Waspadai Virus Android Berbahaya di Bawah Ini (Part 2)

9 Nov 2011 10:00 5228 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sistem *open source* pada Android memang memudahkan banyak pihak untuk membuat aplikasi-aplikasi yang berguna. Namun, hal ini juga membuka celah masuknya virus Android. Bahkan kebanyakan virus Android tersebut menyebar melalui aplikasi-aplikasi Android yang ditawarkan di Android market.

Sebagai pengguna Android, mungkin Anda sering mendengar selentingan bahwa Android merupakan salah satu platform mobile dengan sistem keamanan yang paling rendah. Mengapa bisa begitu?

Sistem open source pada Android memang memudahkan banyak pihak untuk membuat aplikasi-aplikasi yang berguna. Namun, hal ini juga membuka celah masuknya virus Android. Bahkan kebanyakan virus Android tersebut menyebar melalui aplikasi-aplikasi Android yang ditawarkan di Android market.

Lalu, apa sajakah virus-virus berbahaya pada Android? Plimbi sebelumnya juga pernah membahas virus-virus yang menyerang Android. Pada artikel ini, Plimbi masih akan melanjutkan pembahasan mengenai Virus Android yang sering menyerang, berikut review-nya.

Android.PJApps

Virus Android yang satu ini dapat diklasifikasikan sebagai virus Privacy Steal karena akan menyerang sistem dan mencuri data-data personal pada Android Anda. Virus ini juga termasuk virus Malicious Service Order yaitu jenis virus yang bertujuan mengambil keuntungan dari perangkat yang terinfeksi, salah satunya dengan mengirim SMS Premium yang akan menyedot pulsa.

Android.PJApss ini menyebar melalui aplikasi yang Anda install pada Android melalui internet, terutama jika melalui Android Market. Tipe serangan yang dilancarkan Android.PJApps ini termasuk dalam kategori medium. Jika saat melakukan scan Anda melihat file dengan ekstensi .PJapss.xx, maka Android Anda dapat dipastikan telah terinfeksi Android.PJApps.

Android.BaseBridge

Tipe serangan virus yang satu ini termasuk dalam kategori berbahaya. Virus ini termasuk dalam klasifikasi virus Malicious Service Order, System Damage, Data Damage, Backdoor, bahkan termasuk Badware. Tentunya virus ini satu tingkat lebih berbahaya dibandingkan Andoid.PJApps, karena dapat menyebabkan kerusakan sistem. Virus ini juga akan menyebabkan kerusakan data, mencuri data-data pada Android Anda, bahkan si penyerang mampu mengakses Android Anda dari jarak jauh.

Android.BaseBridge ini juga menyebar melalui aplikasi yang Anda install pada Andoid melalui internet. Virus ini tertanam dalam berbagai aplikasi di Android Market. Jika Anda meng-install aplikasi yang mengandung Android.BaseBridge, saat proses instalasi Anda akan diarahkan ke prompt upgrade yang sebenarnya merupakan prompt aktivasi virus. Jika Android Anda sudah terserang virus ini, aplikasi pembawanya akan sulit di-uninstall, otomatis virusnya juga sulit dihilangkan. Maka berhati-hatilah jika Anda melihat file dengan ekstensi .BaseBridge.xx, itu adalah virus Android.BaseBridge.

Android.HiddenTask

Android.HiddenTask merupakan salah satu virus dengan tipe serangan berbahaya, sama seperti Android.BaseBridge. Virus ini hanya termasuk dalam klasifikasi jenis virus Privacy Steal dan System Damage. Namun, virus ini lebih menyebalkan jika dibandingkan dengan dua virus sebelumnya.

Android.HiddenTask juga banyak tersebar pada berbagai aplikasi di Android Market. Maka penyebaran virus ini yang paling utama ialah instalasi aplikasi melalui internet. Jika aplikasi dengan virus ini terinstall pada Android Anda, maka segala data pribadi Anda akan terkirim ke penyerang, lalu si penyerang akan mendapatkan root access ke Android Anda. Dengan akses ini, Android.HiddenTask akan secara diam-diam meng-install-kan aplikasi-aplikasi pada Andorid Anda tanpa Anda sadari. Kebanyakan aplikasi yang di-install-kan adalah aplikasi berbayar dan mengandung virus lainnya. Selain menghabiskan pulsa Anda, virus ini akan secara diam-diam merusak sistem Android Anda dengan memasukkan virus-virus lainnya. Sangat menyebalkan bukan?

Virus ini akan terlihat dengan ekstensi file .HiddenTask.x. Jika Anda menemukannya pada Android Anda, lebih baik install ulang semua aplikasi yang ada pada Android Anda.

Semakin banyak aplikasi, maka akan semakin banyak virus yang ditemukan pada Android. Maka Plimbi menyarankan Anda untuk lebih hati-hati dalam menginstallkan aplikasi dari Android Market. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak informasi mengenai virus-virus Android yang ada, tunggu update selanjutnya dari Plimbi mengenai virus-virus berbahaya pada Android. [QR]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel