Perbedaan Ukuran Data pada Komputer: Gigabytes, Terabytes, dan Petabytes

1 Feb 2013 16:00 13392 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam beberapa tahun belakangan ini, kita pastinya benar-benar merasakan peningkatan kapasitas data yang semakin hari semakin besar. Namun sangat jarang sekali orang yang mengetahui seberapa besarnya 1 gigabyte itu. Oleh karena itu, simaklah ulasan berikut ini.

Anda semua pastinya mengetahui jika 500 gigabytes itu lebih besar dari 100 gigabytes. Selain itu, Anda juga pastinya paham betul jika 1 terabyte itu lebih besar dari 1 gigabyte, dan 1 gigabyte juga lebih besar dari 1 megabyte. Namun semua itu hanyalah hitungan abstrak yang sangat sulit untuk divisualisasikan. Mungkin kita akan dengan mudah membayangkan berapa itu 1 inchi, 1 meter, atau bahkan 1 mil. Namun bisakah kita membayangkan berapa itu 1 gigabyte, 1 terabyte, atau bahkan 1 petabyte? Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam beberapa tahun belakangan ini, kita pastinya benar-benar merasakan peningkatan kapasitas data yang semakin hari semakin besar.

Namun sangat jarang sekali orang yang mengetahui seberapa besarnya 1 gigabyte itu. Oleh karena itu, simaklah ulasan Plimbi berikut ini agar dapat mengetahui betapa besarnya ukuran data gigabyte, terabyte, atau bahkan petabyte. 1 Gigabyte = 1,024 Megabytes Mari kita mulai pembahasan ini dengan istilah "byte” terlebih dahulu. Secara sederhana, 1 byte dapat dikatakan sebagai sebuah ukuran data yang mampu menampung 1 karakter huruf. Jika satu kata terdiri dari 6 huruf, maka ukuran kata tersebut adalah 6 bytes.

Oleh karena itu, sebuah essay yang terdiri dari 500 kata akan berukuran 3.000 bytes. Untuk mencapai ukuran kilobyte (KB), Anda membutuhkan 1.024 bytes. Istilah "kilo” di sini sama dengan istilah yang terdapat di "kilometre” atau "kilogram” yang memiliki arti "seribu”. Namun dalam dunia komputer, 1 kilobyte bukanlah 1000 bytes, melainkan 1.024 bytes. Dengan begitu, sebuah essay yang berisi 500 kata akan memiliki ukuran 3.000 bytes atau 2,92 KB. Sebuah novel yang berisi 200.000 kata tentu akan membutuhkan 1.172 KB atau 1,14 megabytes (MB). Semua karya-karya dari Shakespeare juga akan menghabiskan sekitar 5 MB jika ditulis dalam plain format. Selain itu, kapasitas 5 MB juga dapat digunakan untuk menyimpan lagu MP3 berdurasi 5 menit. Satu gigabyte (GB) berukuran 1.024 MB.

Ukuran itu sama dengan jumlah buku yang disejajarkan sejauh 10 kaki atau 200 lagu yang masing-masing berdurasi 5 menit. Ukuran gigabyte ini mungkin sudah cukup familiar di telinga kita. 1 Terabyte = 1,024 Gigabytes Sudah sekian lama kita selalu mendengar ukuran dari sebuah hard drives dalam satuan GB. Namun beberapa tahun belakangan ini tampaknya kita mulai familiar dengan hard drive yang memiliki ukuran terabyte (TB). Seberapa besarkah ukuran TB ini? Jika kita coba kalkulasikan, maka 1 TB = 1,024 GB = 1,048,576 MB = 1,073,741,824 KB = 1,099,511,627,776 bytes. Dengan kata lain, ukuran dari 1 TB ini mencapai lebih dari 1 trilyun bytes. Coba Anda bayangkan berapa banyak disket yang diperlukan untuk mencapai ukuran tersebut. Selain itu, ukuran 1 TB juga sama dengan jumlah 1.500 CD-ROM. Jika kesemua CD itu ditumpuk, maka tumpukannya akan setinggi 12 meter. Bayangkan betapa banyaknya ruang yang Anda hemat dengan membeli sebuah hard disk berukuran 1 TB yang hanya sebesar boks kecil.

1 Petabyte = 1,024 Terabytes Terakhir, kita akan menyambangi sebuah ukuran data terbaru yang sudah mulai banyak diperbincangkan orang, yaitu petabyte (PB). Dalam sebuah penelitian, otak manusia memiliki kemampuan untuk menyimpan sekitar 2,5 petabyte memori. selain itu, salah satu raksasa telekomunikasi di Amerika yaitu AT&T sanggup mengirimkan sekitar 20 PB data setiap harinya. Sangat sulit sekali jika kita mencoba untuk membayangkan ukuran data yang dimiliki oleh petabyte tersebut. Jika 1 TB saja sudah berukuran 1 trilyun bytes, maka 1 PB adalah 1 quadrilyun bytes. Entah berapa panjang ukurannya jika kita menuliskannya dengan angka desimal.

Jika kita coba untuk mengkalkulasikan, maka ukuran 1 PB ini dapat menampung sekitar 10 ribu jam dari sebuah program televisi yang memiliki definisi standar. Jika Anda menonton acara tersebut secara terus menerus tanpa makan, minum, atau tidur, maka Anda kan membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk menyelesaikannya. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel