Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Mouse Optik

8 Nov 2011 18:00 7664 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mouse optik telah beredar sekitar selama lebih dari satu dekade. Teknologi *mouse* optik original memantulkan cahaya sinar yang terfokus dari sebuah *mouse pad* yang sangat reflektif ke sensor. *Mouse* pad memiliki jaringan listrik berupa garis-garis gelap.

Mouse optik telah beredar sekitar selama lebih dari satu dekade. Teknologi mouse optik original memantulkan cahaya sinar yang terfokus dari sebuah mouse pad yang sangat reflektif ke sensor. mouse pad memiliki jaringan listrik berupa garis-garis gelap. Setiap kali mouse dipindahkan, berkas cahaya itu diputuskan oleh grid. Setiap kali cahaya terputus, sensor mengirimkan sinyal ke komputer dan kursor akan bergerak jumlah yang sesuai.

Jenis mouse ini sedikit sulit untuk digunakan, mengharuskan Anda memegangnya tepat pada sudut yang tepat untuk memastikan bahwa berkas cahaya dan sensor selaras. Juga, kerusakan atau kehilangan mouse pad menyebabkan mouse tidak berguna sampai Anda membeli penggantinya. Namun sekarang ini mouse optik jauh lebih user-friendly dan dapat diandalkan.

Dikembangkan oleh Agilent Technologies dan diperkenalkan kepada dunia pada akhir tahun 1999, mouse optik menggunakan kamera kecil untuk mengambil ribuan gambar setiap detik.

Mampu bekerja pada hampir semua permukaan tanpa mouse pad, kebanyakan mouse optik menggunakan light-emitting diode (LED) berwarna merah kecil yang memantulkan cahaya dari permukaan ke sensor complimentary metal-oxide semiconductor (CMOS). Selain LED, sebuah inovasi terbaru yang berbasis laser pada mouse optik dapat mendeteksi permukaan yang lebih detail dibandingkan dengan teknologi LED. Hal ini menyebabkan kemampuan untuk menggunakan mouse optik berbasis laser pada permukaan lebih baik dari pada sebuah mouse LED.

Berikut adalah cara sensor dan bagian lain dari sebuah mouse optik bekerja bersama-sama;

  • Sensor CMOS mengirimkan setiap gambar ke digital signal processor (DSP) untuk dianalisis.

  • DSP mendeteksi pola dalam gambar dan meneliti bagaimana pola telah pindah setelah gambar sebelumnya.

  • Berdasarkan perubahan pola dari urutan gambar, DSP menentukan seberapa jauh mouse telah bergerak dan mengirim koordinat yang sesuai untuk komputer.

  • Komputer menggerakkan kursor pada layar berdasarkan koordinat yang diterima dari mouse. Hal ini terjadi ratusan kali setiap detik, membuat kursor muncul untuk bergerak sangat lancar.

Mouse optik memiliki beberapa keuntungan diantaranya;

  • Tidak ada bagian yang bergerak, ini berarti pemakaian menjadi berkurang dan kesempatan untuk gagal yang lebih rendah.

  • Tidak ada cara untuk kotoran untuk masuk ke dalam mouse dan mengganggu sensor pelacakan.

  • Resolusi pelacakan meningkat yang berarti respon halus.

  • Tidak membutuhkan permukaan khusus, seperti mouse pad.

Sejumlah faktor mempengaruhi keakuratan dari sebuah mouse optik. Salah satu aspek yang paling penting adalah resolusi. Resolusi adalah jumlah pixel per inci dimana sensor optik dan lensa fokus "melihat" ketika Anda memindahkan mouse. Resolusi dinyatakan sebagai titik per inci atau dots per inch (dpi). Semakin tinggi resolusinya, mouse lebih sensitif tersebut dan semakin sedikit Anda perlu untuk memindahkannya untuk mendapatkan tanggapan.

Sebagian mouse memiliki resolusi 400 atau 800 dpi. Namun, mouse yang dirancang untuk bermain game elektronik dapat menawarkan resolusi sebanyak 1600 dpi. Beberapa mouse game juga memungkinkan Anda untuk mengurangi dpi on the fly untuk membuat mouse kurang sensitif dalam situasi ketika Anda perlu untuk membuat gerakan lebih kecil atau lambat. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel