Cara Menyembunyikan File Pada Android

21 Oct 2011 16:30 15292 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa hari yang lalu ada seorang teman menanyakan kepada Paseban "bagaimana cara menyembunyikan file di Android?" dari pertanyaan dari seorang teman tersebut, akhirnya proses mencari tahu dimulai, dan kemudian artikel tips & trick cara menyembunyikan file ini tercipta.

Beberapa hari yang lalu ada seorang teman menanyakan kepada Plimbi "bagaimana cara menyembunyikan file di smartphone Android?" Dia membutuhkannya untuk menyembunyikan dokumen pekerjaan yang tersimpan di perangkat Android miliknya. Dengan jujur jawaban "tidak tahu" terlontar, karena memang selama ini tidak pernah membutuhkan trick seperti ini.

Namun dari pertanyaan dari seorang teman tersebut, akhirnya proses mencari tahu dimulai, dan kemudian artikel tips & trick cara menyembunyikan file ini tercipta.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Bagaimana cara menyembunyikan file pada perangkat Android sebenarnya sudah tersedia di Android Market, Anda bisa menemukan banyak aplikasi yang berfungsi untuk menyembunyikan file. Dua contoh aplikasi terbaik adalah Hide It Pro dan iLock Pro. Kedua aplikasi gratisan ini memiliki fungsi yang serupa yaitu untuk menyembunyikan file, ditambah kemampuan untuk mengunci file dengan password. Jika dibandingkan lebih detail, Hide It Pro memiliki fitur lebih banyak dibandingkan iLock Pro, seperti terdapat audio player terintegrasi pada aplikasi ini.

Cara Manual tanpa Aplikasi Tambahan

Menggunakan aplikasi tambahan memang lebih mudah dan juga dilengkapi dengan kemampuan password dan fitur lainnya. Namun apabila Anda merasa tidak memerlukan sebuah aplikasi tambahan karena yang Anda butuhkan hanyalah menyembunyikan file, atau karena internal memory Android Anda terbatas dan tidak ingin membebaninya dengan menambah aplikasi lain, Anda bisa menggunakan cara manual dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi "My files" dan pilih file yang ingin Anda sembunyikan.

  2. Tap dan tahan file -> pilih "Rename"

  3. Tambahkan titik (.) di depan nama file tersebut -> pilih "OK"

  4. Selesai

Setelah Anda memilih "OK", selanjutnya file Anda akan hilang dari dari list. Apabila Anda ingin mengakses file tersebut, lakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi "My files" -> tekan menu -> pilih More

  2. Pada pilihan selanjutnya, pilih "Settings"

  3. Pada menu "Settings" centang "Show hidden files"

  4. Selesai. (untuk menyembunyikan file lagi lakukan langkah yang sama dan hilangkan tanda centang pada pada "Show hidden files")

Setelah Anda melakukan langkah tersebut, selanjutnya Anda akan bisa melihat file tersembunyi lain yang merupakan file sistem Android, jangan Anda hapus. Cara menyembunyikan file yang lain yakni daripada Anda melakukan "rename" satu persatu dari file yang ingin Anda sembunyikan adalah kumpulkan semua file yang ingin Anda sembunyikan pada satu folder, lalu beri nama folder tersebut dengan diawali titik (.) Simple as that!

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel