Khan Academy - Pendidikan Gratis Dalam Ribuan Koleksi Video Tutorial

25 Aug 2011 14:47 4713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Peribahasa lama mengatakan, dimana pun tempat kita berada adalah sekolah, siapapun orang yang kita temui adalah guru, benar memang peribahasa tersebut. Kita bisa belajar di mana saja, termasuk lewat Khan Academy yang bisa diakses secara online dan gratis.

Khan Academy merupakan sebuah organisasi pendidikan non-profit yang didirikan pada tahun 2006 oleh Salman Khan, seorang lulusan MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Salman Khan, yang akrab disapa Sal ini dilahirkan dan dibesarkan di New Orleans, Louisiana. Ayahnya berasal dari Barissal, Bangladesh sementara ibunya berasal dari Kolkata, India. Lulus dari MIT, Sal memperoleh tiga gelar, yaitu gelar BS di bidang matematika, BS di bidang teknik listrik dan ilmu komputer, serta MS di bidang teknik listrik serta ilmu komputer. Dari MIT, Sal melanjutkan sekolahnya untuk mengejar gelar MBA di Harvard Bussiness School. Pada tahun 2004, Sal sempat mengajarkan keponakannya, Nadia menggunakan notepad Yahoo! Doodle yang merasa kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika. Dari situlah Sal mulai berambisi untuk membuat ribuan tutorial gratis yang disimpan di Youtube.

Khan Academy sendiri memiliki misi yaitu menyediakan pendidikan yang berkualitas dan gratis untuk siapapun dan di manapun dengan menciptakan sekolah virtual kelas dunia, dimana setiap orang dapat belajar sesuatu. Dalam website-nya, Khan Academy memiliki koleksi lebih dari 2.400 video tutorial gratis yang disimpan di Youtube. Video-video yang diunggah Sal, berdurasi rata-rata 10 menit. Dari semua koleksi tersebut, diantaranya merupakan bahan-bahan perkuliahan yang terdiri dari Pelajaran Sejarah, Keuangan, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi dan Ilmu Komputer.

Di Khan Academy, kita bisa menjadi seorang siswa, pelatih, orang tua maupun guru. Sebagai seorang siswa, kita bisa memanfaatkan video library yang luas, sarana latihan soal serta mengetahui poin nilai yang bisa diakses langsung melalui web. Semua fasilitas tersebut dilengkapi dengan aplikasi pembelajaran sendiri dan juga sebuah dynamic system untuk mendapatkan bantuan dalam pengerjaan soal serta custom profile, poin dan lencana untuk mengukur kemajuan prestasi siswa.

Kiprah Khan Academy ternyata tak berhenti sampai disitu, para tokoh terkenal seperti Bill Gates salah satunya, rela mengucurkan dananya sebesar US$ 1,5 juta untuk mengembangkan Khan Academy. September 2010, Google pun mengumumkan bahwa mereka akan mendukung pengembangkan website KhanAcademy.org untuk menciptakan program yang lebih baik, supaya bisa diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia dengan kucuran dana sebesar US$ 2 juta. Nama-nama tokoh penting lainnya pun bermunculan, seperti Ann and John Doerr yang menyerahkan dana sosial sebesar US$ 100.000.

Selain Salman Khan yang terlibat sebagai Founder and Executive Director, saat ini Khan Academy telah memiliki sembilan orang tim yang solid, diantaranya:

  1. Shantanu sebagai President & COO,

  2. Bilal sebagai Dean of Translations,

  3. Ben sebagai Lead Developer,

  4. Jason sebagai Lead Designer,

  5. Marcia sebagai Software Engineer,

  6. Jessica sebagai Chief of Staff,

  7. John sebagai Dean of Open Source,

  8. Desmond sebagai Software Engineer, dan

  9. Charlotte sebagai Office Manager.

Akademi Khan juga telah menerima waktu, energi dan keahlian dari banyak relawan serta kontributor paruh waktu dalam menyumbangkan ilmunya. Dari Khan Academy, kita bisa belajar bahwa segala sesuatunya akan terwujud apabila diawali dengan niat yang baik dan diikuti dengan ikhtiar serta konsistensi. MG

Tags Ulasan

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel