

Apa itu enkripsi?

Pengertian enkripsi adalah proses encoding (pengkodean/penyandian) sebuah pesan, dan proses tersebut bisa mengambil berbagai macam bentuk. Microsoft memiliki definisi yang bagus mengenai enkripsi ini:

Enkripsi adalah nama yang diberikan untuk proses penerapan algoritma pada sebuah pesan, yang mana proses tersebut akan mengacak data di dalamnya sehingga sangat sulit dan memakan waktu apabila data hasil enkripsi tersebut disimpulkan tanpa mengetahui kode/sandi khusus. Ditambah, algoritma tersebut biasanya melibatkan data rahasia tambahan yang disebut kunci, yang mencegah pesan untuk disimpulkan bahkan jika algoritma tersebut sudah umum dan dikenal oleh publik.

Mengapa repot-repot melakukan enkripsi?

Sekarang, dan dapat dipastikan kedepannya akan makin bertambah, Anda memiliki nomor kartu kredit, nomor rekening, dan lain-lain yang bersifat sensitif. Yang mengatakan bahwa informasi tersebut harus ada di suatu tempat jika tidak anda tidak akan pernah bisa menggunakannya. Anda dapat menghafal angka, tetapi Anda tidak dapat mengandalkan memori Anda sebagai satu-satunya sumber untuk menyimpan angka dalam jumlah banyak.

Dengan menuliskan angka-angka tersebut menimbulkan resiko mereka bisa dibaca oleh orang lain. Dengan menggunakan enkripsi adalah cara yang efektif. Dengan cara itu Anda dapat menuliskan data tersebut setelah mengalami pengkodean dan tidak perlu khawatir apabila orang lain membacanya.

Contoh skema enkripsi umum

Untuk lebih memberikan gambaran tentang pengertian enkripsi, berikut contoh skema enkripsi paling sederhana yang sudah lama diketahui umum, enkripsi alphanumeric. enkripsi ini adalah merubah abjad menjadi angka, contoh kata Happy Birthday diubah menjadi 81161625 29182084125.

Tentu saja contoh skema enkripsi tersebut bukanlah yang digunakan oleh sebuah mesin atau software enkripsi, karena contoh tersebut sangat mudah dipecahkan dan sudah diketahui oleh umum. Itu hanyalah contoh sederhana saja, untuk memberikan Anda gambaran konsep dasar dari enkripsi. Sementara algoritma dari enkripsi yang sebenarnya lebih complicated. [RY]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel