Cara Mengaktifkan Fitur Unlock Screen Menggunakan Pattern Pada Android

28 Oct 2011 08:00 14884 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahuinya, karena fitur ini bisa dibilang sedikit "tersembunyi" pada setting OS Android. Unlock Screen pada Android memiliki tiga pilihan, dua pilihan pertama adalah yang sudah umum pada handheld lainnya Password, menggunakan huruf dan/atau angka, dan PIN yang menggunakan angka saja.

Saat layar handheld terkunci dan Anda ingin membukanya kembali, umumnya sistem pengunci pada sebuah smartphone adalah berbentuk password dimana untuk membuka kunci layar Anda harus menginputkan sederetan huruf dan/atau angka. Hal ini perlu untuk keamanan agar handheld tidak bisa digunakan oleh orang lain yang tidak Anda kehendaki. Namun harus meng-input-kan password setiap kali Anda mengaktifkan layar bisa sangat mengganggu bagi beberapa pengguna, apalagi bila dalam keadaan urgent dan Anda terburu-buru ingin menggunakan handheld Anda. Tahukah Anda Android memiliki sistem pengunci selain password?

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahuinya dan beberapa dari Anda mungkin belum mengetahuinya, karena fitur ini bisa dibilang sedikit "tersembunyi" pada setting OS Android. Unlock Screen pada Android memiliki tiga pilihan, dua pilihan pertama adalah yang sudah umum pada handheld lainnya Password, menggunakan huruf dan/atau angka, dan PIN yang menggunakan angka saja. Pilihan terakhir adalah unlock screen menggunakan pattern.

Untuk mengaktifkan fitur unlock screen menggunakan pattern pada Android, lakukan pengaturan berikut:

  1. Akses "Setting" pada Android

  2. Pilih "Location and security -> Set screen lock -> Pattern"

  3. Ciptakan pattern sebagai sistem keamanan untuk unlock screen Android Anda. untuk menciptakannya, bentuk pattern terserah Anda dengan menghubungkan minimal 4 titik yang tersedia dengan satu gerakan tanpa terputus.

  4. Pilih "Continue" dan Anda diminta untuk menggambarkan pattern yang sama sebagai konfirmasi, lalu pilih "Confirm."

  5. Selesai, selanjutnya lock screen Android.

Setting default menentukan saat Anda menggambarkan pattern pada kondisi lock screen, garis yang dibentuk oleh gesture Anda tidak akan terlihat seperti saat Anda melakukan setting pattern. Apabila Anda kesulitan, Anda bisa menampilkan garis tersebut dengan cara "Setting -> Location and security -> centang Use visible pattern". Untuk menonaktifkan fitur ini, pilih "Settings -> Location and security -> Change screen lock -> gambarkan pattern unlock screen yang telah Anda buat -> pilih None". That's it. [RY]

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel