Cara Aman Supaya BlackBerry dan Kartu Memori tetap Awet

4 Sep 2011 17:10 8669 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di perangkat BlackBerry memungkinkan Anda untuk meng-*install* berbagai aplikasi karena banyaknya memori yang tersedia. Nah, banyaknya memori yang tersedia ini kadang membuat Anda tergoda untuk mengisi memori yang ada, entah itu film, musik mp3, foto atau video. Bahkan Anda mungkin tidak menggunakan flash disk USB lagi dan menggantikan fungsinya dengan BlackBerry.

Di perangkat BlackBerry memungkinkan Anda untuk meng-install berbagai aplikasi karena banyaknya memori yang tersedia. Contohnya bila Anda memiliki BlackBerry Torch 9800 yang dilengkapi dengan memori internal 4 GB dan support untuk memori eksternal removable microSD hingga 16 GB. Nah, banyaknya memori yang tersedia ini kadang membuat Anda tergoda untuk mengisi memori yang ada, entah itu film, musik mp3, foto atau video. Bahkan Anda mungkin tidak menggunakan flash disk USB lagi dan menggantikan fungsinya dengan BlackBerry.

Jika Anda mengalami hal yang demikian, sepertinya Anda harus mengenal Mass Storage Mode BlackBerry yang pasti berguna bagi Anda. Apa sebenarnya fungsi dari cara ini? Alangkah baiknya jika Anda membaca kasus ini terlebih dahulu.

Dengan menggunakan kabel micro USB yang standard, Anda dapat menghubungkan perangkat apapun ke komputer dan menggunakan smartphone sebagai external drive. Semenjak BlackBerry menggunakan standard USB maka Anda tidak akan menemukan trouble saat menghubungkan memory card ke smartphone. BlackBerry Anda pun akan muncul sebagai salah satu drive removable, sehingga Anda tinggal melakukan transfer dari atau ke perangkat manapun sesuai yang Anda mau.

Seperti saat Anda melakukan hal yang serupa pada perangkat Flash Disk ke komputer. Untuk mencabutnya, perlu kehati-hatian tersendiri ketika Anda mencabutnya, Anda diharuskan melakukan safely remove device agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Begitu pula bila perangkat BlackBerry Anda terpasang pada komputer, Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar aman sebelum mencabut BlackBerry dari komputer tersebut.

Plimbi memberikan sedikit tips bagaimana cara "mengamankan" baik BlackBerry Anda maupun Kartu MicroSD nya. Cara ini mungkin tidak terlalu penting bagi sebagian orang, tapi sebagai ide, baiknya Anda mematikan kartu memori terlebih dahulu. Dengan begitu maka tidak akan ada data yang dibaca saat akan mengeluarkan kartu. Berikut ini adalah caranya sesuai dengan OS:

  • OS5: Options-> Memory-> Change media card support to "Off" (Anda akan perlu mengubah ini kembali setelah menginstal ulang kartu microSD).
  • OS6: Options-> Device-> Storage-> Press the menu key and choose "Safely Remove Media Card" (setelah kartu baru dimasukkan, Anda mungkin perlu kembali ke sini dan pilih "Instal Media Card" dari menu yang sama).

Jadi, mulai sekarang jaga Kartu memori Anda, biarkan seolah dia tahu kapan Anda men-connect atau men-disconnect-kannya apakah dari perangkat komputer atau dari dalam BlackBerry Anda. Dan ingat, biasakan menggunakan removable storage. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel