Cara Menghilangkan Goresan Pada CD Dengan Pasta Gigi

11 Feb 2013 10:00 4221 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu mitos lain yang berkembang di masyarakat adalah cara menghilangkan goresan pada CD dengan menggunakan pasta gigi atau odol. Ada orang yang percaya dan ada juga orang yang ragu akan kebenaran mitos tersebut. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas secara ilmiah apakah pasta gigi bisa menghapus goresan pada CD atau tidak.

Karena pengetahuan tentang dunia teknologi yang tidak merata, maka bukan hal yang aneh lagi jika banyak sekali mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang berbagai macam hal di dunia teknologi. Mitos di dunia teknologi yang cukup terkenal di antaranya adalah memasak air di dalam microwave dapat membuatnya meledak, atau mitos yang mengatakan Anda akan mendapatkan musibah jika tidak mem-forward atau mengirim ulang email tertentu. Banyak sekali orang yang percaya akan hal tersebut karena kurangnya pengetahuan mereka tentang teknologi.

Salah satu mitos lain yang berkembang di masyarakat adalah cara menghilangkan goresan pada CD dengan menggunakan pasta gigi atau odol. Ada orang yang percaya dan ada juga orang yang ragu akan kebenaran mitos tersebut. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Plimbi akan mengulas secara ilmiah apakah pasta gigi bisa menghapus goresan pada CD atau tidak.

True or False: Menghilangkan goresan pada CD dengan Pasta Gigi

Jika dilihat secara sepintas, maka mitos ini sangatlah aneh dan sulit untuk dipercayai kebenarannya. Mengapa mengoleskan pasta gigi di atas CD dapat menyelamatkan data yang ada di dalamnya? kenapa tidak sekalian saja kita taburkan kecap, saus, atau merica di atasnya? Sebelum kebingungan Anda berlanjut lebih jauh lagi, mari kita lihat terlebih dahulu apa saja komponen yang ada di sebuah CD.

Setiap CD akan memiliki 4 lapisan yang terdiri dari CD label, acrylic layer, aluminium layer, dan polycarbonate plastic layer. Polycarbonate plastic merupakan lapisan paling tebal dibanding yang lainnya karena memiliki tebal sekitar 1,2 mm. Pada apisan inilah Anda dapat menemukan berbagai macam goresan pada CD Anda.

Ketika sebuah CD player sedang bekerja, maka ia akan mengirimkan sebuah cahaya laser ke dalam lapisan plastic tersebut dan selanjutnya di pantulan oleh lapisan aluminium. Pantulan tersebut akan kembali ke CD player untuk dibaca dan diterjemahkan ke dalam sebuah video, musik, data, dan lainnya.

Proses tersebut berlangsung secara cepat dan berulang-ulang secara terus menerus sehingga menghasilkan video yang halus. Lantas bagaimana jika terdapat goresan pada CD tersebut? Jika terdapat sebuah goresan yang cukup parah, maka goresan tersebut akan menghalangi jalur dari sinar laser. Sehingga sinar laser yang dikirim oleh CD player akan memantul dan mengenai lapisan aluminium yang salah, maka biasanya Anda akan mendapatkan video yang patah-patah jika CD tersebut berisi sebuah video.

Jika goresan yang ada pada CD tersebut sangat kecil, maka hal tersebut tidaklah menjadi masalah karena CD dan CD Drive biasanya memiliki kode pengecekan error tertentu yang dapat menanggulangi beberapa masalah tersebut. Akan tetapi jika goresan yang ada pada CD tersebut cukup signifikan sehingga sinar laser tidak bisa menjangkau lapisan aluminium yang tepat, maka CD tersebut tidak akan bisa dibaca sebagian atau bahkan tidak bisa dibaca semuanya.

Selamatkan CD Anda dengan Pasta Gigi

Beberapa orang mengatakan bahwa membersihkan CD dengan cara mengoleskan dan menggosokkan pasta gigi di atasnya dapat mengatasi berbagai masalah tersebut. Jika Anda masih bingung apakah pasta gigi dapat membersihkan CD, maka Plimbi akan menjawab hal tersebut dengan: "Ya, Anda dapat membersihkannya dengan pasta gigi”. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

Untuk membersihkannya, pertama-tama Anda harus memastikan bahwa CD tersebut sudah bersih dari debu dengan cara mengelapnya menggunakan kain lembut. Ingat, Anda harus selalu mengelap CD dimulai dari bagian tengah ke bagian luar untuk mencegah berbagai macam goresan yang berbahaya. Jika sudah selesai, maka Anda sudah siap untuk mengoleskan pasta gigi ke CD tersebut.

Oleskan secolek pasta gigi ke sebuah kain lembut atau Anda juga bisa langsung mengoleskannya ke permukaan CD tersebut. Gosoklah permukaan CD tersebut dengan pola memutar layaknya Anda sedang membersihkan mobil. Anda harus menggosoknya secara perlahan dan jangan terlalu kuat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda telah menggosoknya, bersihkanlah permukaan CD tersebut dari pasta gigi yang tersisa. Setelah itu cobalah perhatikan goresan-goresan yang sebelumnya ada pasti akan berkurang atau hilang sama sekali. Jika Anda sudah merasa puas, maka Anda tinggal membilasnya dengan air dan kemudian langsung keringkan untuk digunakan di kemudian hari. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel