Tips Mengatasi Masalah iPhone 4 dan Samsung Galaxy Tab

14 Jan 2013 14:00 3665 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Semakin canggihnya gadget saat ini, membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Namun, terkadang gadget canggih tersebut menemui kerusakan atau error yang tidak jarang membuat kepala pusing. Kali ini Paseban akan membantu Anda untuk mereparasi sendiri gadget Anda yang rusak.

Semakin canggihnya gadget saat ini, membuat banyak orang tergiur untuk memilikinya. Namun, terkadang gadget canggih tersebut menemui kerusakan atau error yang tidak jarang membuat kepala pusing. Kali ini Plimbi akan membantu Anda untuk mereparasi sendiri gadget Anda yang rusak. Pada kesempatan ini, kerusakan yang akan kami bahas adalah cara mengatasi masalah iPhone 4 dan Samsung Galaxy Tab.

Home Button iPhone 4 Satu hal yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna iPhone 4 adalah masalah tombol Home. Beberapa hanya mengalami masalah di responsivitasi, artinya ada sedikit kurang responsif saja, tapi masih aktif. Beberapa yang lain bahkan tidak bisa jalan sama sekali. Untuk mengatasi masalah iPhone 4 ini, berikut langkah-langkahnya:

- Refresh Springboard Apa itu refresh springboard? Ini adalah cara merefresh home button dengan memanfaatkan aplikasi bawaan iPhone. Caranya buka aplikasi bawaan semisal calender, notes, clock dan sebagainya. Tekan tombol power hingga muncul halaman Slide to Power Off. Masih dilayar ini, jangan matikan ponsel Anda. Sebaliknya, tekan tombol home yang lama, hingga layar kembali kemenu awal. Cek kembali bagaimana tombol Home Anda. Sudah lebih baikkah? Atau masih kurang responsif? Jika masih, lanjutkan ke langkah berikutnya.

- Gunakan Konektor 30 Pin Hubungkan iPhone dengan konektornya. Tekan sedikit konektor iPhone Anda hingga terjungkit ke atas (ke bagian muka). Masih dalam keadaan konektor dipaksakan diangkat sedikit (dicungkil), tekan tombol home sekali saja. Cek kembali apakah tombol Home suah seresponsif yang Anda harapkan. Jika ternyata tombolnya masih bandel, lanjutkan ke langkah berikutnya.

- Bersihkan dengan Alkohol Murni Ada penelitian yang menyebutkan tangan kita lebih banyak mengandung kuman dari pada sebuah toilet. Setelah makan, atau ketika masih berkeringat, kita sudah main ponsel dan menekan tombol home, baik sadar maupun tidak. Hal tersebut berpotensi meninggalkan banyak kotoran di sela-sela tombol home. Kadangkala inilah yang membuat tombol home Anda bermasalah. Satu-satunya cara adalah membersihkannya. Siapkan alkohol murni (di atas 96%). Anda bisa mendapatkannya di toko-toko kimia, bukan alkohol di supermarket. Teteskan sedikit alkohol di kapas, lalu sedikit demi sediki basahi sekeliling tombol home dengan alkohol itu. Tunggu mengering lalu lap kembali dangan kain bersih. Cek kembali pakah tombol home iPhone Anda sudah bebas dari masalah. Namun, bila masih belum berhasil, ikuti cara berikutnya.

- Gunakan Assistive Touch Jika masih tidak bisa diperbaiki, memang akhirnya Anda akan membutuhkan bantuan software. Apple tahu betul bagaimana memperbaiki hubungan dangan para penggunanya. Fitur Assistive Touch yang muncul sejak iOS 5 merupakan salah satu cara untuk memperbaiki masalah yang ada di tombol home iPhone 4. Caranya: masuk ke setting > General > Accessibility > Assistive Touch - ON. 

Trik Perbaikan Mati Total Samsung Galaxy Tab Belakangan ini dunia terhenyak dengan perkembangan tablet dan smartphone yang begitu pesatnya. Di tanah air fenomena inipun begitu terasa. Sangat banyak pengguna ponsel yang sudah beralih ke smart phone maupun tablet. Ditambah lagi, tidak sedikit dari mereka yang memiliki gadget lebih dari satu. Menambah kesan bahwa dunia sudah terjangkit demam gadget. Di indonesia sendiri, tablet produksi samsung merupakan salah satu yang paling unggul di pasaran. Mengusung sistem operasi android, Galaxy tab merajai pasar tablet. Pengguna gadget ini dengan mudah bisa men-download aplikasi baik yang gratis maupun yang berbayar. Juga untuk meng-upgrade sistem operasi, bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Tinggal mengunduh secara gratis dan langsung dijalankan di PC. Istimewahnya lagi, saat proses upgrade, Anda tidak membutuhkan flasher box khusus yang harus dibeli dengan harga yang lumayan mahal.

Namun ada resiko yang cukup tinggi dibalik semua kemudahan tersebut di atas. Jika proses upgrade terhenti di tengah jalan, atau versi software baru tidak cocok dengan spesifikasi hardware, salah-salah ponsel tidak bisa di power on alias mati total. Dalam kondisi mati total akibat software ini, tentu saja tidak merusak hardware. Prosedur perbaikannya kembali. Namun, kali ini proses pengisian membutuhkan prosedur yang cukup rumit untuk mengirim loader yang cukup rumit untuk mengirim loader file ke dalam RAM pada tablet (proses resurrection). Proses ini tidak bisa lagi dilakukan via USB, mau tak mau harus dikirim lewat JTAG test pont, serta membutuhkan box flasher. Nah kali ini, kita akan membahas trik perbaikan Galaxy tab yang mati total karena salah ini sistem operasi, menggunakan RIFF Box.

1. Bongkar galaxy tab, lepaskan semua baut yang mengunci papan board

2. Solder dengan kawat jumper pinout galaxy tab ke riff jtag

3. Jalankan software riff box jtag manager

4. Klik Ressurection

5. Selanjutnya centang select PBL Version to Use dan klik continue 

6. Tunggu sebentar sampai resurrection complete 7. Proses pembangkitan selesai 8. Pasang kembali ponsel Galaxy, rapikan seperti semula. Untuk kemudian lakukan flashing dengan Odin3 V1.7 Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah iPhone 4 atau pun Samsung Galaxy Tab Anda. Selamat mencoba! [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel