Waspadai Virus Android Berbahaya di Bawah Ini (Part 1)

8 Nov 2011 15:00 6686 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

*Smartphone* Android mempunyai sistem operating layak nya komputer atau PC. Sehingga bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan PC atau komputer mungkin akan tidak terlalu kesulitan ketika Anda memulai untuk mengoperasikan OS Android pada *smartphone*.

Smartphone Android mempunyai sistem operating layak nya komputer atau PC. Sehingga bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan PC atau komputer mungkin akan tidak terlalu kesulitan ketika Anda memulai untuk mengoperasikan OS Android pada smartphone.

Namun ada satu pertanyaan yang akan muncul di benak Anda, apakah Android ada virus nya? jawabnya tentu saja ada, walaupun OS ini adalah free, atau open source yang bisa di gunakan oleh siapa saja tanpa ada proses pembelian OS nya terlebih dahulu, namun OS ini ternyata tidak bebas virus seperti induknya yaitu linux yang bebas dari virus yang bisa mengganggu data Anda bahkan merusak hardware Anda. Pada artikel ini, Plimbi akan membahas virus Android yang perlu Anda ketahui, diharapkan dengan pengenalan virus Android ini, maka Anda bisa lebih waspada.

Di bawah ini ada beberapa jenis virus Android yang pernah ditemukan:

Android Bgserv

Virus yang merupakan versi palsu dari aplikasi yang dibuat oleh Google untuk menyembukan ponsel Android dari virus DROID DREAM. Virus ini diciptakan oleh para penjahat cyber yang memanfaatkan moment dari peluncuran anti virus yang dibuat oleh Google untuk membasmi virus droid dream. Virus ini tidak terlalu berbahaya, namun tetap virus ini bisa menembus data Anda sampai dengan mencurinya secara diam-diam tanpa sepengetahuan Anda.

Adapun data yang akan dicuri oleh virus ini adalah imei, phone number, SMS center, install theme dan system version. Lalu virus ini akan menyebarkan semua data tersebut yang akan menjadi santapan empuk bagi para penjahat cyber lainnya.

Android Plankton

Sebuah fitur yang mungkin akan menarik kita untuk meng-install-nya. Mengingat virus ini adalah fitur untuk meng-unlock semua stage dalam permainan Angry Birds yang fenomenal. Jika ada notifikasi yang muncul dan menawarkan Anda untuk meng-unlock semua fitur yang terkunci ketika anda bermain Angry Bird, maka jangan ragu untuk tekan "no", karena sejatinya Anda bukan akan membuka seluruh fitur yang terbuka pada game ini, namun Anda akan meng-install virus trojan yang berbahaya bagi Android anda.

Android Gemini.

Android gemini adalah salah satu keluarga dari virus trojan untuk Android. Virus ini biasanya tersembunyi pada aplikasi popoler yang sering di-download para pengguna. virus ini juga sering menginfefksi game-game Android. jika virus ini sudah menginfeksi Android Anda, maka secara tidak Anda sadari ponsel Android Anda bisa dikendalikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Android OS Fake Player

Virus ini bisa menyamarkan diri. virus ini juga biasanya menginfeksi music player Anda, jika virus ini telah menginfeksi, maka virus ini akan secara diam-diam mengirimkan SMS premium ke nomor rusia, oleh karena itu berhati-hatilah apabila pulsa Anda mengurang secara otomatis dan berkala, siapa tahu virus ini sudah hinggap pada Android Anda.

Aplikasi Bank Palsu

Aplikasi yang dibuat untuk transfer uang secara mobile lewat smartphone Android Anda. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang menipu bagi para penggunanya yang bisa menghabiskan seluruh rekening digabungan Anda. Jika ada aplikasi seperti ini, Plimbi anjurkan untuk tidak menginstalnya untuk menghindari aplikasi serupa yang bisa menguras habis seluruh isi tabungan Anda.

Droid Dream atau Android Rootcager

DroidDream termasuk malware atau virus Android yang menggila dengan meracuni sekitar 60 aplikasi yang berbeda beda di Android Market. Selain itu virus ini menginfeksi ratusan ribu user di kuartal pertama pada tahun 2011. virus ini mengubah perangkat Anda menjadi botnet, yang bisa menembus sekuriti Android, lalu meng-install software tambahan yang bisa mencuri data-data penting pada ponsel Anda. namun google telah membasmi virus ini dari Android Market.

Perjalan membobol data virus ini tidak berhenti, para pembuatnya membuat aplikasi Droid KungFu yang bisa bebas dari Android Market securiti. kinerjanya adalah berawal dari setelah terinstal nya aplikasi ini pada smartphone Anda. dan setelah itu aplikasi ini akan meminta Anda untuk meng-update. Dan dari sinilah proses pencurian data Anda sedang dimulai. Namun Anda jangan khawatir, aplikasi ini sudah dijegal pada Android market.

GGTracker

Sebuah program palsu yang beredar di Android Market, yaitu aplikasi penghemat baterai. Jika Anda mengistal aplikasi palsu ini, Anda akan diminta untuk men-download part-part-nya secara manual, dan di sinilah virus trijan akan hinggap pada Android Anda. Jika virus Android ini sudah menginfeksi smartphone Anda, maka virus ini akan menawarkan Anda untuk menandatangani sebuah perusahaan SMS premium. Begitu pula iklan yang ada pada aplikasi ini akan berupa sebuah pasar yang akan sangat berbahaya jika di klik oleh Anda. sehingga secara tidak langsung tagihan pulsa Anda akan membengkak atau pulsa Anda akan sering cepat habis.

Virus Android System Messenger

Sebuah virus Android unik yang bisa merekam suara Anda ketika sedang menelepon dan menyimpannya pada SD Card Anda, belum ada informasi yang pasti bahwa virus ini akan menyebarluaskan percakan Anda yang telah direkam kepada pihak ketiga atau yang lainnya.

Virus ini tidak bisa meng-install dirinya sendiri, namun virus ini membentuk ikon dirinya seperti ikon installer dari Android Market. Setelah virus ini di-install, maka virus ini akan secara otomatis me-remote konfigurasi file dari ponsel Anda yang akan bekerja secara otomatis merekam percakapan ketika ponsel Anda sedang digunakan untuk menelepon. [ILAL]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel