Tips Seputar Penggunaan Baterai Ponsel yang Benar

12 Oct 2011 13:00 7471 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagai pengguna ponsel, kita juga harus mengetahui seluk beluk penggunaannya dengan baik dan benar. Salah satunya penggunaan baterai ponsel yang sangat vital bagi kelangsungan ponsel atau smartphone Anda.

Sebagai pengguna ponsel, kita juga harus mengetahui seluk beluk penggunaannya dengan baik dan benar. Salah satunya penggunaan baterai ponsel yang sangat vital bagi kelangsungan ponsel atau smartphone Anda.

Dalam artikel ini, Paseban akan mengupas tuntas seputar penggunaan baterai ponsel, ketahui apa-apa saja yang harus Anda lakukan dan tidak dalam merawat baterai ponsel Anda. Di bawah ini adalah cara menghemat baterai untuk semua produk ponsel :

  • Menonaktifkan ponsel. Cara ini mungkin merupakan cara yang paling efektif dan sederhana untuk melestarikan daya baterai Anda. Karena setidaknya Anda telah membantu menghemat energi dan juga tidak perlu sering-sering men-charge ponsel Anda. Jika Anda tidak ada rencana untuk menjawab telepon ketika menjelang waktu tidur atau dalam keadaan sedang bekerja sebaiknya matikan ponsel Anda.

  • Berhenti mencari sinyal. Ketika Anda berada di daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan sinyal operator yang Anda gunakan, ponsel Anda akan terus mencari koneksi yang lebih baik dengan segala kemampuannya. Sehingga kehidupan baterai ponsel Anda akan lebih cepat terkuras.

  • Gunakan mode getar. Sepanjang ponsel Anda berada di sekitar tubuh Anda seperti misalnya di dalam saku celana, tas dan di atas meja sebaiknya gunakanlah mode getar. Penggunaan mode ringtone tidak begitu diperlukan dalam keadaan seperti itu, karena malah hanya akan memboroskan masa hidup baterai ponsel Anda. Jadi, alangkah baiknya atur volume nada dering serendah mungkin.

  • Matikan backlight ponsel. Fungsi backlight adalah untuk memudahkan Anda membaca teks /huruf pada ponsel di luar maupun di dalam ruangan. Penggunaan backlight juga hanya akan memboroskan masa hidup baterai ponsel, sehingga sebisa mungkin aturlah kedalaman cahayanya agar mata Anda juga aman dari radiasi cahaya. Pada ponsel-ponsel sekarang ini, pengaturan backlight bisa diminimalkan serendah mungkin dengan kondisi cahaya yang masih menyala. Berarti, tinggal bagaimana Anda mempersingkat tampilan cahaya tersebut untuk menghemat pemakaian baterai. Beberapa ponsel juga ada yang memiliki sensor cahaya ambient, yang memungkinkan sebuah ponsel mematikan backlight dalam keadaan terang benderang dan menyala dalam keadaan gelap.

  • Hindari penggunaan fitur-fitur yang tidak bermanfaat. Ketika ponsel Anda sedang menganggur, jangan biarkan WiFi atau browser Anda terhubung ke jaringan internet.

  • Matikan Bluetooth ketika sudah tidak digunakan. Selain Bluetooth, fitur GPS, inframerah dan fitur-fitur lainnya yang memang built in pada ponsel Anda, gunakanlah secara bijak.

  • Gunakan pengaturan sinyal GSM, jangan 3G. JIka ponsel Anda dual mode, jangan menggunakan jaringan signal 3G kecuali jika Anda memang akan menggunakannya. Penggunaan jaringan 3G memakan masa hidup baterai 2x lebih besar daripada menggunakan jaringan GSM.

  • Bagi pengguna smartphone, hindari penggunaan screensaver.

Tips memperpanjang kehidupan baterai ponsel

  • Jaga suhu baterai. Mungkin Anda pernah mendengar mengenai mengembalikkan sedkit kehidupan baterai ponsel yang mengalami drop dengan dimasukkan ke dalam lemari es.. Sebenarnya tips tersebut tidak salah, dan memang disarankan sebaiknya baterai diletakkan di lemari es. Baterai ponsel akan lebih tahan lama jika digunakan dalam suhu kamar. Menyimpan ponsel di saku baju atau celana malah kurang baik, karena suhu tubuh Anda berpengaruh terhadap baterai ponsel. Pada intinya, jangan membiarkan ponsel Anda berada di tempat-tempat yang terkena suhu panas, seperti meninggalkan ponsel di dalam mobil atau di tempat yang terkena matahari langsung. Selain itu, periksa ketika baterai Anda sedang di-charge, jika terasa panas kemungkinan besar charger Anda mengalami kerusakan di dalamnya dan segera ganti dengan charge yang baru.

  • Charge baterai dengan benar. Charge yang benar disesuaikan dengan jenis baterai ponsel. Mengisi baterai Anda dengan benar, sesuai dengan jenisnya. Pada prosuk-produk ponsel sekarang ini, kebanyakan memakai jenis baterai Lithium-Ion (Li-Ion), sedangkan produk lama biasanya menggunakan jenis baterai berbasis nikel (NimH). Baterai jenis NiCd atau NiMH harus di-charge selama 16 jam, sedangkan baterai jenis Lithium-Ion hanya memerlukan waktu charge sekitar 5-6 jam.

  • Simpan baterai di tempat yang benar. Jika baterai ponsel dilepaskan untuk sementara waktu, simpan di tempat yang dingin dan kering tetapi tidak beku. Jangan menyimpannya di dekat benda yang berunsur logam.

  • Bersihkan tempat baterai pada ponsel dari debu. Ponsel yang tidak dirawat akan mengumpulkan banyak debu termasuk di tempat baterai terpasang. Debu-debu tersebut akan mengurangi efisiensi transfer energy, jadi sebaiknya rajinlah membersihkan rumah baterai dengan kapas yang dibasahi sedikit alcohol isopropyl.

Terlepas dari seberapa baiknya Anda dalam merawat baterai ponsel, toh pada akhirnya juga akan mati bukan? Yang perlu Anda ketahui juga adalah ketika baterai ponsel Anda mengalami pembengkakkan, kejadian ini mengindikasikan bahwa baterai ponsel tersebut sudah tidak layak untuk digunakan lagi dan segeralah ganti baterai ponsel Anda dengan yang baru. Semoga bermanfaat. MG

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel