Cara Mengetahui Layanan SMS Premium yang Sedang Anda Ikuti

21 Oct 2011 15:30 13615 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti artikel "Polemik Kasus Pencurian Pulsa" yang Paseban bahas kemarin, di mana langkah *"fresh start"* sudah diambil dari pihak pemerintahan dengan menghentikan semua layanan **SMS Premium** dan memulainya dari awal lagi. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui **SMS Premium** yang sedang Anda ikuti:

Seperti artikel "Polemik Kasus Pencurian Pulsa" yang Paseban bahas kemarin, di mana langkah "fresh start" sudah diambil dari pihak pemerintahan dengan menghentikan semua layanan SMS Premium dan memulainya dari awal lagi.

Beberapa operator seluler nampaknya ikut mendukung gerakan pemberantasan pencurian pulsa melalui SMS Premium ini dengan menawarkan layanan untuk mengecek langganan konten yang sedang diikuti pelanggan hingga berhenti dari langganan konten tersebut.

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui SMS Premium yang sedang Anda ikuti:

Telkomsel

Seperti berita yang terdapat pada situs resminya tertanggal 18 Oktober 2011, "Telkomsel memberikan tambahan kemudahan bagi para pelanggan untuk melakukan deaktifasi layanan SMS Premium melalui direct menu bebas pulsa *111# (kartuHALO) dan *116# (simPATI dan Kartu As). Upaya ini merupakan inisiatif Telkomsel dalam menanggapi perhatian masyarakat terhadap maraknya isu penyalahgunaan SMS akhir-akhir ini."

Paseban mencobanya pada kartu Simpati dengan hasil sebagai berikut:

  1. Dial nomor *116# dan akan muncul tampilan ini

  2. Input pilihan 3 dan Anda diarahkan pada menu ini

  3. Selanjutnya input pilihan 1 dengan hasil SMS akan dikirimkan pada Anda

  4. Hanya selang beberapa detik, Paseban mendapatkan SMS berikut

Saat ini Anda tidak terdaftar di ADN manapun

XL

XL juga memiliki layanan untuk mengetahui layanan SMS Premium yang sedang Anda ikuti, caranya sama seperti layanan Telkomsel diatas dengan dial nomor 123572# Lalu ikuti petunjuk (yang berpola hampir sama dengan penjelasan Telkomsel diatas). Pelanggan XL juga bisa menghubungi 817 jika mengalami kesulitan.

Untuk amannya Anda bisa dial *123# saja, pada menu tersebut juga terdapat pilihannya, karena tidak jarang posisi menu akan berubah.

Indosat

Untuk operator Indosat, Anda bisa mengetikkan STATUS dan mengirimkannya ke 726 dan SMS ini tentu gratis. Tak seberapa lama, Indosat pun akan membalas seperti ini:

Tidak ada layanan Anda yang terdaftar dalam sistem kami.

Selain via SMS, Indosat juga menyediakan berbagai layanan untuk menghentikan SMS Premium, Anda bisa membaca selengkapnya pada press release dari Indosat yang menyediakan kemudahan menghentikan layanan ini.

Secara umum pun Anda bisa langsung menghentikan layanan ini dengan ketik UNREG dan kirim ke 9600. Apabila berhasil, Anda akan mendapat jawaban:

Terima kasih. Anda sudah berhenti dari semua layanan berlangganan kami"

Apabila Anda mendapatkan jawaban

"Mohon maaf, untuk sementara SMS yang Anda kirim belum bisa kami proses. Silahkan diulangi beberapa saat lagi"

Yang dikeluhkan oleh beberapa pelanggan, ulangi lagi pengiriman SMS UNREG hingga Anda mendapat jawaban yang menandakan proses UNREG berhasil seperti contoh. Memang, cukup sulit untuk berhenti berlangganan SMS Premium yang mencekik pulsa.

Untuk operator seluler lainnya, Paseban belum menemukan dan masih mencari informasi akan adanya layanan seperti ini. Apabila kebetulan Anda sudah menemukannya, silahkan berbagi dengan Kami. RY

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel