Google dan Samsung Tertarik Kembangkan Near-Field Communication (NFC)

17 Oct 2011 13:00 4981 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Antusias perusahaan bidang mobile technology untuk mengimplementasi NFC tidak hanya terjadi di tanah air saja. Kabar terakhir yang muncul tentang penggarapan NFC juga dilakukan oleh Google dan vendor ponsel raksasa dari Korea, Samsung.

Dapat dipastikan Anda sudah familiar dengan NFC (Near-Field Communication) sebagai salah satu fitur pada produk ponsel terbaru. Paseban pun sudah pernah membahas tentang teknologi nirkabel masa depan NFC ini.

Belum dapat dipastikan kapan teknologi ini akan memasuki Indonesia dan bisa digunakan oleh khalayak. Namun dari berita terakhir yang dimuat di beberapa media, Telkomsel sedang menggarap implementasi NFC pada produk T-Cash miliknya. Plimbi juga pernah memberitakan tentang hal ini sebelumnya pada artikel pembayaran berbasis NFC Telkomsel. Dan saat kembali mengunjungi Circle-K yang sama, Paseban berhasil mengambil foto dari alat tersebut dan penjaga toko sudah bisa mengkonfirmasi bahwa alat tersebut untuk produk T-Cash Telkomsel.

Antusias perusahaan bidang mobile technology untuk mengimplementasi NFC tidak hanya terjadi di tanah air saja. Kabar terakhir yang muncul tentang penggarapan NFC juga dilakukan oleh Google dan vendor ponsel raksasa dari Korea, Samsung.

Google Wallet

Google Wallet rilis pada bulan September lalu dengan hanya satu smartphone yang mendukung, NFC-Enable, yaitu Nexus S 4G. NFC chip pada Nexus 4G "lepas" dari OS utama dan hardware lainnya, sehingga tidak terganggu dan juga mengganggu kinerja OS dan hardware lain. Dikabarkan ponsel tanpa NFC-Enable pun bisa menggunakan Google Wallet dengan adanya sticker khusus NFC, namun banyak pihak yang meragukan keamanan sticker khusus ini.

Samsung Galaxy S II NFC-Enable

Untuk mendukung Google Walet yang sedang gencar dikembangkan oleh Google, Samsung dikabarkan menyematkan perangkat NFC pada Samsung Galaxy S II dalam bentuk yang berbeda.

Seperti yang ditampilkan pada foto di atas, kemampuan NFC pada Samsung Galaxy S II produksi selanjutnya terletak pada baterai. Berikut penampakan dari baterai original Samsung Galaxy S II sekarang dan baterai original Samsung Galaxy S II NFC-Enable:

Belum diketahui apakah Samsung akan menjual secara terpisah baterai NFC-Enable ini untuk pengguna yang ingin meng-upgrade Samsung Galaxy S II lamanya menjadi NFC-Enable, atau hanya khusus disematkan pada Samsung Galaxy S II produksi terbaru. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel