Memanfaatkan Safe Mode, Factory Reset, Dan Backup Pada Sistem Operasi Android

7 Feb 2013 11:00 11254 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apabila Anda memiliki problem dengan sistem operasi Android, atau Anda pengguna pemula perangkat Android yang juga memiliki problem, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan.

Android tidak hanya memberikan Anda kebebasan untuk bereksplorasi, sistem operasi ini juga memberikan kebebasan dalam mengatasi problem yang ada pada sistem operasi Android. Jika Anda memiliki masalah pada kerja sistem operasi, Anda dapat melakukan berbagai tindakan yang dapat membantu dalam memperbaiki perangkat yang tidak berfungsi dengan baik. Apabila Anda memiliki problem dengan sistem operasi, atau Anda pengguna pemula perangkat Android yang juga memiliki problem, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda manfaatkan.

Safe Mode

Jika Anda suka mengutak-atik Android, mungkin Anda dapat memulainya dari custom ROM. Namun, untuk beberapa kesempatan mungkin beberapa fungsi tidak bekerja semestinya. Dalam kasus seperti ini, periksa apakah ROM memiliki safe mode. Kebanyakan sistem operasi memiliki sesuatu yang dinamakan safe mode, di mana akan membawa perangkat untuk melakukan boot up pada sistem tanpa menjalankan aplikasi third-party.

Safe mode akan berguna khususnya ketika sistem operasi mengalami error atau mendapatkan problem dan Anda tidak mengetahui apakah hal itu berasal dari sistem operasi atau suatu aplikasi didalamnya. Berikut ini merupakan langkah bagaimana boot pada safe mode.

Untuk Android 4.1 ke atas:

  • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul pop up

  • Dalam menu yang ditampilkan, tahan tombol opsi Power Off hingga muncul pop up

  • Tap OK untuk reboot ke Safe Mode, dan sekarang Anda telah melakukan Safe Mode

Untuk Android 4.0 ke bawah:

  • Matikan perangkat Android Anda

  • Tahan tombol power pada perangkat

  • Ketika melihat logo boot pada layar, tahan tombol Volume Up dan Volume Down secara bersamaan hingga booting selesai, dan sekarang Anda telah melakukan Safe Mode.

Factory Reset

Sebelum melakukan factory reset, pastikan bahwa semua data yang Anda miliki telah di-backup. Jika belum bisa memastikannya, Anda bisa melihat penjelasan tentang backup pada bahasan selanjutnya. Apabila sistem operasi Android pada perangkat Anda tidak bekerja dan Anda telah mencoba segalanya untuk memperbaikinya tetapi tetap saja masalah tersebut terus muncul, opsi terakhir adalah melakukan factory reset.

Secara mendasar, factory reset adalah mengembalikan segala hal yang ada di ponsel Anda seperti sedia kala saat pertama kali Anda baru membelinya. Jika perangkat Android Anda sedang aktif, Anda dapat melakukan factory reset dari sistem operasinya, yaitu:

  • Kunjungi menu Settings

  • Pilih Backup & Reset (Untuk Android 2.3 ke bawah, pilih Privacy)

  • Pilih Factory Data Reset

Jika perangkat Android dalam keadaan mati, Anda perlu boot ke Recovery Mode. Pada dasarnya, fungsi Recovery Mode sama dengan Safe Mode, di mana akan menggunakan sistem operasi untuk kepentingan yang khusus. Sayangnya, proses booting Recovery Mode berbeda-beda pada setiap perangkat, tergantung pada model dan pabrikannya. Berikut kombinasi umum yang biasa digunakan untuk boot ke Recovery Mode:

  • Tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power

  • Tahan Volume Up + Home + Power

  • Tahan tombol Home + Power

Jika Anda telah ada pada Recovery Mode, Anda akan melihat menu pada layar. Menggunakan tombol Volume Up dan Volume Down, arahkan pada opsi Factory Reset yang terkadang dinamakan Wipe Data.

Backup

Backup adalah aspek yang krusial dalam pemakaian perangkat Android sehari-hari. Ini adalah suatu fungsi yang sangat membantu, terutama ketika Anda sering menyimpan pesan, aplikasi, file document, contact, dan hal lainnya pada perangkat Android. Ketika sistem operasi Android mengalami kegagalan atau kerusakan, backup akan menyelamatkan hidup Anda. Untungnya, Android juga menyediakan aplikasi backup yang membuat proses backup menjadi lebih mudah.

Proses backup dan restore tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, tetapi secara umum memiliki ide yang sama. Aplikasi tersebut akan memindahkan semua data ke kartu memori. Jika Anda melakukan factory reset, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena factory reset tidak akan mengganggu kartu memori. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel