Beginilah Cara Memeriksa Aman Tidaknya Sebuah Link

11 Oct 2011 12:00 3861 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa dari Anda, baik pengguna Mac, Windows, Linux, iOS, atau Android, pasti pernah terganggu saat membuka email atau situs berbahaya yang terdapat Link yang kemungkinan bisa mengakses informasi pribadi Anda atau yang sering disebut dengan "phished".

Beberapa dari Anda, baik pengguna Mac, Windows, Linux, iOS, atau Android, pasti pernah terganggu saat membuka email atau situs berbahaya yang terdapat Link yang kemungkinan bisa mengakses informasi pribadi Anda atau yang sering disebut dengan "phished".

Cara terbaik mengatasi hal ini adalah, tentu saja, cara browsing yang pintar dan aman. Lalu bagaimanakah melakukan browsing yang pintar dan aman? Berikut Plimbi menghadirkan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa memeriksa aman tidaknya sebuah link.

Selalu Double-check situs atau link banking, jejaring sosial, dan email Anda sebelum login. Kebanyakan browser, termasuk Firefox, Chrome, dan Internet Explorer sekarang memiliki fitur yang menandai bahwa situs tersebut telah diuji dan aman. Fitur yang umumnya berbentuk indikasi warna yang berubah pada bagian kiri dari URL bar, perhatikan hal ini agar kegiatan browsing Anda lebih aman.

Apabila Anda mendapatkan email berisi link situs yang belum familiar bagi Anda, sebaiknya Anda mengetikkan secara manual alamat situs tersebut di browser Anda daripada mengklik link, atau lebih baik lagi apabila Anda googling terlebih dahulu tentang situs tersebut. Dan satu lagi yang perlu Anda perhatikan mengenai alamat situs, penggunaan HTTPS akan lebih aman daripada HTTP, meskipun HTTPS tidak benar-benar 100% aman.

Selain mendapatkan link situs melalui email, Anda pasti sering mendapatkan link lain, seperti mendapatkan link video pada akun jejaring sosial Anda, dan lain-lain. Bagaimana untuk lebih memastikan bahwa link-link tersebut aman?

Terdapat beberapa layanan yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa keamanan link-link tersebut. Dan untuk memulainya Anda bisa memanfaatkan fitur Google Safe Browsing. Ketikkan > http://google.com/safebrowsing/diagnostic?site="alamat situs atau IP address yang ingin Anda periksa", contoh paseban.com. selanjutnya fitur tersebut akan menampilkan informasi diagnose Google apakah situs tersebut aman.

Layanan lain yang memiliki fungsi serupa dengan Google Safe Browsing adalah hpHost (http://www.hosts-file.net/). Akses situs tersebut dan Anda bisa menginputkan situs yang ingin Anda periksa pada "search bar", atau Anda bisa memeriksa laporan dari situs-situs yang sudah diperiksa oleh hpHost. hpHost memberikan informasi lebih detail daripada Google Safe Browsing. Layanan serupa selanjutnya adalah Norton Safe Web (http://safeweb.norton.com/) milik Symantec, dan Unmasked Parasites (http://www.unmaskparasites.com/).

Sebagai tambahan, terdapat juga aplikasi berbentuk plugin untuk browser yang memiliki fungsi memeriksa suatu link situs. AVG LinkScanner untuk Windows dan Mac (download link di sini). Aplikasi ini berbentuk plugin untuk Firefox dan Internet Explorer. Anti-Virus Free dari AVG Mobilation atau Lookout Security & Antivirus dari Lookout Mobile Security juga akan sangat berguna untuk perangkat Android Anda. RY

 

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel