4 Alasan Mengapa Membeli Netbook Lebih Menguntungkan Dibanding Tablet

4 Feb 2013 08:00 6803 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Satu-satunya hal yang mungkin akan sedikit menghambat pertumbuhan Netbook adalah tablet. Namun untuk berbagai macam hal lainnya, rasanya Netbook masih ada jauh di atas tablet. Berikut adalah alasan mengapa Anda lebih baik membeli Netbook dibanding tablet.

Beberapa bulan yang lalu, Lenovo mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan lagi menjual Netbook ke pasaran. Hal tersebut tentu membuat banyak pihak mengklaim bahwa kematian Netbook akan segera tiba. Namun hal tersebut pastinya sangat membingungkan. Pasalnya, hingga saat ini tidak ada definisi pasti untuk menyebut produk yang bernama Netbook. Kebnyakan orang akan mengunakan istilah Netbook untuk menyebut laptop berukuran kecil. Jika memang benar begitu, maka kematian Netbook yang digadang-gadang oleh kebanyakan orang tentu akan salah besar. Alasannya, saat ini para manufaktur justru sedang gencar-gencarnya memasarkan berbagai macam produk laptop kecil, dari mulai Macbook Air hingga ultrabook.

Satu-satunya hal yang mungkin akan sedikit menghambat pertumbuhan Netbook adalah tablet. Bagi Anda yang ingin memiliki device kecil dengan kemampuan mengakses internet dan baterai yang tahan lama, tentu tablet menjadi pilihan terbaiknya. Namun untuk berbagai macam hal lainnya, rasanya Netbook masih ada jauh di atas tablet. Berikut adalah alasan mengapa Anda lebih baik membeli Netbook dibanding tablet.

Murah dan Tahan Lama

Salah satu alasan utama ketika seseorang membeli Netbook adalah harganya yang murah. Bayangkan, Netbook EEE PC keluaran Asus rata-rata hanya dibanderol sekitar 2 hingga 4 juta rupiah saja. Untuk kebutuhan sehari-hari, tentu Netbook tersebut akan sangat berguna dan cukup menghemat kantong Anda jika dibandingkan dengan harga tablet yang berkisar antara 4 hingga 7 juta rupiah. Walaupun sekarang telah muncul berbagai macam tablet di bawah 2 juta rupiah, namun kualitas dari tablet-tablet tersebut masih layak untuk dipertanyakan.

Selain itu, manfaat lain dari Netbook adalah tahan lama. Hampir semua jenis Netbook dapat dipakai untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi terbaru sehingga tidk akan ketinggalan jaman. Namun jika Anda memakai iPad ataupun Galaxy Tab generasi pertama, maka besar kemungkinannya perangkat tersebut tidak akan di-update lagi oleh Apple dan Samsung karena telah tergantikan oleh perangkat-perangkat yang lebih baru. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan jaman jika menggunakan sebuah Netbook.

Tablet Hanyalah Untuk Konsumsi, Bukan Untuk Kreativitas

Jika Anda hanya ingin menjelajahi isi timeline Twitter, menonton satu atau dua film di waktu senggang, ataupun hanya ingin melempar-lemparkan burung ke sekumpulan babi, maka mungkin tablet lah yang sedang Anda cari. Tapi jika Anda ingin membuat berbagai hal, maka komputer atau Netbook lah yang menjadi jawabannya.

Jika dilihat secara mendasar, tablet memang dibuat sebagai perangkat konsumsi. Artinya, perangkat tersebut sangatlah cocok untuk 'dimainkan', namun tidak cocok untuk membuat sesuatu hal yang bermanfaat. Hal tersebut sangatlah terlihat jelas jika Anda melihat berbagai aplikasi terlaris untuk iOS dan Android, di mana semuanya didominasi oleh game dan berbagai aplikasi sosial media.

Jika Anda seorang penulis maka tablet juga bukanlah perangkat yang bersahabat untuk Anda karena Anda akan kesulitan untuk mengetik dengan cepat di atas layar touchscreen. Mungkin hal tersebut bisa di atasi jika Anda membeli keyboard portable. Namun daripada repot-repot membeli keyboard portable, mungkin lebih baik bagi Anda untuk langsung membeli Netbook saja.

Tidak Akan Ada Goresan di Layar

Jika Anda membeli tablet, tentu goresan di layar akan mengurangi keindahannya. Selain itu, jika tablet tersebut terjatuh, maka pastinya layar Anda akan langsung pecah. Hal tersebut tentu tidak akan terjadi pada Netbook.

Tablet Kurang Nyaman Untuk Membaca

Hal utama yang biasanya menjadi alasan seseorang ketika membeli tablet adalah untuk membaca buku atau majalah secara mudah. Namun sayangnya, terkadang layar tablet terlalu menyilaukan sehingga kurang enak jika dipandang untuk waktu yang lama. Dengan begitu, maka tetap saja cara paling efektif untuk membaca sebuah buku adalah melalui buku tersebut secara langsung. Terlebih jika Anda membaca buku sebelum tidur, maka jika Anda membacanya dari sebuah tablet maka pasti lama-kelamaan mata Anda akan menjadi perih.

Kesimpulannya bahwa tablet hanyalah berguna jika Anda membutuhkannya untuk menghibur diri. Sementara jika Anda ingin membuat berbagai macam hal, maka sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan Netbook saja. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel